Event Unggulan Jawa Tengah Sepanjang Tahun 2023

Jatengkita.id – Pesona Jawa Tengah memang tidak ada habisnya!

Dikenal dengan provinsi yang unik karena menjadi provinsi dengan pertemuan banyak kebudayaan, tak heran banyak event-event dalam rangka pelestarian budaya atau peringatan hari tertentu di Jawa Tengah.

Mengutip dari laman visitjawatengah.jatengprov.go.id, berikut 10 event unggulan Jawa tengah Tahun 2023 ini,

  1. Dugderan 17 Maret 2023, Kota Semarang
FOTO : Infobudaya.net

Dugderan adalah tradisi jelang Ramadan di Kota Semarang yang telah dilaksanakan sejak tahun 1881. Istilah Dugderan berasal dari bunyi bedug dan dentum meriam. Saat ini, Dugderan dikemas dalam bentuk karnaval yang dimeriahkan dengan pertunjukkan seni budaya. Adapun rutenya dimulai dari Balaikota Semarang menuju Masjid Agung Semarang, dan puncaknya di Masjid Agung Jawa Tengah, Kota Semarang.

2. Solo Menari, 29 April 2023

FOTO : Pemkot Surakarta

Bertempat di Balaikota Surakarta, Solo Menari 2023 digelar dalam rangka Hari Tari Sedunia yang telah berlangsung sejak 2009. Event ini menampilkan pertunjukkan tari karya koreografer nasional dan internasional.

3. Solo Keroncong Festival, 22-23 Juli 2023, Kota Surakarta

FOTO : pelopor.id

Kota Solo dikenal dengan karya-karya lagu keroncong yang diciptakan penyair daerah. Solo Keroncong Festival hadir sejak tahun 2009 semakin meneguhkan Kota Solo sebagai Kota Keroncong. Tahun 2023 SKF hadir dengan tema “Keroncong Murni Selalu di Hati”. Nantikan penampilan musisi keroncong dari dalam dan luar negeri.

4. Festival Arak-Arakan Cheng Ho, 22-23 Juli 2023, Kota Semarang

FOTO : IDX Channel

Festival Arak-Arakan Cheng Ho sebagai bentuk peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho ke Semarang 618 tahun lalu. Acara dimulai dengan kirab membawa patung Dewa dari Klenteng Tay Kak Sie menuju Klenteng Sam Poo Kong. Festival ini dimeriahkan pula dengan pertunjukkan kesenian tradisional perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa.

5. Moro Borobudur, 18-19 Agustus 2023, Kab. Magelang

FOTO : Kompas.com

Berlokasi Taman Lumbini Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Moro Borobudur merupakan festival seni mesikal kontemporer, musik pop jawa dan Indonesia sejak tahun 2020. Moro Borobudur memiliki arti ‘Datang ke Borobudur’ mengajak wisatawan untuk menikmati seni dan tradisi di sekitar Borobudur serta didukung hiburan musik yang memikat.

6. Dieng Culture Festival, 25-27 Agustus 2023, Kabupaten Banjarnegara

FOTO : Travel Kompas

Festival unggulan satu ini memadukan keindahan alam dengan keunikan budaya serta tradisi di Dataran Tinggi Dieng. Dieng Culture Festival menyuguhkan pertunjukkan musik Jazz di Atas Awan di tengah suhu yang dingin. Adapun kegiatan yang meramaikan festival ini yakni, penerbangan lampion, kembang api, pameran UMKM, ragam kesenian tradisional, dan puncaknya ialah ritual pencukuran rambut gimbal anak Dieng.

7. Java Balloon Attraction, 26-27 Agustus 2023, Kabupaten Wonosobo

FOTO : Si Klimis

Tradisi balon udara tradisional yang berukuran besar dengan motif beragam dan berwarna-warni. Balon-Balon tersebut diterbangkan secara bergantian atau bersamaan. event in ijuga dimeriahkan dengan pertunjukan seni budaya, bazar UMKM, serta lomba-lomba berbasis budaya dan ekraf. Java Ballon Attraction digelar Taman Rekreasi Kalianget, Kabupaten Wonosobo.

8. Solo Internasional Performing Arts (SIPA) 31 Agustus- 2 September 2023, Kota Surakarta

FOTO : Solopos.com

Solo Internasional Performing Arts atau SIPA adalah gelaran mahakarya seni pertunjukan meliputi seni musik, tari, drama, dll. gelaran spektakuler ini diikuti  oleh para seniman dari dalam maupun luar negeri. SIPA mulai digelar sejak tahun 2013.

9. Festival Payung Indonesia, 8-10 September 2023, Kota Surakarta

FOTO : Pikiran Rakyat

Festival Payung Indonesia menyuguhkan segudang kreasi dan serba-serbi payung dari Indonesia dan Mancanegara. Tak hanya menikmati cantiknya ribuan payung yang ada, dalam festival itu pengunjung bisa menyaksikan pameran, pertunjukkan seni, dan berbelanja di pasar kreatif yang menyediakan barang fesyen, kriya, dan kuliner.

10. Festival Kota Lama, 7-17 September 2023, Kota Semarang

FOTO : Travel Kompas

Festival kota Lama Semarang merupakan event tahunan yang diadakan sejak 2012 yang mengusung tema Kuno, Kini dan Nanti. Selain dapat mengunjungi pasar Sentiling dengan pameran kuliner legendaris, Festival Kota Lama juga dimeriahkan dengan hiburan musik, fashion show, serta pameran klitikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *