Film Memento dan Pelajaran Yang Berharga Untuk Hidup Kita

by

 

Film Memento bercerita tentang seorang leonard Shelby (Lenny) yang menderita sebuah penyakit, yaitu tidak bisa memiliki ingatan jangka pendek. Yang artinya disamping dia tidak mengingat identitasnya, tidak bisa mengingat tempat dia menginap, tidak bisa mengingat orang-orang disekitarnya, dia juga tidak bisa mengingat peristiwa yang dia lakukan setelah 15 menit. Bayangkan kalau kita hidup dalam keadaan seperti itu.

Review film ini bisa dilihat di link http://jatengkita.id/2017/09/12/memento-bagaimana-jika-kau-lupa-semua-hal-setelah-15-menit/

Dalam film itu diceritakan ada orang lain yang mengidap penyakit yang sama yaitu sammy jenkins. Bedanya Sammy Jenkins tidak bisa bertahan dengan penyakit tersebut, sampai membuat istrinya putus asa, sedang Lenny bisa bertahan hidup dan berhasil mencapai keinginannya, yaitu mencari pembunuh istrinya.

Menarik untuk kita bahas bagaimana cara Lenny bertahan hidup, ketika setiap bangun tidur dia lupa dengan dirinya, tinggalnya, temannya bahkan hidupnya. Menarik utnuk kita bahas disiplin yang dia terapkan sehingga dia bisa melanjutkan hari. Dan sya pikir disiplin yang dia terapkan sebagian relevan untuk kita tiru dalam hidup kita.

Pertama, untuk bisa bertahan hidup, hidup harus memiliki motivasi.

Kegagalan Sammy Jenkins dalam bertahan hidup adalah dia tidak memiliki motivasi. Berbeda dengan Lenny, motivasi dia kuat alih-alih berputus asa. Padahal alasan Lenny berputus asa sangatlah banyak, kehilangan ingatan dan kehilangan istri adalah alasan yang pantas. Walau motivasi Lenny karena kemarahan ingin membalas kematian istrinya, tapi itulah yang membuat lenny bertahan hidup. Teori psikologi dasar yaitu kemarahan lebih baik daripada putus asa. Disini motivasi menjadi sangat penting. Pun begitu dengan hidup kita, motivasi menjadi penunjang utama dalam menjalani hari-hari. Mengembangkan motivasi positif akan membuat hidup kita berlanjut dengan baik. Motivasi adalah booster mencapai cita-cita.

Kedua, tujuan hidup dan hal penting harus kita tuliskan dalam sebuah narasi.

Mengetahui bahwa Lenny tak bisa memililiki ingatan, membuat lenny harus menuliskannya. Dia memiliki bertumpuk dokumen. Pun mengetahui bahwa tiap pagi dia akan bangun dengan tidak ingat apa-apa, dia mentato narasi hidup di seluruh tubuhnya. Setiap bangun pagi dia akan melihat tatto “remember sammy jenkins” yg menjelaskan keadaan dirinya. Lalu melihat tatto yang lain yang menjelaskan misi yang harus dia selesaikan.

Kita ini sama dengan lenny dalam hal mengingat cita-cita. Banyak diantara kita yang dulu punya mimpi besar lalu melupakannya. Tiap bangun pagi kita lupa cita-cita besar kita dan hanya menjalankan rutinitas. Jangankan mau kita raih, kita sendiri sudah tidak ingat lagi. Nah kita perlu menggunakan cara lenny, yaitu menuliskan narasi mimpi kita di tempat yang melekat denga kita. Tentu tidak dengan mentatto tubuh. Misal kita tuliskan di dreambook yg bisa kita bwa kemana-mana, atau kita tulis di kamar kos, dicermin dll. Sehingga setiap bangun pagi, yang kita lihat adalah mimpi-mimpi kita dan lalu mengarahkan aktivitas kita menuju mimpi kita.

 

Ketiga, untuk bisa meraih tujuan, hidup harus fokus disiplin dan terorganisir

“Sammy menulis banyak catatan, dan tercampur aduk. Sy punya sistem, hidup harus punya sistem agar berhasil”

“Sammy terlalu banyak catatan, sy disisplin dan terorganisir”

Ini nih rahasia kemampuan mengingat Lenny. Catatan- catatan dia membuat sistem yang utuh. Misal foto hotelnya, tempat dia tinggal, dia punya peta, setiap orang di dekatnya dia foto dan diberi noted.

Keempat, Percaya pada fakta, bukan pada pendapat. Percayai fakta-faktamu meski orang lain membuatmu ragu.

Sistem informasi yang diciptakan Lenny ini menjadi panduan dia dalam menjalani hidup. Nah di film ini Teddy, berkali-kali membeberkan informasi yang berbeda dari informasi yg dipercayai Lenny. Dan seringkali membuat Lenny ragu, bahkan sampai melakukan hal yang salah. Lenny akhirnya dengan tegas menjawab “sy percaya fakta, bukan pendapat”. Lenny baru menemukan stabilitas hidup ketika dia yakin dengan apa yang dia percayai.

Sama dengan hidup kita. Komentar orang tentang diri kita seringkali membawa kita pada ketidak stabilan. Kita akhirnya ragu akan cita-cita kita. Kita juga ragu akan potensi hidup kita dll. Bagaimana cara menghadapinya? Buatlah sistem informasi pribadi, tentang potensimu, cita-citamu, kebiasaanmu dll. Dan percayailah itu semua.

Kelima, Jangan sampai menaruh kepercayaan pada orang yang tidak layak kita percayai.

Mempercayai orang yang salah membuat kerugian besar dalam hidup ini. Di fim memento kita diajari untuk melakukan tracking reputasi. Lenny dalam mengenali orang hanya bisa dari selembar foto. Lalu dia teliti karakter yang dominan dan lalu menuliskannya di foto itu. Lalu menjadikan foto itu untuk panduan berinteraksi.

Sama halnya kita, kita butuh tracking reputasi pada orang – orang disekitar kita. Lalu kita ingat karakter yang dominan. Apakah mereka pemalas, positif atau negatif. Karena sebagian teman ada yang menjadi beban saja. Ada yang maunya untung saja. Pun ada teman yang setia dan ada teman yang soleh.

Selamat mengaplikasikan pelajaran dari film memento. Semoga Sukses!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *