Go Internasional! Warteg Siap Buka di Jerman dan New York

Ilustrasi Warteg (FOTO : Unsplash/Falaq Lazuardi)

Jatengkita.id – Sudah dengar kalau warteg atau Warung Tegal siap go Internasional?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengupayakan Warung Tegal (Warteg) bisa masuk ke pasar internasional/go international melalui program Spice Up The World (SUTW).

“Jadi Warteg ini akan kami ikut sertakan pada kegiatn ke luar negeri. Harapannya pada kunjungan berikutnya Warteg ini bisa dibuka di New York, Jerman, dan banyak juga permintaan di Timur Tengah ini yang akan kita fasilitasi, karena Tegal ini punya semangat wirausaha yang tinggi,” ujar Sandiaga dalam keterangan resminya, dikutip Senin (12/6/2023).

“Kalau Warung Tegal dibuka di luar negeri, bukan hanya mempromosikan kuliner Tegal. Tapi membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia,” sambung Sandiaga.

Sandiaga dalam kegiatan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif di Pendopo Kantor Wali Kota Tegal juga berharap, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono segera melakukan uji petik PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif). Sehingga ada subsektor unggulan daerah yang terpilih dan berkembang lalu bisa turut dalam program akselerasi.

Adapun proses uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif (PMK3I) merupakan upaya untuk memperkuat ekosistem ekonomi kreatif yang harus segera dilakukan. Harapannya, agar para pelaku ekonomi kreatif merasakan manfaat program.

Sejarah Warteg dan Mengapa Bisa Tersebar di Seluruh Indonesia - Urban Jabar
FOTO : Urban Jabar

“Para pelaku UMKM di Tegal juga harus terus termotivasi untuk meningkatkan omzet dari usahanya. Mulai dari yang jamu, juga usaha-usaha kuliner termasuk Warung Tegal hingga makanan olahan laut,” tutup Sandiaga.

Warung Tegal atau Warteg, biasanya memiliki tampilan yang sederhana, dengan meja dan kursi yang terbatas.

12 Aneka Resep Lauk yang Pasti Ada di Warteg (Warung Tegal ...
FOTO : Resep Koki

Makanan yang disajikan biasanya telah disiapkan sebelumnya dan ditempatkan dalam bak atau wadah di meja atau balai-balai makan.

Dalam beberapa kasus, hidangan juga bisa disajikan secara langsung oleh pemilik warung. Menu di Warung Tegal umumnya terdiri dari nasi dan lauk-pauk yang beragam.

Beberapa lauk-pauk yang biasa ditemui di Warung Tegal antara lain ayam goreng, ikan goreng, sate ayam atau sate sapi, tempe goreng, tahu goreng, sayur lodeh, sambal terasi, dan telur dadar.

Nasi yang disajikan juga biasanya dilengkapi dengan kuah bening atau sup yang disebut “sop”.

Warung Tegal dikenal sebagai tempat makan yang ramah di kantong, dengan harga yang terjangkau dan porsi yang cukup besar. Warung ini juga menjadi tempat populer untuk makan siang atau makan malam bagi banyak orang, terutama pekerja atau mahasiswa yang mencari makanan yang lezat dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *