Google Tampilkan Tempe Hari Ini, Apa Artinya?

image source : dapur KOBE

JatengKita.id- Jika Sobat membuka halaman utama google hari ini (29/10/2022), Sobat pasti akan melihat doodle bertema tempe terpampang di atas bar mesin pencarian raksasa tersebut. Jika diperhatikan dengan seksama doodle tersebut menperlihatkan ilustrasi proses pembuatan tempe mendoan.

Gambar doodle ciamik itu adalah karya Reza Dwi Setyawan. Seorang ilustrator asal Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Sebenarnya ada alasan khusus lho kenapa google mengangkat tema tempe mendoan.

Ternyata tepat di hari ini (29/10/2022) di tahun lalu, Tempe Mendoan yang merupakan salah satu varietas olahan tempe goreng dan ikon masakan Indonesia ini dinyatakan sebagai Warisan Budaya Takbenda pada 2021. Wah keren ya!

Sebelum menjaadi tempe, biji kedelai yang telah dicuci, direbus kemudian direndam semalaman untuk kemudian ditanak kembali, ditaburi ragi, dan dibungkus di wadah tertutup. Tempe tak perlu melulu berbahan dasar kedelai lho. Sobat bisa menggantinya dengan aneka kacang atau biji-biji-an lain sesuai selera.

Tempe sendiri pertama kali didokumentasikan pada tahun 1600-an di Desa Tembayat, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia dan tercatat dalam Serat Centhini, kompilasi dua belas jilid kisah dan ajaran Jawa. Tulisan dalam serat tersebut berbentuk syair dan diterbitkan pada tahun 1814. Wah ternyata umur tempe sudah 4 abad lebih ya!

Sementara itu mendoan adalah masakan berbahan dasar tempe goreng yang berasal dari Eks Keresidenan Banyumas, Jawa Tengah. Kata Mendoan sendiri berasal dari bahasa Banyumasan, yaitu mendo yang berarti setengah matang atau lembek.

Dalam proses pembuatannya, tempe diiris tipis, kemudian dicelupkan ke adonan tepung basah yang telah dibumbui sedemikian rupa. Tempe selanjutnya digoreng dalam minyak panas dan menggenang. Kemudian, angkat dan tiriskan mendoan saat tempe dalam keadaan setengah matang.

Karena diangkat saat setengah matang, tempe mendoan terutama tepung yang membalutnya memang masih bertekstur lembek. Namun jangan khawatirkan rasanya, dijamin bakal membuatmu ketagihan lho Sob! Apalagi jika disantap dengan sambal kecap.

Di beberapa daerah lain, tempe goreng tepung terkadang disajikan dalam keadan benar-benar matang dan garing. Di wonosobo, tempe tepung dikenal dengan sebutan “tempe kemul”. Tempe dibalut dengan lapisan tepung berwarna kuning yang garing. Karena menggunakan lebih banyak campuran tepung beras, kulit tempe kemul bertekstur lebih garing.

Tempe Adalah Makanan Super

Dilansir dari Tempo, Praktisi kesehatan kerja dan industri nutrisi, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, mengatakan kandungan prebiotik dan probiotik dalam tempe menjadikan olahan kedelai tersebut dianggap sebagai makanan super.

Ray dalam wawancaranya bersama Tempo menjelaskan bahwa makanan yang difermentasi bermanfaat untuk memfasilitasi koloni bakteri baik atau dikenal dengan probiotik untuk memperbanyak diri. Bakteri baik tersebut kemudian akan mengumpulkan zat-zat aktif yang bisa dipakai untuk makanan otak.

Sedangkan prebiotik merupakan asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik tersebut. Tempe memiliki keduanya sekaligus sehingga menjadi makanan super bagi tubuh.

Tempe kini menjadi tren makanan sehat di negara maju seperti Jepang. Saking banyaknya peminat, kini tempe tak hanya diimpor dari Indonesia, melainkan diproduksi langsung di Jepang oleh pengusaha diaspora asal Indonesia, Sariraya Tempe dan Rusto’s Tempeh.

Makin bangga ya Sob!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *