Hal yang Harus Kamu Lakukan dan Hindari Saat Menstruasi

Yang harus dilakukan sat menstruasi
ilustrasi menstruasi (FOTO : The List)

Jatengkita.id – Menstruasi merupakan proses alami yang dialami oleh wanita sebagai bagian dari siklus reproduksi mereka. Lalu, apa saja hal yang harus dilakukan dan kita hindari saat menstruasi?

Ketika menstruasi, tubuh melepaskan lapisan endometrium yang tidak dibutuhkan dari rahim melalui vagina.

Meskipun menstruasi merupakan fenomena yang normal, perubahan hormonal dapat menyebabkan beberapa gejala fisik dan emosional yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan wanita.

Berikut ini merupakan hal harus dilakukan dan dihindari selama menstruasi untuk mengurangi ketidaknyamanan dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Hal yang Harus Dilakukan Selama Menstruasi

  1. Menggunakan Pembalut atau Pengaman yang Tepat

Memilih pembalut atau pengaman sesuai dengan tingkat aliran menstruasi yang dialami. Ganti secara teratur (setidaknya setiap 4-6 jam) untuk mencegah infeksi bakteri dan menghindari bau tidak sedap.

  1. Menjaga Kebersihan Diri

Cuci tangan sebelum dan setelah mengganti pembalut atau pengaman. Membersihkan area genital dengan air bersih dan sabun ringan setidaknya dua kali sehari akan membantu mencegah infeksi.

  1. Cukupi Asupan Cairan

Minumlah banyak air selama menstruasi. Menghindari dehidrasi dapat membantu meredakan kram perut dan menjaga kesehatan tubuh.

  1. Olahraga Ringan

Meskipun berolahraga selama menstruasi bisa menjadi tantangan, melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan-jalan atau yoga dapat membantu meredakan ketidaknyamanan dan meningkatkan mood.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Perhatikan asupan makanan selama masa menstruasi. Pilih makanan kaya zat besi untuk mencegah anemia dan konsumsi makanan tinggi serat untuk menjaga pencernaan yang sehat.

  1. Gunakan Penyekat Panas

Meletakkan bantal pemanas atau botol air hangat di perut bagian bawah dapat membantu meredakan kram dan nyeri selama menstruasi.

Baca Juga Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Atasi Anemia

Lalu, apa saja  yang harus kita hindari saat Menstruasi?

  1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Stimulan Berlebihan

Hindari konsumsi kafein dan minuman berenergi berlebihan, karena dapat meningkatkan ketegangan dan membuat merasa gelisah.

  1. Makanan Tinggi Garam dan Gula

Menghindari makanan yang tinggi garam dan gula dapat membantu mengurangi retensi air dan perubahan suasana hati yang berlebihan selama menstruasi.

  1. Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol dapat memperburuk gejala menstruasi dan menyebabkan gangguan hormonal. Sebaiknya hindari kedua kebiasaan tersebut selama periode menstruasi.

  1. Bersikap Terlalu Stres

Stres dapat mempengaruhi hormon dan memperburuk gejala menstruasi. Temukan cara untuk mengurangi stres, seperti meditasi, pernapasan dalam, atau aktivitas relaksasi lainnya.

Menjaga kesehatan selama menstruasi adalah hal yang penting bagi kenyamanan dan kesejahteraan.

Dengan melakukan langkah-langkah yang tepat dan menghindari perilaku yang dapat memperburuk gejala, dapat mengatasi menstruasi dengan lebih mudah dan menjaga tubuh dalam kondisi optimal selama periode ini. Selalu konsultasikan dengan dokter jika mengalami masalah menstruasi yang parah atau tidak normal.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *