Hati-Hati! Menu Sarapan Ini Bikin Perut Buncit

Ilustrasi Makan (Shutterstock)

Jatengkita.id – Salah satu kebiasaan baik adalah tidak melewatkan sarapan. Sebelum berangkat bekerja atau melakukan aktivitas di luar, sebaiknya memang tidak melewatkan sarapan pagi.

Sarapan terbukti dapat membekali tubuh dengan zat gizi yang diperlukan untuk berpikir, bekerja, dan melakukan aktivitas fisik lainnya dengan optimal setelah bangun pagi. Bahkan, bagi remaja dan orang dewasa, sarapan yang cukup dapat mencegah kegemukan.

Sarapan menjadi kunci produktivitas, sehingga sarapan masuk sebagai salah satu jadwal yang utama dan sangat penting. Hal ini agar tubuh mendapatkan energi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Dengan sarapan yang rutin dan asupan nutrisi yang tepat, tentunya dapat menunjang produktivitas, sehingga membuat kita lebih fokus dalam menjalani kesibukan sehari-hari. Apalagi dengan menu sarapan yang bergizi dan lezat, tentunya akan membuat tubuh kita menjadi sehat.

Tetapi, tahukah kamu jika ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya perlu dihindari sebagai menu sarapan, beberapa menu sarapan ini bahkan dapat membuat perutmu membuncit lho.

Jadi, ternyata perut buncit tidak hanya karena kebanyakan makanan saja, tapi bisa terbentuk juga dari pola makan yang tidak sehat.

Salah satunya adalah pilihan menu sarapan yang kurang tepat. Pastinya kalian sudah tahu bahwa konsumsi makanan sehat di pagi hari sebagai menu sarapan sangat direkomendasikan oleh banyak pakar kesehatan.

Sarapan tidak hanya bisa menambah energi dalam tubuh saja, tapi juga dapat membantu program diet untuk meratakan perut. Namun dengan catatan, pilihlah menu sarapan yang tepat dan sehat. Sebab, jika salah mengonsumsi makanan yang tidak tepat, justru bisa mengganggu kesehatan dan juga menambah berat badan.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang kandungannya justru mampu mempengaruhi kesehatan dan menumpuk lemak pada perut.

  1. Sereal

Sering Sarapan Sereal, Baik untuk Kesehatan Tubuh?

Sereal menjadi salah satu makanan yang umum dikonsumsi sebagai menu sarapan. Hal ini karena sereal memiliki rasa manis dan renyah, dan diklaim sebagai makanan yang dapat mengenyangkan.

Beberapa orang lebih memilih mengonsumsi sereal untuk sarapan karena penyajiannya yang mudah dan menghemat waktu. Tetapi, sereal bisa saja menjadi salah satu menu sarapan yang tidak sehat karena terdapat nila kandungan gula yang cukup tinggi.

Sehingga ada baiknya, kamu tetap harus memperhatikan kandungan gizi yang terdapat pada si kemasan sereal, dengan memilih sereal yang baik setidaknya mengandung 3 gram serat dalam setiap takaran sajinya.

Selain itu, perhatikan pula komposisi yang digunakan dalam sereal tersebut. Biasanya terdapat beberapa merk sereal yang berwarna-warni yang dihasilkan dari pewarna buatan, dan perlu diperhatikan apakah hal tersebut dapat memberikan dampak bagi kesehatan.

Sereal biasanya akan di sandingkan bersama dengan susu ketika disantap, namun perlu di ketahui lagi bahwa ketika ingin mencampurkan sereal dengan susu, sebaiknya gunakan susu yang biasa, jangan susu kental manis.

Hal ini karena susu kental manis sudah diberi tambahan gula yang cukup banyak. Sereal dianggap sebagai salah satu menu sarapan yang tidak tepat. Pasalnya, kebanyakan sereal kemasan yang dijual sekarang ini telah diberi tambahan gula yang cukup tinggi.

Seperti yang telah diketahui, selain mengandung gula tambahan, tidak sedikit produk sereal yang diberi sejumlah pewarna buatan, penyedap, serta natrium dalam jumlah yang banyak. Jadi, lebih baik hindari mengkonsumsi sereal sebagai menu sarapan.

Apabila masih ingin mengkonsumsinya dengan alasan karna sereal dibuat lebih praktis maka ada baiknya memperhatikan porsi sereal dan frekuensi konsumsinya. Meskipun sebenarnya menyelipkan sereal sebagai menu sarapan sesekali bukanlah ide yang buruk, tetapi akan lebih baik dan bijak bila kamu mengkonsumsi makanan lain yang padat nutrisi demi kesehatan tubuhmu sendiri.

  1. Makanan berminyak

Hindari Menu Ini Saat Sarapan Pagi, Bahaya Akan Mengancam Kesehatan Jika  Rutin Mengonsumsinya,Ganti Dengan Ini - Kalimantan Update

Masyarakat Indonesia memang dikenal suka menyantap makanan yang beragam dan memiliki cita rasa lezat, tak terkecuali makanan berminyak.

Hal tersebut terbukti dari penggunaan minyak yang hampir selalu dipakai dalam setiap masakan Indonesia, seperti gorengan ataupun nasi goreng, yang menggunakan jumlah minyak yang cukup banyak sebagai salah satu bahan utamanya.

Makanan berminyak seperti gorengan, kentang goreng, maupun ayam crispy memang nikmat dan mampu membuat siapa saja ketagihan.

Meskipun enak dan mengenyangkan, ternyata makanan berminyak tidak sehat untuk dijadikan sebagai menu sarapan lho. Hal ini karena jika intensitas kita tinggi dalam mengkonsumsi santapan berminyak bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Jenis makanan berminyak seperti gorengan, dapat menggangu sistem pencernaan, memicu pertumbuhan jerawat dan bahkan dapat meningkatkan risiko obesitas.

Sehingga makanan jenis ini dikategorikan sebagai sarapan yang tidak sehat. Jika kamu masih sering mengkonsumsinya dan kesulitan menahan godaan untuk menikmati makanan berminyak ini, coba mulai sekarang belajar untuk menjauhkan diri dari makanan berminyak untuk disantap saat sarapan.

Terlebih lagi, jika mengkonsumsinya dalam jumlah banyak dan disajikan dengan sambal goreng maupun kentang goreng, maka asupan karbohidrat kamu akan bertambah berkali-kali lipat. Selain itu, makanan berminyak seperti gorengan tinggi akan lemak, karena mengandung banyak minyak.

  1. Muffin
Resep Muffin Coklat Kukus tanpa Mixer - Food Fimela.com
FOTO : Fimela.com

Muffin menjadi salah satu jenis makanan yang perlu dihindari untuk sarapan.

Meski enak dan mengenyangkan, namun makanan jenis ini menjadi menu yang tidak tepat untuk dikonsumsi ketika sarapan pagi.

Muffin sendiri terbuat dari tepung olahan, minyak sayur, telur, dan gula. Satu-satunya bahan yang sehat adalah telur. Biasanya bercita rasa manis dan berukuran besar, dengan level manis dan ukuran yang cukup besar tersebut diyakini dapat memainkan peran utama dalam obesitas.

Biasanya muffin diberi tambahan gula, atau diisi dengan berbagai toping seperti chocolate chip dan lain-lain, sehingga hal tersebut justru menambah kandungan gula dan kalorinya.

Bahkan seringkali muffin dibuat dari bahan tepung putih halus yang diberikan minyak serta gula dalam jumlah yang banyak, sehingga mengandung karbohidrat, lemak, dan gula yang tidak dapat memberikan asupan energi secara optimal bagi tubuh.

Jadi, jika muffin masuk ke dalam daftar menu yang biasa kamu konsumsi ketika sarapan pagi, sebaiknya mulai sekarang dibatasi dan bagusnya gantilah dengan menu sarapan lain yang lebih sehat.

  1. Yogurt

12 Merk Yogurt Terbaik yang Murah dan Baik untuk Kesehatan

Selanjutnya menu sarapan yang sebaiknya dihindari adalah yogurt. Memang makanan yang satu ini terkenal enak dan juga baik untuk tubuh, terutama baik untuk pencernaan.

Akan tetapi, yogurt ternyata masuk dalam daftar menu sarapan yang harus dihindari. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi bukan yoghurt murni rendah lemak. Tetapi justru yogurt yang kaya akan banyak pilihan rasa yang kandungan gulanya tinggi, tentunya tidak baik bagi tubuh.

Lebih baik pilih plain yoghurt atau full fat yoghurt, karena hal ini dianggap lebih bagus untuk memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan tubuh ketika sarapan.

Meskipun di dalam yogurt terdapat sumber protein dan probiotik yang baik bagi tubuh, namun beberapa jenis yogurt yang mengandung gula tambahan cukup tinggi justru akan berimbas tidak sehat untuk kesehatan tubuh kita.

Hal inilah yang menjadikan yogurt sebagai pilihan menu yang kurang sehat jika dikonsumsi untuk sarapan pagi apalagi tanpa menu pendamping yang lain.

Jadi, jika makanan ini dikonsumsi untuk sarapan tidak memberikan efek kenyang yang cukup. Sehingga baiknya kamu bisa mengonsumsi menu sarapan lainnya yang lebih enak, sehat dan mengenyangkan lainnya.

  1. Kopi

Tips Minum Kopi yang Aman dan Sehat - DokterSehat

Kopi adalah salah satu minuman yang paling digemari oleh banyak orang. Bagi penikmat kopi, pastinya mimun secangkir kopi dipagi hari terasa nikmat.

Kopi merupakan minuman yang sehat jika dikonsumsi sesuai porsinya. Kandungan kafein dalam kopi dapat bermanfaat sebagai antioksidan, khususnya kopi hitam.

Bagi beberapa kalangan, minuman kopi hangat akan terasa nikmat di pagi hari untuk sarapan. Tetapi ternyata, kopi dapat menimbun lemak di perut, apalagi jika kopi yang kamu nikmati penuh dengan tambahan perasa manis serta bahan creamy, seperti gula, sirup, susu, krimer dan lainnya yang sejenis.

Bahkan kopi bisa berdampak buruk jika sering dikonsumsi di pagi hari, mengonsumsi kopi dengan krim kental atau pemanis buatan dapat membantu memberikan penambahan berat badan sehingga bisa membuat perut buncit.

Minum kopi di pagi hari sebelum makan bukanlah kebiasan baik yang bisa dilakukan setiap hari. Karena hal ini nyatanya tidak aman untuk kesehatan tubuh.

Ada beragam risiko dan gangguan kesehatan dapat dialami oleh seseorang yang seringkali melakukan kebiasaan minum kopi di pagi hari, seperti asam lambung atau yang dikenal juga sebagai GERD dapat dialami ketika kamu mengonsumsi kopi saat perut kosong.

Jadi, ada baiknya hindari minum kopi ketika perut masih kosong ya. Dan gantilah dengan makanan yang lebih bergizi dan sehat yang lainnya.

  1. Telur orak-arik

Resep Orak Arik Telur Wortel, Sarapan Sehat dan Simpel ala Anak Kos

Penikmat telur pastinya seringkali mengolah telur dengan berbagai sajian yang beragam. Bagi beberapa orang, telur merupakan menu sarapan yang kerap disantap.

Selain mudah diolah, telur juga mengandung nutrisi penting seperti protein, vitamin, dan juga mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, sehinga hal ini sangat cocok untuk disajikan dan sebagai salah satu menu sarapan.

Telur biasanya dipadukan dengan roti panggang atau bahan-bahan yang lainnya, seperti misalnya telur urak-arik. Meskipun begitu, ternyata telur orak arik dapat membuat perut buncit lho, apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Maka efeknya akan cepat dirasakan. Hal ini karena telur ini diolah dengan beragam bahan.

Bahan-bahan yang digunakan umumnya mengandung lemak tinggi seperti mentega maupun susu. Sedangkan, hanya telur tanpa tambahan apapun yang justru malah sehat dan mampu menurunkan berat badan, seperti telur rebus, telur rebus adalah pilihan sarapan pagi yang paling baik dan praktis, caranya mudah hanya perlu merebus telur dalam air mendidih selama 5-7 menit hingga matang.

  1. Pastry

Menganal Pastry : Definisi, Jenis-Jenis, dan Perbedaan dengan Bakery

Siapa yang suka dengan sajian yang manis-manis? Pastinya banyak yang menyukai kudapan manis karena  kudapan manis bisa dijadikan pilihan yang tepat sekedar untuk cemilan ringan maupun sarapan.

Kudapan manis  yang satu ini dikenal sebagai salah satu kudapan manis yang sudah tidak asing lagi keberadaannya, kue atau roti sebagai salah satu kudapan manis sangatlah populer karena menyediakan sumber karbohidrat yang tinggi.

Karbohidrat merupakan makronutrisi yang memberikan kekuatan dan rasa kenyang kepada tubuh. Bahkan jenis makanan ini sering disantap sebagai pengganti sarapan oleh sebagian orang.

Umumnya dinikmati dengan minuman pendamping seperti teh atau kopi. Akan tetapi, ternyata jenis makanan ini tidak tepat bila dijadikan sebagai menu sarapan pagi, Hal ini karena makanan pastry mengandung kalori yang cukup tinggi. Pastry juga mengandung banyak gula tambahan, dan tidak mengandung nutrisi penting, sehingga bila dijadikan sebagai menu sarapan merupakan pilihan yang tidak tepat.

  1. Daging olahan

Waspada, Daging Olahan dan Pasta Ilegal Beredar di Pasaran - Health  Liputan6.com

Saat ini banyak sekali produk olahan daging yang beredar dan bahkan seringkali dikonsumsi. Daging olahan memang mudah disantap dan rasanya juga nikmat. Tetapi sangat disayangkan, ternyata daging olahan tidak baik untuk kesehatan apabila sering dikonsumsi sebagai menu sarapan.

Banyaknya olahan daging dengan berbagai merek yang beredar dan harga yang terjangkau memang mudah kita temukan. Meskipun banyak makanan yang berasal dari daging olahan memiliki rasa yang enak serta harga yang relatif murah, tetapi demikian, kita tetap harus berhati-hati.

Daging olahan disebut mampu mendatangkan beragam efek buruk bagi kesehatan. Apalagi jika dijadikan sebagai menu sarapan pagi, hal tersebut hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Untuk tambahan informasi, daging olahan adalah daging yang telah diawetkan dengan cara curing (diawetkan dengan penambahan garam, nitrat dan lain-lain), diasapi, dikeringkan, atau dikemas dalam kaleng contohnya seperti: sosis, daging asap, dan chicken nugget adalah tipe daging yang berbahaya bagi kesehatan.

Bahkan setiap 50 gram daging olahan yang kamu konsumsi dapat meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung. Ini bisa terjadi sebab daging olahan biasanya tinggi akan garam.

Efeknya tentu berbahaya untuk tekanan darah, tak hanya penyakit jantung saja, risiko stroke juga bisa menghantui. Selain itu, kandungan lemak jenuh yang terdapat di dalamnya juga dapat menyebabkan kegemukan dan obesitas.

  1. Roti Panggang Plus Margarin

Resep Sarapan Cepat dan Nikmat: Roti Panggang Telur Keju Bernutrisi

Salah satu menu yang seringkali dikonsumsi oleh sebagian orang adalah roti panggang, menu ini memang  bisa dijadikan sebagai ide sarapan yang praktis. Karena membuat roti panggang sangat mudah tanpa menyita banyak waktu.

Bahkan bila kamu tidak memiliki alat pemanggang roti, bisa dengan mudah membuat roti panggang menggunakan teflon atau wajan anti lengket.

Roti panggang biasanya berisi isian seperti daging, keju dan sayur-sayuran. Roti panggang dengan margarin mungkin tampak seperti pilihan sarapan yang baik, karena tidak mengandung lemak jenuh atau gula. Akan tetapi, pada kenyataannya menu sarapan ini tidak sehat karena beberapa alasan.

Dari segi tepung pada roti hanya memberi sedikit nutrisi dan serat. Karena tinggi karbohidrat olahan dan rendah serat, hal ini dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Selain itu, peningkatan gula darah menyebabkan kelaparan yang menyebabkan kamu makan lebih banyak pada waktu makan berikutnya dan dapat membuat berat badan justru semakin bertambah.

Apalagi jika disertai dengan margarin yang mengandung lemak trans, yang merupakan jenis lemak paling tidak sehat. Sehingga akan lebih baik jika kamu menggantinya dengan menu sarapan lainnya yang lebih mudah tetapi tetap sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *