Hikmah Tersembunyi Dibalik Panas dan Hujan

by
Gravatar Image
Ikuti Saya

Dwi Purnawan

Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.
Gravatar Image
Ikuti Saya

Jatengkita.id – Allohumma soyyiban Naafian “Ya Alloh, semoga hujan ini bermanfaat”. Doa ini terucap ketika hujan mulai turun. Orang yang beriman melafadzkan kalimat ini seraya mengharap dengan sungguh- sungguh agar Alloh menurunkan hujan yang penuh manfaat dan tidak menimbulkan musibah.

Sebaliknya ada pula orang yang mengeluh di saat hujan. Mereka menganggap bahwa hujan menghalangi aktivitas mereka. Bahkan pada saat yang berdekatan, ia juga mengeluh kepanasan, dan bertanya padaNya, mengapa hari begitu panas? Mengapa pula hujan tak segera turun?

Seolah olah hujan dan panas itu milik mereka yang dapat diperintah kapanpun ia kehendaki. Sesungguhnya banyak makna yang terdapat dalam peristiwa alam ini jika kita berpikir.

1. Allah SWT sedang menguji kesabaran manusia

hujan1Manusia memiliki tabiat senang berkeluh kesah. Alloh menguji keadaan yang mereka senangi maupun sebaliknya. Meskipun manusia sangat membutuhkan keduanya pada saat yang tepat menurut kemauannya. Maka barangsiapa bersyukur dan sabar ketika berada dalam keadaaan senang dan susah maka baginya pahala yang besar.

2. Allah SWT menuntun untuk berbagi

hujan2Tidakkah kita berpikir ketika hujan turun, maka para petani bersyukur karena tanamannya tumbuh subur. Ikan berenang dg riang, katak bernyanyi sambil menari. Pedagang kuliner besemangat penuh harap.
Bagaimana dengan penjual es? Hujan yang turun membuat dagangannya tidak selaku seperti ketika cuaca panas. Tapi bukankah hidup itu ibarat roda yang berputar, kadang rizki mudah didapatkan, begitu pula sebaliknya.

3. Allah SWT sedang mengajarkan empati

hujanSaat hujan turun, berikan tempat untuk mereka berteduh di teras rumah kita yang kebetulan letaknya di tepi jalan. Tawarkan jas hujan atau bahkan segelas teh hangat. Karena kesan pertama yang menyentuh akan membuat seseorang terkenang selamanya.

4. Allah mendidik sikap disiplin

hujan5Di tengah cuaca yang tidak menentu, maka kita sudah sepantasnya menyiapkan segala sesuatunya untuk menghadapai panas yang terik dan seketika itu hujan turun dengan derasnya. Artinya dengan kondisi apapun kita harus bersiap.

Penulis: Tri Handayani (Reli Jateng)

About Author: Dwi Purnawan

Gravatar Image
Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *