Ini 3 Spot ‘Hidden Paradise’ Saat Anda Berwisata ke Dataran Tinggi Dieng

by
Gravatar Image
Ikuti Saya

Dwi Purnawan

Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.
Gravatar Image
Ikuti Saya

BANJARNEGARA, Jatengkita.id – Salah satu kawasan wisata andalan di Jawa Tengah adalah dataran tinggi dieng. Di kawasan Dataran Tinggi Dieng terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara. Daerah wisata ini berada pada ketinggian rata-rata 2.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu 10-15 derajat celcius di siang hari.

Selama di Dieng, Anda bisa mengunjungi Komplek Candi Arjuna, Museum Dieng Kailasa, Telaga Warna dan Telaga Pengilon, Kawah Sikidang, Tuk Bimo Lukar (mata air abadi), Telaga Merdada, hingga mengunjungi Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa yang berada pada ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut.

Untuk wisata kuliner, Anda wajib mencicipi Mie Ongklok khas Wonosobo. Sementara untuk oleh-oleh, Anda bisa membeli Kopi Purwaceng dan keripik jamur.

Namun demikian, Anda masih bisa juga mengunjungi pemandangan super dahsyat yang tersembunyi Saat Anda berwisata ke dataran tinggi Dieng. Ini dia rinciannya.

Bukit Skoter

Biar tidak kena macet saat bertamasya ke Dieng, sebenarnya anda bisa pilih waktu. Semisal saja sebelum subuh sudah sampai. Nah, Anda bisa menunggu siang disini ni. Namanya Bukit skoter.Ini adalah alternatif yang cukup baru di Dieng untuk melihat Golden Sunrise. Anda bisa menikmati gelapnya dieng atau gemerlapnya lampu pekampungan dieng kulon sambil menunggu matahari terbit.

Masjid legendaris spot sejuta umat

Salah satu yang akhirnya menjadi simbol kalau kita sedang berada di Dieng ya ini. Masjid ini berada didekat kawasan Candi Dieng dan Kawah Sikidang. Jika pagi udara dingin berkabut, anda bisa melihat lapis-lapis kabut yang menyelimuti kawasan perkampungan di Dieng. Setelah usai `nyunrise` di Bukit Skuter, anda bisa mencoba kemari.

The Hidden Paradise Dieng Kulon

Sebuah desa kecil perbatasan antara Dieng Kulon Banjarnegara dengan Kabupaten Batang. Hamparan pertanian ini cukup menggambarkan kemakmuran warga sekitar. Hilir mudik motor trail modifikasian dari motor bebekan membawa kantong pupuk. Sebagian lagi banyak ibu-ibu menggendong sekantong pupuk melewati jalan setapak.  Di kawasan Dieng Kulon ini juga ada Spot sejuta umat untuk mengabadikan kawasan Candi Dieng kala pagi hari.

Pewarta/Foto: Pratama Widodo
Editor: Dwi Purnawan

About Author: Dwi Purnawan

Gravatar Image
Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *