Ini 5 Makanan Khas Lebaran Paling Populer di Jateng

by
Gravatar Image
Ikuti Saya

Dwi Purnawan

Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.
Gravatar Image
Ikuti Saya

Jatengkita.id, SEMARANG – Lebaran merupakan momen spesial bagi seluruh muslim didunia, terlebih jika di tambah dengan makanan dan kue khas lebaran yang cukup populer baik dari segi penyajiannya ataupun cara membuatnya. Maka dari itu kurang lengkap rasanya jika di hari lebaran tidak membuat ataupun menyajikan salah satu makanan dan kue khas lebaran. Ini dia 5 makanan khas Lebaran paling populer dan sering di konsumsi masyarakat Jawa Tengah.

Ketupat

Ketupat via Vemale.com

Ketupat Identik dengan Lebaran. Rasanya, kurang lengkap kalau hidangan yang satu ini tidak hadir di meja makan Anda. Selain lezat sebagai makanan, bentuk “selongsong” ketupat yang khas merupakan benda yang menarik untuk dijadikan hiasan. Makanan khas yang menggunakan kupat antara lain: kupat tahu (Grabag, kabupaten Magelang), dan kupat glabet (Kota Tegal). Ketupat juga sering dihidangkan dengan sate. Selain di Indonesia.

Ketupat atau kupat adalah hidangan khas Asia Tenggara maritim berbahan dasar beras yang dibungkus dengan pembungkus terbuat dari anyaman daun kelapa muda (janur). Ketupat paling banyak ditemui pada saat perayaan Lebaran sampai 5 hari berikutnya ketika umat Islam merayakan berakhirnya bulan puasa.

Makanan khas yang menggunakan ketupat, antara lain kupat tahu (Sunda), katupat kandangan (Banjar), Grabag (kabupaten Magelang), kupat glabet (Kota Tegal), coto makassar (dari Makassar, ketupat dinamakan Katupa), lotek, serta gado-gado yang dapat dihidangkan dengan ketupat atau lontong. Ketupat juga dapat dihidangkan untuk menyertai satai, meskipun lontong lebih umum. Selain di Indonesia, ketupat juga dijumpai di Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Lodeh Terong, Pekalongan

Terong pekalongan via Vemale.com

Terung hijau biasanya dipakai untuk sayur lodeh di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bentuknya sama seperti terung ungu, hanya kulitnya saja yang berwarna hijau. Lodeh terong yang biasanya disantap dengan ketupat atau nasi putih ini berkuah santan. Selain terong dan daun melinjo, ada tambahan irisan bunga kecombrang yang membuat cita rasa lodeh ini semakin istimewa.  

Opor ayam

Opor ayam via IST

Menu masakan berupa ayam berkuah santan ini terkenal di Indonesia, terutama wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Daging ayam sebagai bahan utamanya dimasak dengan rempah-rempah dan santan kental.

Opor ayam merupakan masakan yang sangat dikenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur sebelah barat. Meskipun demikian, masakan ini juga telah dikenal luas di daerah lain.

Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. Dalam tradisi Jawa, perayaan Lebaran biasanya dibuat meriah dengan membuat ketupat yang disajikan dengan opor ayam dan sambal goreng hati. Opor ayam khas Jateng biasanya disajikan juga dengan lontong. Terbayang kelezatannya. Lontong opor ini mau disajikan sebagai sarapan atau hidangan sepinggan untuk menjamu kerabat juga tepat.

Aneka Kue Kering

Kue lebaran via resepsedapku.com

Selain tahan lama dan pengganti camilan, kue kering sangat disukai anak-anak. Aneka kue kering yang biasa disajikan, seperti kue nastar, putri salju, kastangel, sagu, cokelat, lidah kucing dan kue bawang.

Gulai

Gulai ayam.

Gulai bisa dibuat dari bahan apa saja sesuai selera, daging kambing, ayam, maupun sayuran. Gulai sangat cocok dihidangkan dengan ketupat, terlebih jika dilengkapi dengan sate.

About Author: Dwi Purnawan

Gravatar Image
Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *