Ini 8 Jenis Keju yang Populer di Indonesia

Kaju yang Populer di Indonesia
Jenis Keju yan Populer di Indonesia (FOTO : istockphoto.com)

Jatengkita.id – Siapa suka keju? Berbicara tentang keju, pasti langsung terbayang dengan rasa dan teksturnya yang lembut. Keju seringkali menjadi topping di berbagai makanan yang kita temui sebagai cemilan, seperti martabak, brownies, pizza, salad, cake, roti isi dan lain sebagai nya. Berikut ini 8 jenis keju yang populer di Indonesia!

Banyak menu masakan kekinian yang menggunakan keju sebagai salah satu bahan utama. Olahan susu yang punya tekstur lembut dengan rasa asin yang cukup kuat ini, biasanya menjadi bahan penambah rasa yang cocok digunakan untuk segala hidangan.

Tips & Trick - Macam-macam Keju dan Fungsinya, Cocok juga untuk Minuman

Tapi perlu diketahui, ada beragam keju yang bisa digunakan, dan pastinya beda penyajian pula berdasarkan jenisnya. Nyatanya, banyak orang yang menyukai keju karena keberadaanya dianggap menambah rasa lezat saat dikombinasikan dengan makanan lainnya.

Keju menjadi bahan topping yang sangat populer dalam beberapa hidangan yang terkenal. Banyak pula makanan terkenal di dunia yang menggunakan keju sebagai topping utama.

Selain lezat, keju mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan bagi kesehatan seperti protein, lemak sehat, dan kalsium. Keju sendiri memiliki banyak rasa, mulai dari yang manis, asin, hingga yang pedas.

Selain itu, keju juga punya sifat mudah meleleh saat terkena panas sehingga membuat tampilan makanan semakin menarik hingga menjadikannya semakin populer.

Makanan yang berasal dari eropa ini cukup familier di Indonesia. Ada beberapa jenis keju yang populer dan mudah ditemukan. Ini dia beberapa jenis keju yang terkenal dan biasa digunakan dalam olahan berbagai makanan.

  1. Keju Cheddar

Keju cheddar merupakan keju yang memiliki rasa gurih dan asin yang populer dan sering dijadikan sebagai topping dibeberapa hidangan, meskipun terksturnya sedikit keras namun akan terasa nikmat bila dipadukan dengan makanan yang cocok.

Kenali 4 Bentuk Potongan Keju Cheddar agar Lebih Mudah Diolah - Parapuan

Terbuat dari susu sapi yang sudah dipasteurisasi, keju cheddar menjadi yang paling umum dijumpai dan paling banyak dikonsumsi.

Bahkan, bisa dibilang keju cheddar menempati urutan pertama sebagai jenis keju paling populer di Tanah Air, keju cheddar umumnya digunakan sebagai topping kue kering.

Jenis keju ini mudah ditemui dibeberapa tempat swalayan dengan harga yang terjangkau. Biasanya keju ini sering dijadikan sebagai isian burger. Salah satu cara penyajian keju cheddar yang paling populer yaitu dengan cara diparut dan dijadikan topping atau filling dari makanan maupun minuman seperti roti dan susu.

  1. Keju Mozzarella

Keju mozzrela masuk ke dalam jajaran jenis keju populer di Indonesia. Keju yang sering digunakan untuk mempercantik tampilan hidangan dan sedikit menambah rasa gurih ini semakin tinggi peminatnya. Banyak olahan makanan serba mozzarella dan menjadi tren.

10 Merk Keju Mozarella Terbaik di Indomaret - Mampu

Keju jenis ini warnanya putih dengan tekstur lembut dan berasal dari Italia, kepopuleran keju asal Italia ini pun semakin meningkat. Dibandingkan dengan keju-keju lainnya.

Keju mozarella mengandung kalori dan sodium lebih rendah sehingga lebih baik bagi kesehatan. Terbuat dari susu kerbau, ciri khas keju mozzarella adalah teksturnya yang sangat lembut dan agak berair.

Saat meleleh, keju mozzarella akan menghasilkan efek mulur yang membuat hidangan semakin menarik. Biasanya keju dari susu sapi atau kerbau ini digunakan sebagai topping pizza.

  1. Keju Parmesan

Keju parmesan terbilang salah satu keju termahal dibandingkan jenis keju sebelumnya. Keju dengan terkstur keras dan aroma kuat ini memiliki nama asli Parmigiano-Reggiano.

Cara Mudah Parut Keju Parmesan dengan Blender, Kurang dari 1 Menit

Berasal dari wilayah Parma, Reggio Emilia, Modena. Parmesan adalah jenis keju keras yang berwarna kuning kusam, dihasilkan dari proses pembuatannya yang terbilang lama. Semakin lama proses pematangan, maka harga parmesan semakin mahal.

Di negara asalnya, Italia, keju dari susu sapi ini biasanya digunakan sebagai penambah rasa pada aneka sup, pizza, hingga pasta. Sedangkan di Indonesia, keju parmesan biasanya juga digunakan untuk menambah aroma pada kue kering.

Keju Parmesan dapat sajikan dengan berbagai cara. Salah satu cara unik dan juga klasik yang biasa ditemukan adalah dengan mengiris atau menggilingnya di atas hidangan pasta seperti spaghetti, fettuccine, dan risotto.

Dikenal karena citarasa yang kuat serta teksturnya yang khas, parmesan berdiri sebagai simbol keunggulan kuliner dalam dunia keju.

  1. Keju Edam

Keju edam telah ada sejak abad pertengahan, tepatnya sekitar abad ke-14 hingga abad ke-18 dan merupakan keju yang paling populer di dunia.

8 Rekomendasi Keju Edam Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Pastry  Instructor] | mybest

Berasal dari negeri kincir angin, keju edam merupakan jenis keju yang memiliki tampilan mencolok. Keju edam adalah jenis keju dengan tekstur semi keras.

Jenis keju ini berwarna kuning keemasan ini termasuk ke dalam jenis keju semi lunak dan bercita rasa asin-gurih menyerupai kacang. Keju ini biasanya dilapisi oleh sejenis lilin berwarna merah terang. Termasuk salah satu jenis keju yang bisa dijadikan opsi untuk membuat berbagai hidangan.

Keju edam biasanya disajikan sebagai bahan campuran kue kering. Di Indonesia, keju edam dapat ditemukan pada camilan kastengel, kue keju bercita rasa gurih yang identik seperti hari raya.

  1. Keju Emmental

Keju emmental memiliki tampilan yang berlubang-lubang, keju jenis ini memiliki rasa yang gurih namun ringan.

Mengenal Keju Emmental, Makanan Mewah Favorit Kim Jong-un Semasa Sekolah -  keju yang populer di Indonesia

Keju yang sering terlihat dalam serial animasi Tom and Jerry ini jadi salah satu keju populer di dunia  yang berasal dari Swiss. Jenis keju emmental dibuat dengan menggunakan susu mentah dari sapi perah atau sapi yang diberi makan rumput dan jerami.

Keunikaan dari keju jenis ini yakni semakin tua usia keju emmental, diameter bulatan di permukaan keju ini juga semakin lebar. Keju emmental memiliki lubang ikonik dan dianggap sebagai keju terbesar di dunia.

Keju Swiss yang berasal dari wilayah Emmental di Swiss ini terkenal dengan ciri khas lubang atau ‘matanya’ yang besar, dan warnanya yang kuning pucat. Rasa dan teksturnya yang unik menjadikan Emmental pilihan populer di kalangan pecinta keju di seluruh dunia.

  1. Keju Raclette

Raclette cheese merupakan keju yang berasal dari Swis, keju raclette termasuk jenis keju yang kini populer di Indonesia. Keju ini terbuat dari susu sapi yang dipasteurisasi.

Mengenal Keju Raclette, Keju Hits yang Jadi Topping Endes - PergiKuliner.com

Proses pemeramannya bervariasi antara tiga sampai enam bulan sehingga mempengaruhi aroma dan rasanya. Keju bertekstur lumer ini menjadi trend dan banyak digemari pecinta keju.

Keju raclette juga sering diolah dengan cara dipanggang atau disajikan sebagai fondue. Beberapa makanan yang biasanya  disajikan bersama dengan keju raclette yakni steak atau aneka jenis daging panggang, ramen, gyoza, hingga sushi.

Proses penyajiannya pun cukup menarik, yakni dengan cara memanaskan permukaan keju lalu langsung dituangkan di atas makanan. Tidak hanya lembut dan lezat. Proses penyajian dengan cara memanaskan bongkahan keju hingga leleh menjadi keunikan tersendiri.

  1. Keju Brie

Keju Brie adalah salah satu jenis keju paling terkenal dari Prancis. Keju ini merupakan sumber protein dan vitamin serta mineral penting yang sangat baik termasuk kalsium , fosfor, kalium, selenium, dan vitamin A.

57.500+ Keju Brie Foto Stok, Potret, & Gambar Bebas Royalti - iStock

Di negara asalnya, keju brie ini mendapatkan gelar “The Queen of Cheeses” karena dulu hanya orang-orang tertentu yang bisa mengkonsumsinya.

Keju Brie tidak mengandung karbohidrat apa pun, terbuat dari susu sapi yang dipasteurisasi atau non-pasteurisasi. Keju Brie adalah keju yang serbaguna dalam penggunaannya dalam hidangan kuliner.

Jenis keju Brie memiliki kulit luar yang tipis dan halus, serta daging yang lembut dan creamy. Rasanya yang ringan dan creamy, membuatnya meleleh begitu dimasukkan ke dalam mulut.

Kulitnya berwarna putih hingga cokelat pucat, sementara bagian dalamnya berwarna krem. Keju Brie juga sering digunakan dalam hidangan kue pastry, sehingga menambah cita rasa mewah pada sajian kue.

  1. Keju Gouda

Keju yang populer selanjutnya yakni keju Gouda.  Merupakan keju khas dari negara Belanda yang memiliki cita rasa manis dengan sedikit rasa kacang.

Keju Gouda Belanda Dari Belanda - Roda Utuh ( 10 pon Indonesia | Ubuy

Disebut-sebut sebagai salah satu produk olahan susu tertua di dunia, keju gouda ini sudah ada sejak tahun 1284. Keju Gouda adalah sumber protein dan kalsium yang baik, tetapi tinggi lemak jenuhnya dan mengandung sedikit natrium.

Keju ini dibuat secara modern dan memiliki cita rasa kacang tipis, sementara yang dibuat secara tradisional sedikit lebih manis dan rasanya mirip dengan mentega.

Gouda memiliki beberapa variasi warna dan tekstur, tergantung dari lama proses pematangannya dan penyimpanannya. Keju gouda merupakan salah satu keju yang cukup terkenal.

Keju ini sering dipadukan ke dalam masakan sebagai pengganti keju cheddar atau mozzarella. Sama halnya seperti keju Mozzarella dan Edam, keju Gouda juga salah satu keju yang dapat dipanaskan dan meleleh.

Baca Juga 7 Makanan Paling Langka di Dunia, Lezat dan Nikmat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *