Kenali Undertone Kulit agar Tampil Percaya Diri

Undertone Kulit
Kenali Undertone Kulit, Agar Tampil Percaya Diri saat Lebaran

Jatengkita.id – Undertone kulit adalah warna yang alami terletak di bawah lapisan permukaan kulit yang terbagi menjadi tiga jenis utama: warm (hangat), cool (dingin) dan neutral(netral). Mendeteksi undertone kulit dapat dilakukan dengan beberapa kiat khusus yang dapat dilakukan sendiri.

Mengetahui jenis undertone kulit memiliki manfaat besar dalam menentukan pilihan warna yang paling cocok untuk kulit, terutama dalam pemilihan warna kosmetik atau pakaian.

Perlu dicatat bahwa warna undertone kulit bukanlah warna yang terlihat secara langsung di lapisan permukaan kulit (skin tone). Undertone kulit merujuk pada warna alami yang terletak di bawah permukaan kulit.

Memahami jenis undertone kulit menjadi penting karena hal ini memengaruhi bagaimana produk kosmetik diterapkan dan terlihat pada kulit.

Misalnya, pemilihan shade yang tidak sesuai dengan undertone kulit dapat menghasilkan tampilan riasan wajah yang kurang cocok, seperti terlihat abu-abu, lebih gelap, atau terlalu pucat.

Mengenal Undertone Kulit dan Cara Simpel untuk Mengetahuinya

Selain penting dalam pemilihan kosmetik, pemahaman tentang undertone kulit juga berpengaruh pada pemilihan warna baju, softlens, dan cat rambut.

Dengan mendeteksi undertone kulit Anda, Anda dapat membuat pilihan yang lebih tepat dalam hal gaya dan penampilan keseluruhan.

Secara umum, terdapat tiga varian undertone kulit yang dapat diidentifikasi, yaitu warm, cool dan neutral. Sementara warna kulit permukaan sering kali dipengaruhi oleh pigmentasi kulit, jenis undertone kulit biasanya ditentukan oleh faktor genetik serta lingkungan geografis.

Untuk memahami lebih dalam mengenai berbagai jenis undertone kulit, berikut adalah penjelasan yang lebih rinci:

Warm

Undertone hangat atau warm pada kulit mengacu pada nuansa yang cenderung kekuningan atau keemasan.

Mayoritas individu yang tinggal di negara-negara Asia Tenggara yang beriklim tropis, seperti Indonesia, cenderung memiliki undertone kulit yang termasuk dalam kategori hangat.

Hal ini menunjukkan ciri warna alami di bawah permukaan kulit mereka yang menampilkan kehangatan yang khas.

Cool

Individu dengan undertone yang dingin atau cool cenderung memiliki kulit dengan nuansa yang menonjolkan warna pink, kemerahan, atau kebiruan.

Karakteristik undertone ini umumnya lebih sering ditemui pada orang-orang yang berasal dari wilayah Asia Timur dengan iklim subtropis, seperti Korea, Cina, dan Jepang.

Neutral

Individu dengan undertone neutral (netral) memiliki nuansa warna kulit yang tidak terlalu dingin (cool) maupun terlalu hangat (warm).

Secara keseluruhan, warna undertone kulit ini hampir sejajar dengan warna kulit teratas yang dapat dilihat secara langsung.

Undertone kulit yang netral dapat dimiliki oleh siapa pun, baik di wilayah beriklim tropis maupun subtropis. Ini menandakan bahwa warna alami di bawah permukaan kulit mereka tidak menunjukkan kecenderungan khusus ke arah hangat atau dingin.

Cara Mendeteksi Tipe Undertone Kulit

Dikarenakan tidak terlihat dengan jelas, ada langkah-langkah khusus yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis undertone kulit. Beberapa metode ini dapat dilakukan sendiri secara manual, sebagai berikut:

Mengecek pembuluh darah

Salah satu cara paling sederhana untuk menentukan jenis undertone kulit adalah dengan mengamati warna pembuluh darah di permukaan kulit.

13 ide Cool under skin tone di 2024 | trik kecantikan, warna, pewarna kulit

Beberapa area di tubuh yang dapat menunjukkan warna pembuluh darah yang jelas termasuk pergelangan tangan, punggung tangan, pipi, lengan bagian dalam dekat ketiak, tungkai, paha, atau sisi telapak kaki.

Jika pembuluh darah terlihat dengan nuansa hijau, itu menandakan bahwa undertone kulit Anda cenderung warm.

Sebaliknya, jika pembuluh darah memiliki warna biru atau keunguan, itu menunjukkan undertone kulit yang cenderung cool.

Sementara untuk undertone kulit neutral, pembuluh darah mungkin tidak terlalu terlihat atau menyatu dengan warna kulit. Metode ini dapat membantu Anda dalam menentukan undertone kulit dengan lebih akurat.

Memakai baju putih

Mengenakan pakaian berwarna putih juga dapat membantu menentukan jenis undertone kulit Anda.

5 Cara Mengetahui Undertone Kulit Agar Tak Salah Pilih Warna Makeup

Misalnya, jika kulit Anda tampak lebih gelap atau kusam saat mengenakan pakaian putih bersih, kemungkinan besar undertone kulit Anda adalah warm.

Sebaliknya, jika Anda melihat kulit Anda bersinar atau terlihat lebih cerah dengan warna putih, maka undertone kulit Anda mungkin lebih cenderung cool.

Individu dengan undertone kulit neutral cenderung cocok mengenakan pakaian putih dalam berbagai variasi, baik itu putih polos atau putih gading. Ini dapat menjadi panduan tambahan untuk menentukan undertone kulit dengan lebih tepat.

Memakai Perhiasan

Selain memperhatikan warna pembuluh darah dan menggunakan baju warna putih, Anda juga dapat menggunakan perhiasan sebagai panduan.

Cara Mudah Mengetahui Undertone Kulit untuk Tampilan Makeup Flawless!

Jika kulit Anda terlihat lebih berseri saat mengenakan perhiasan berwarna emas, tetapi tampak kusam ketika mengenakan perhiasan berwarna perak, maka kemungkinan besar undertone kulit Anda adalah warm.

Sebaliknya, jika menggunakan perhiasan perak membuat kulit Anda terlihat lebih bercahaya, maka undertone kulit Anda adalah cool.

Individu dengan undertone kulit neutral biasanya cocok menggunakan kedua jenis perhiasan, baik yang berwarna perak maupun emas. Hal ini dapat membantu Anda lebih memahami undertone kulit Anda dengan lebih baik.

Keuntungan Mengetahui Jenis Undertone Kulit

Mengetahui jenis undertone kulit memiliki beberapa keuntungan yang signifikan:

  • Pemilihan Warna Kosmetik yang Tepat

Dengan mengetahui undertone kulit, Anda dapat memilih produk kosmetik seperti foundation, concealer, dan lipstik yang sesuai dengan nuansa kulit Anda. Ini akan membantu menciptakan tampilan yang lebih alami dan seimbang.

  • Pemilihan Warna Pakaian yang Cocok

Memahami undertone kulit membantu Anda memilih warna pakaian yang melengkapi dan meningkatkan kecantikan kulit Anda. Anda dapat menghindari warna-warna yang membuat kulit terlihat kusam atau tidak seimbang.

  • Pemilihan Perhiasan yang Tepat

Jenis perhiasan yang Anda kenakan juga dapat dipengaruhi oleh undertone kulit Anda. Orang dengan undertone hangat mungkin terlihat lebih baik dengan perhiasan berwarna emas, sementara mereka dengan undertone sejuk mungkin lebih cocok dengan perhiasan perak.

  • Pemilihan Warna Rambut yang Sesuai

Ketika memilih warna rambut, memahami undertone kulit dapat membantu Anda memilih warna yang melengkapi kulit Anda dengan lebih baik, menciptakan tampilan yang lebih menyatu dan alami.

  • Tampilan yang Lebih Harmonis

Menyesuaikan pilihan warna kosmetik, pakaian, perhiasan, dan rambut dengan undertone kulit, Anda dapat menciptakan tampilan yang lebih harmonis dan seimbang secara keseluruhan.

Dengan memperhatikan undertone kulit, Anda dapat meningkatkan penampilan Anda secara signifikan dan memastikan bahwa pilihan warna yang Anda buat mengkomplementasi keindahan alami kulit Anda.

Baca Juga Tips Mengaplikasikan Make Up yang Tepat, Cocok Buat LebaranĀ 

Writer: Laila LunaEditor: Ida HP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *