Keunggulan Indonesia Lawan Vietnam dalam Piala Asia 2023

Piala Asia 2023
Indonesia VS Vietnam - Piala Asia 2023

Jatengkita.id – Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 1 – 0 atas Vietnam dalam pertandingan Piala Asia semalam (19/01/24). Pada babak pertama tim merah putih bermain sangat agresif hingga pemain Vietnam tampak kebingungan menghadapi para pemain Indonesia. Berikut keseruan laga Piala Asia 2023!

Berkali-kali Skuad Garuda memainkan bola di area lawan, namun kesulitan mengirim umpan kunci sehingga minim peluang.

Update Klasemen Sementara AFC Asian Cup 2024 Hari Ini, Intip Tiga Tim  Peringkat Terbaik - Akurat Sumsel

Gol kemenangan dicetak oleh sang kapten, Asnawi Mangkualam, pada menit ke-42, menandai momen bersejarah bagi skuad Garuda.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia merangkak naik ke posisi tiga dalam klasemen Grup D Piala Asia 2023, mengoleksi tiga angka.

Walau masih terpaut tiga poin dari pemuncak klasemen, Irak, posisi Timnas Indonesia berada dalam jangkauan yang menjanjikan.

Timnas Indonesia bersaing ketat dengan Jepang. Meski koleksi poin sama persis, Jepang unggul dalam selisih gol (+1 berbanding -1), menempatkan mereka di posisi dua klasemen Grup D.

Dengan kemenangan ini menjadikan semangat baru serta membuka peluang bagi Timnas Indonesia untuk melaju ke babak 16 besar.

Selain juara grup dan runner up yang dipastikan akan lolos, sistem kompetisi memperbolehkan empat tim peringkat tiga terbaik melangkah ke babak lanjutan, hal ini menjadi peluang besar bagi Skuda Garuda.

Melihat kondisi sekarang, Timnas Indonesia berada di atas angin untuk lolos ke 16 besar AFC Asia CUP 2024. Jika tidak berhasil meraih kemenangan, minimal Timnas Indonesia bisa bermain imbang saat bertanding  kontra Jepang di matchday pamungkas Grup D Piala Asia 2023 pada Rabu, 24 Januari 2024 malam WIB.

Sebab, koleksi empat angka sudah menggaransi Timnas Indonesia untuk lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 via peringkat tiga terbaik. Sekarang satu harapannya, Timnas Indonesia dapat melaju ke fase gugur.

Piala Asia sendiri merupakan turnamen sepak bola yang diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Tim nasional pemenang akan dinobatkan sebagai juara Asia dan langsung lolos untuk mengikuti Piala Konfederasi FIFA hingga tahun 2015.

Piala Asia diadakan 4 tahun sekali sejak edisi 1956 hingga 2004. Karena Olimpiade Musim Panas dan Kejuaraan Sepak Bola Eropa juga diselenggarakan pada tahun yang sama dengan Piala Asia (2004, 2008, 2012, dst.).

AFC akhirnya memutuskan untuk memindahkan siklus penyelenggaraan turnamen ini ke tahun yang lebih sepi.

Setelah 2004, Piala Asia berikutnya diselenggarakan pada 2007 atau tiga tahun kemudian, dan setelah itu kembali diadakan setiap 4 tahun sekali (2011, 2015, 2019, dst).

Piala Asia umumnya didominasi oleh sejumlah kecil tim papan atas. Awalnya tim yang sukses termasuk Korea Selatan (dua kali) dan Iran (tiga kali).

Sejak 1984, Jepang (empat kali) dan Arab Saudi (tiga kali) menjadi tim paling sukses, bersama-sama memenangkan tujuh dari sepuluh final terakhir.

Tim lain yang pernah meraih gelar adalah Qatar (juara bertahan; 2019), Australia (2015), Irak (2007) dan Kuwait (1980). Israel memenangkan kompetisi pada tahun 1964 tetapi kemudian dikeluarkan dan kini bergabung dengan UEFA.

Baca Juga Legenda Sepak Bola Jerman Frans Beckenbauer Tutup Usia 

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *