Libur Nyepi, Ribuan Wisatawan Padati Lawang Sewu

by
Lawang Sewu

Liburan panjang perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1939 yang jatuh pada Selasa (28/3) pekan depan dimanfaatkan wisatawan untuk mengunjungi Semarang. Pada Minggu siang (26/3), terdapat ratusan bahkan ribuan wisatawan domestik yang memadati gedung perkeretaapian kuno, Lawang Sewu.

Metrosemarang.com memantau para petugas loket sibuk melayani pengunjung yang ingin masuk ke Lawang Sewu. Nita Aprilia, seorang petugas tiket di pintu masuk Lawang Sewu mengatakan, sudah ada sekitar seribu tiket yang terjual hari ini.

Nita memperkirakan jumlahnya bakal bertambah banyak karena saat ini Lawang Sewu sedang kedatangan rombongan turis dari Jawa Barat.

“Pasti jumlah pengunjungnya lebih dari 5.000 orang. Lihat saja, antrean pengunjung masih terjadi sampai sekarang. Mereka biasanya datang rombongan dari luar kota,” akunya kepada metrosemarang.com.

Siang ini, Nita hanya dibantu seorang rekannya untuk melayani pembelian tiket masuk Lawang Sewu. Seorang petugas keamanan juga terlihat mengatur arus pengunjung yang masuk ke pintu utama. Tiap tiket harus diperlihatkan sebelum masuk Lawang Sewu.

Maria Agustin, pengunjung asal Bandung mengaku takjub dengan arsitektur Lawang Sewu. Kesan mistis sudah tak ada lagi, kata Maria. Makanya, ia berani mengajak keluarganya berwisata seharian penuh.

“Tempatnya cukup teduh. Banyak pohon-pohonnya. Enak juga buat wisata ramai-ramai. Dulu kalau saya ke sini pasti takut karena gedungnya belum tertata dengan rapi. Kalau sekarang sudah bagus sekali,” kata Maria sembari menggendong putra kesayangannya.

Lawang Sewu merupakan landmark Semarang sejak ratusan tahun silam. Turis lebih suka menjelajahi gedung blok B karena menyimpan panorama arsitektur yang luar biasa. Kaca-kaca yang berusia lebih dari seabad bercorak kolonial Belanda.

Di dekat Lawang Sewu juga ada Tugu Muda dan Museum Mandala Bhakti yang tak ada salahnya untuk dikunjungi wisatawan.

About Author: rakamsi

Gravatar Image
bermanfaat, atau hilang tanpa nama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *