Mahasiswa UM Purworejo Kampanye Peduli Lingkungan dengan Menanam Pohon

Kampanye Peduli Lingkungan, Mahasiswa UMPWK Tanam pohon
Pemberian lima bibit (Sawo, Kelekeng, Apukat, Jati Putih, dan Matoa) & penanaman di lahan sekitar warga dalam kegiatan penanaman pohon untuk bumi lebih hijau

Jatengkita.id –  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Purworejo kampanyekan peduli lingkungan dengan membagikan bibit tanaman kepada masyarakat dan menanam pohon.

Bibit pohon ini diberikan kepada warga Desa Gayam, Kecamatan Lugosobo, Kabupaten Purworejo pada Jumat, (2/02/24). Aksi ini juga dilakukan dalam dalam upaya penghijauan alam sekitar desa.

Selain tanam pohon, Tim KKN juga mengadakan pelatihan hidroponik pada masyarakat. Mahasiswa KKN UM Purworejo, Adi Nugroho menyebut, pelatihan tanaman hidroponik digunakan sebagai upaya pengenalan cara bercocok tanam yang baik dan benar.

“Penanaman bibit pohon ini juga berkaitan dengan program yang kami lakukan didalam desa ini yaitu tentang pelatihan tanaman Hydroponik. Oleh karena itu, hal ini juga bagus dalam pengenalan dalam cara menanam yang baik dan benar.” Jelas Adi.

Adapun bibit pohon yang dibagikan diantaranya, bibit Sawo, Kelekeng, Apukat, Jati Putih, dan bibit Matoa. Penanaman bibit pohon ini dilakukan di lahan sekitar warga.

Mahasiswa KKN Universitas Muhammdiyah Purworejo juga berharap, kegiatan penanaman bibit pohon ini dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi lingkungan sekitar.

Melalui aksi ini, Mahasiswa KKN berupaya meningkatkan penghijauan dalam lingkungan masyarakat terhadap pentingnya pelestarian alam dan menjaga keseimbangan ekosistem.

Lewat kegiatan penanaman pohon, mahasiswa KKN juga berharap dapat membentuk ikatan sosial yang kuat dengan masyarakat desa Gayam dan sesama mahasiswa.

Kampanye Peduli Lingkungan, Mahasiswa UMPWK Tanam pohon

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 2024 UM Purworejo juga berharap, kegiatan penanaman pohon ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pemanfaatan lahan kosong, serta pentingnya pemilihan penanaman tumbuhan yang bernilai ekonomis.

Kegiatan penanaman bibit ini dihadiri oleh enam Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Purworejo dan juga dihadiri oleh Ketua RT Desa Gayam, dan perwakilan dari Kelurahan Lugosobo.

Ketua RT 01 Desa Gayam, Kuat, menyambut baik aksi para mahasiswa tersebut. Kuat berharap warga dan mahasiswa bisa bekerjasama dengan baik dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

“Semoga dengan adanya kegiatan baik ini menjadi inspirasi bagi masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam menjaga keberlanjutan alam. Saya juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan semangat para mahasiswa KKN dalam menjaga kelestarian lingkungan terutama lingkungan sekitar desa.” Terang Kuat.

Tim KKN Universitas Muhammadiyah Purworejo di kecamatan Lugosobo ini memiliki empat program dalam pengabdiannya. Diantaranya, Sosialisasi kecanduan game online, Bimbingan belajar kepada anak anak Kelas 1-6, Sosialisasi rumah aman gempa. Selain itu ada juga menanam pohon, serta pelatihan menanam hydrophonic sederhana untuk anak-anak.

Baca Juga Mahasiswa Unnes Beri Pelatihan Makrame Bagi Warga Desa Bongkok 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *