Makan Cumi Mentah, Apakah Aman Bagi Kesehatan?

Memakan Cumi mentah
Amankah mengonsumsi Cumi mentah ? (FOTO : Pixabay)

Jatengkita.id – Tren makan cumi-cumi mentah sempat hits di Thailand dan sampai sekarang masih banyak yang menjualnya. Namun, apakah mengonsumsi cumi mentah ini aman bagi kesehatan?

Cumi-cumi adalah sejenis moluska cephalopoda yang termasuk dalam kelompok Cephalopoda. Mereka merupakan hewan laut yang dikenal dengan ciri khas tubuh silindris dan sepuluh lengan yang dilengkapi dengan cup-like suckers atau alat pengisap.

Beberapa jenis cumi-cumi juga memiliki paruh yang mirip dengan paruh burung dan digunakan untuk merobek mangsa.

Cumi-cumi memiliki kemampuan unik untuk mengubah warna dan pola pada tubuhnya. Hal itu digunakan sebagai bentuk komunikasi dan camouflage dalam berbagai situasi.

Kemampuan ini membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan melindungi diri dari pemangsa.

7 Kuliner Tak Biasa yang Cuma Ada di Jepang, Cobain Cumi-cumi Hidup yang  Menggeliat di Tenggorokan - Tribun Travel

Umumnya, cumi-cumi hidup di perairan laut yang dalam, tetapi beberapa spesies juga dapat ditemui di perairan dangkal.

Mereka merupakan predator yang efisien, memburu berbagai jenis ikan dan invertebrata kecil menggunakan lengan-lengan mereka yang fleksibel. Dalam konteks kuliner, cumi-cumi adalah bahan makanan yang populer di berbagai masakan di seluruh dunia.

Daging cumi-cumi memiliki tekstur kenyal dan mudah diserap rasa, sehingga sering digunakan dalam hidangan seperti calamari, sashimi, atau dimasak dengan berbagai metode seperti digoreng, dipanggang, atau direbus.

Cumi-cumi juga merupakan sumber protein rendah lemak yang baik untuk kesehatan.

Cumi segar Panggang Khusus di pasar terbuka Thailand foto stok
FOTO : Pixabay

Sekitar 1 tahun lalu cumi-cumi populer disajikan mentah. Sajian cumi-cumi mentah ini dinamakan Squid Shots dan sangat populer di Thailand.

Kuliner yang stau ini berupa cumi-cumi kecil yang disajikan hidup-hidup di dalam gelas berukuran sedang kemudian gelas tersebut berisi saus seafood.

Cara memakan cumi tersebut yaitu dengan mulai menggigit bagian kepalanya kemudian badannya, namun jika ukuran cumi-cumi tersebut kecil anda dapat langsung melahapnya secra utuh.

Namun dengan kepopuleran tersebut sebuah situs media sosial medis pupuler menyayangkan orang-orang terhadap konsumsi makanan laut mentah dalam bentuk squid shot yang juga bisa membawa bakteri sangat tidak sehat.

Pakpoom Dejhasadin, alias Dokter Lab Panda, yang merupakan teknisi medis di Pusat Darah Nasional dan di Masyarakat Palang Merah Thailand yang menyuarakan keprihatinan dalam segi kesehatan terkait squid shot.

Direktur Jenderal Department of Disease Control (DDC) Thailand Suwanchai Wattanayingcharoenchai menegaskan, cumi-cumi mentah dapat mengandung Vibrio parahaemolyticus.

Efecto antibacteriano de extractos vegetales frente a Vibrio  parahaemolyticus | PlusVet Animal Health

Vibrio parahaemolyticus adalah bakteri yang ditemukan di lingkungan laut, seperti dilansir dari laman The Thaiger, Selasa (15/2/2022).

Apabila dikonsumsi, bakteri dapat menyebabkan gastroenteritis akut. Gejala bisa berupa diare dan muntah jika dikonsumsi.

Pada kasus yang parah dapat menyebabkan kolitis ulseratif, yakni peradangan pada usus.

Pihak berwenang menegaskan bahwa cara terbaik untuk memakan cumi-cumi adalah dimasak terlebih dahulu. Proses pemasakan setidaknya di suhu 70 Derajat Celcius selama 2 menit, baru aman disantap.

Baca Juga 7 Manfaat Buah Strawberry, Segar dan Sehat! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *