Masjid dengan Arsitektur Unik, 3 Ada di Jawa Tengah

Masjid dengan arsitektur unik
Masjid Syekh Zayed Solo (FOTO : Grid.id )

Jatengkita.id – Masjid merupakan bangunan yang dijadikan tempat ibadah umat muslim.  Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki satu masjid yang menjadi salah satu ikon daerah tersebut. Berikut ini beberpa Masjid dengan Arsitektur yang Unik di Indonesia. 

Berikut ini adalah masjid-masjid yang memiliki arsitektur unik :

  1. Masjid Al-Azhar

Masjid yang berlokasi di Bekasi ini memiliki desain yang mengacu pada bangunan-bangunan khas Timur Tengah. Hal ini terlihat dari warna kecoklatan yang terdapat pada luar masjid  kemudian ornament-ornamen pohon palem yang menghiasi bagian interior masjid. Masjid ini dirancang Oleh gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

  1. Masjid Al-Irsyad

Berlokasi di kota Baru Parahyangan, Bandung, Jawa Barat masjid ini memiliki bentuk seperti kubus besar layaknya ka’bah dengan garis-garis hitam di sekujur dinding masjid.

Masjid Al Irsyad Bandung - Masjid dengan arsitektur unik

Kemudian pada bagian dinding masjid disususn kalimat syahadat raksasa. Masjid ini secara garis besar memiliki warna hitam, putih dan abu-abu.

  1. Masjid Raya Asmaul Husna

Masjid ini berlokasi di Summarecon Serpong. Hal yang menjadi keunikan dalam arsitektur masjid adalah terdapat tulisan kaligrafi jenis kufi yang menyelimuti bangunan masjid. Tulisan tersebut memuat 99 nama Allah dengan desain yang sangat apik. Pada bagian belakang masjid dirancag semakin menurun dan terdapat bintang transparanyang menghadap kea rah langit di sisi bagian bawah lengkungan.

  1. Masjid Ceng Ho

Masjid unik selanjutnya ini memiliki arsitektur bernuansa Islam – Tionghoa. Masjid ini berlokasi di Surabaya, Jawa Timur.

Masjid Cheng Hoo Surabaya: Lokasi, Sejarah & Jam Operasional

Adapun nama dari masjid ini  merupakan bentuk penghormatan kepada laksamana Ceng Ho yang telah menyebarkan Islam ke Asia Tenggara. Pada bagian atas masjid terdapat selapan sisi yang memiliki makna kejayaan.

  1. Masjid Perahu Nabi Nuh

Memiliki nama resmi Masjid Safinatun Najah, bangunan ini berlokasi di Semarang Jawa Tengah. Memiliki arsitektur unik yaitu dengan model kapal serta mengambil dasar dari model kapal nabi Nuh. Tembok yang ada di masjid tersebut dicat dengan warna coklat menyerupai kayu dan terdapat juga beberapa jendela yang membentuk lingkaran khas kapal.

  1. Masjid Agung Tuban

Salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Tuban memiliki peran penting dalam pembangunan agama Islam di negaranya, karena itu disebut Kota Wali. Selain itu, Tuban adalah kabupaten pertama yang dipimpin oleh bupati beragama Islam selama pemerintahan Kerajaan Majapahit.

Exterior masjid mengingatkan pada Masjid Imam di Kota Isfahan, Iran. Selain itu, pengaruh ini menyebabkan Masjid Agung Tuban memancarkan pesona permainan warna 1.001 malam, terutama di malam hari.

Banyak bagian masjid menggunakan pola lengkungan untuk menghubungkan tiang penyangga, menciptakan pola ruang dengan kolom-kolom. Pola ini tampaknya terinspirasi dari ruang di Masjid Cordoba di Spanyol.

  1. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus merupakan salah satu peninggalan sejarah, sebagai bukti proses penyebaran Islam di Tanah Jawa.

Mengenal Sejarah Masjid Menara Kudus yang Dibangun oleh Salah Seorang Wali  Songo - Sila News

Masjid ini tergolong unik karena desain bangunannya, yang merupakan penggabungan antara Budaya Hindu dan Budaya Islam.

Sebagaimana kita ketahui, sebelum Islam, Di Jawa telah berkembang agama Budha dan Hindu dengan peninggalannya berupa Candi dan Pura. Selain itu ada penyembahan terhadap Roh Nenek Moyang (Animisme) dan kepercayaan terhadap benda-benda (Dinamisme).

Masjid Menara Kudus menjadi bukti, bagaimana sebuah perpaduan antara Kebudayaan Islam dan Kebudayaan Hindu telah menghasilkan sebuah bangunan yang tergolong unik dan bergaya arsitektur tinggi. Sebuah bangunan masjid, namun dengan menara dalam bentuk candi dan berbagai ornamen lain yang bergaya Hindu.

  1. Masjid Aschabul Kahfi Perut Bumi

Masjid Ashabul Kahfi Perut Bumi Al-Maghribi dibangun pada tahun 2002 oleh K.H. Subhan. Lokasinya di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

BIKIN TAKJUB! Masjid Aschabul Kahfi Tuban Berada di Bawah Tanah, Cocok  untuk Wisata Religi

Meskipun berada dalam gua, seni arsitektur masjid ini tidak terbatas; sebaliknya, terlihat indah dan unik. Pilar-pilar megah masjid berpadu dengan stalaktit yang menggantung di langit-langit gua. Cahaya yang temaram juga menarik perhatian orang. Hal ini sesuai dengan nama Tuban, atau Kota Seribu Goa.

  1. Masjid Permata Qolbu

Masjid bergaya modern berdiri tegak di Perumahan Permata Mediterania, Jakarta. Masjid Permata Qolbu yang bernuansa putih itu dikelilingi pilar beton trapesium.

Masjid Permata Qolbu | Mahadiyanto Yayan

Angkat gaya kontemporer Masjid Permata Qolbu memiliki kolom-kolom besar yang menonjol keatas dan bersekat-sekat.

Masjid dengan warna mayoritas putih ini memiliki ciri kontemporer pada motif di setiap dindingnya.  Apabila malam hari masjid ini terlihat eksotis dengan lampu-lampu kuning yang berada disela-sela tiap sekat dinding.

  1. Masjid Raya Sheikh Zayed

Dengan hadirnya Masjid Raya Sheikh Zayed  di Solo, Jawa Tengah, kota ini kembali mengukuhkan posisinya sebagai salah satu tempat ibadah religius yang menarik.

Desainnya yang indah dan megah, telah menjadi daya tarik utama bagi masyarakat Muslim dan mengundang mereka untuk mengunjunginya untuk menikmati keindahan dan makna yang terkandung di dalamnya.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dibangun sebagai bagian dari upaya untuk memberikan pengalaman religi yang lebih mendalam kepada warga Solo dan orang-orang di sekitarnya.

Masjid ini dibangun sebagai replika atau miniatur dari Masjid Raya Sheikh Zayed di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Gilingan, Kecamatan Nusukan, Kota Solo, dan menempati lahan bekas Depo Pertamina.

Luas masjid sekitar 8.000 meter persegi. Selain luas, masjid ini menawarkan keindahan arsitektur Timur Tengah yang memukau dikombinasikan dengan kearifan lokal Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *