Memento; Bagaimana jika kau lupa semua hal setelah 15 menit?

by

 

Crishtoper Nolan. Reputasi orang ini dalam dunia perfilman mendahului namanya. Tercatat beberapa film hebat adalah buah karyanya. Yang terbaru adalah Dunkirk yang melibatkan penyanyi dari salah satu one direction sebagai aktor. Yang terbaik adalah film the Darknight yang menjadi film terbaik sepanjang masa urutan ke empat. Tentu saja yang terbaik pertama adalah film Shawsank Redemption. Tapi kali ini sy akan membahas film Memento.

Film Memento ini adalah film dengan beberapa keistimewaan.

 

Yang pertama, dari segi cerita. Film ini bercerita mengenai seorang leonard shelby (Guy pierce) yang mengidap penyakit yang langka, yaitu tidak bisa punya ingatan jangka pendek. Artinya disamping lenny (panggilan leonard) lupa akan identitasnya, dia juga akan lupa apa yang barusan dia lakukan 15 menit yang lalu. Penyakit ini terjadi saat lenny berusaha menyelamatkan istrinya yang akan dibunuh, dan si pembunuh membenturkan kepala lenny. Yang hebat adalah bagaimana cara Lenny bertahan hidup. Dia hidup terorganisir dan disiplin dengan catatan. Bahkan dia mentato tubuhnya tentang fakta-fakta yang harus dia cari. Terutama untuk menemukan pembunuh istrinya.

 

Yang kedua, film ini memiliki alur yang paling unik yang sy jumpai, disamping film 500 day summer, yang alurnya acak, (suatu saat akan kita bahas) . Alur film Memento ini dibagi menjadi  dua alur. Satu alur panjang dengan gambar hitam putih bergerak maju. Satu alur panjang lainnya bergerak mundur dengan gambar berwarna. Keduanya disajikan sepotong-potong saling berganti. Sepertinya Nolan hendak mengajak penonton untuk memahami kerumitan yang ada dikepala lenny.

 

Yang ketiga, yang menjadi ciri khas Nolan adalah plot twist. Plot twist ini adalah film dengan kesimpulan yang membingungkan, bisa banyak penafsiran dari penonton setelah menontonnya. Ada beberapa contoh film yang plot twist yaitu Shuttered Island, Inception, The Darknight dll. Nah, memento ini adalah film dengan plot twist level maksimal. Saya sendiri harus nonton berulangkali untuk memahami film ini, itupun dengan kesimpulan yang mungkin berbeda dengan penonton lain. Dalam mencari pembunuh istrinya, Lenny berinteraksi dengan beberapa orang yaitu Natalie dan Teddy. Dua orang ini selalu memberikan informasi untuk mempengaruhi Lenny. Untuk orang yang tidak memiliki ingatan jangka pendek, informasi yg terus menerus dan kontradiktif membuat kebingungan yang sangat, bahkan nanti kedua orang ini terkesan memanfaatkan lenny untuk kepentingannya. Apalagi dipuncak konfliknya lenny diarahkan untuk meragukan semua data-data yang dia kumpulkan untuk mengingat dan bertahan hidup.

 

Yang keempat, film ini sengaja mengambil aktor yang bukan kelas pertama holywood. Lenny diperankan oleh Guy Pearce,  Natalie diperankan oleh Carrie Anne Moss dan Teddy oleh Joe Pantoliano. Padahal Nolan biasa menggunakan Leonardo Dicaprio, Cristian Bale, Joseph Gordon Levitt dll. Hal ini ditujukan Nolan agar ketertarikan penonton murni karena kualitas film yang disajikan. Dan ini terbukti, Memento ini walaupun film lama tapi masih memiliki rating yang tinggi di situs imdb, situs review film yang populer.

 

Yang kelima, Film ini adalah film pionir dalam tema penyakit kehilangan ingatan jangka pendek ini. Bahkan sepanjang pengetahuan sy mengenai film holywood, belum ada tema film yang seperti ini. Malah film ini ditiru oleh Aktor dan Sutradara India terkenal dalam sebuah film yang dia buat yaitu Gajhini. Mengambil tema serupa dengan sedikit inovasi. Bagi sy sendiri, saya lebih tertarik dengan film garapan Nolan dibanding tiruan Indianya.

 

Inilah film yang sangat layak tonton ditengah film superhero yang terlalu banyak. Film ini disamping menghibur akan mengasah kecerdasan kita karena memacu untuk berpikir mengingat film-film yang sekarang justru memanjakan otak kita untuk tidak berpikir.

Selamat menonton..

 

(hakim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *