Viral Drakor Pyramid Game, Mengenal Mythomania Syndrome dari Drama

Jatengkita.id –  Drama Korea Pyramid Game merupakan salah satu drama yang sedang populer karena jalan ceritanya yang menarik. Salah satu yang menarik dibahas dari drama ini adalah mengenai Mythomania Syndrome, yang mana pemain melakukan kebohongan demi kebohongan.

Serial drama Korea Pyramid Game sendiri mengisahkan tentang sebuah aksi perundungan. Drama ini berkisah tentang siswa SMA di Sekolah Menengah Atas Baekyeon, permainan piramid sedang berlangsung.

Terdapat tradisi yang janggal dan kejam di sekolah khusus perempuan ini. Sekolah ini mengadakan voting popularitas setiap bulan.

Nilai F akan diberikan kepada individu yang menjadi target perundungan dan berada di peringkat terendah. Drama ini diperankan oleh Bona, Shin Seul Ki, kang Na Eon, dan aktris muda lainnya. 

Bona memerankan Sung Su Ji, seorang siswa yang dipindahkan ke sekolah ini, dan Langsung Jadi, yang menjadi sasaran pembullyan. Ia merasa tidak puas dengan sistem ini dan berusaha melakukan pemberontakan.

Selain terjadinya pembullyan di sekolah tersebut, ada satu hal menarik yang bisa dibahas. Seorang tokoh yang dulunya menjadi bahan bully kini tingkatnya menjadi lebih tinggi dikarenakan mendapat bantuan. Namun dia sering merangkai kebohongan-kebohongan dalam hidupnya. Seseorang yang sering melakukan hal tersebut disebut dengan mitomania.

Mythomania Syndrome adalah sebuah gangguan mental yang ditandai dengan kecenderungan yang kuat untuk berbohong secara kronis dan terus-menerus.

Orang yang mengalami Mytomania Syndrome seringkali tidak mampu mengontrol dorongan untuk berbohong dan seringkali menciptakan cerita-cerita yang tidak benar atau mengarang fakta-fakta untuk mendukung kebohongannya.

nonton streaming download drakorndo pyramid game sub indo viu

Penderita mitomania seringkali merasa bahwa kebohongan mereka adalah kebenaran atau mereka mungkin menggunakan kebohongan sebagai cara untuk melarikan diri dari masalah atau situasi yang tidak nyaman.

Kondisi ini dapat menyebabkan kesulitan dalam hubungan interpersonal, kepercayaan yang rusak, dan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Mitomania sering kali dianggap sebagai gangguan kepribadian, meskipun dapat juga terjadi sebagai gejala dari gangguan mental lainnya seperti gangguan bipolar, depresi, atau gangguan kepribadian antisosial.

Penanganan dan pengobatan untuk mitomania melibatkan terapi kognitif perilaku untuk membantu individu mengidentifikasi dan mengatasi kebiasaan berbohong yang tidak sehat serta penanganan gangguan mental yang mendasarinya.

Bohong jadi kebiasaan? Waspada Mythomania | djangkanews A...

Bohong biasa dan mythomania adalah dua kondisi yang berbeda jika dilihat dari tujuannya. Dalam kebanyakan kasus, kebohongan dilakukan untuk menutupi sesuatu tentang dirinya atau keinginan untuk mendapatkan keuntungan.

Pengidap juga melakukan kebohongan yang bersifat fantasi atau tidak nyata, tetapi mythomania sama sekali tidak berkaitan dengan keuntungan dan bersifat kompulsif.

Pengidap mitomania tahu jika semua yang mereka katakan adalah palsu. Namun demikian, mereka terus menerapkan teknik ini untuk mendapatkan simpati dan menarik perhatian lawan bicaranya.

Mereka juga sering menceritakan pengalaman orang lain dan membuatnya seperti kisahnya sendiri. Meskipun dia menyadari bahwa tindakan ini dapat merusak reputasinya, pengidap tidak bisa berhenti. 

Tips Menghadapi Pengidap Mythomania

Berikut ini beberapa tips untuk menghadapi pengidap Mythomania Syndrome:

  1. Tegas

Meski membuat frustrasi saat berkomunikasi dengan pengidap, penting untuk tidak membiarkan kemarahan menguasai diri. Jika sudah tidak tahan dengan kebohongan yang mereka katakan, bersikaplah tegas.

  1. Jadilah Suportif

Ingatkan pengidap bahwa mereka tidak perlu mencoba membuat lawan bicara merasa terkesan. Beritahu juga lawan bicara bahwa mereka akan lebih menghargai ketika pengidap menjadi diri sendiri.

  1. Jangan Biarkan Mereka Lebih Jauh

Jangan biarkan mereka terus-menerus berbohong dengan karangan cerita fiktifnya. Tanyakan maksud yang pengidap katakan secara rinci. Cara ini dapat mendorong pengidap untuk menghentikan kebohongan saat itu juga.

  1. Sarankan Bantuan Medis

Sarankan mereka untuk mendapatkan bantuan medis tanpa menghakimi atau mempermalukannya. Beritahu pengidap untuk mempertimbangkan bantuan profesional, seperti psikolog atau psikiater.

Baca Juga Mengenal Istilah Hypnotherapy Melalui Drama Flex X Cop 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *