Mengenal Ragam Kuliner Khas Salatiga, Harus Dicoba!

ragam kuliner khas Salatiga
Gethuk Kethek (FOTO : travel.tribunnews.com)

Jatengkita.id – Jika berbicara tentang Salatiga, yang biasanya terpikir adalah kota transit antara Semarang dan Solo. Memang benar, mengingat kota kelahiran Gendut Doni sering dijadikan tempat singgah daripada tujuan utama. Kenali ragam kuliner khas Salatiga ini, agar jadi referensi saat mampir di sana!

Tahukah kamu, bahwa Salatiga juga menyajikan beragam hidangan lezat yang patut dicicipi?

Makanan khasnya, terutama yang berbahan dasar kacang, menawarkan pengalaman kuliner yang menarik dan tak pernah membosankan.

Yuk, simak ulasan tentang hidangan khas Salatiga yang sebaiknya kamu nikmati saat berkunjung!

  1. Enting-Enting Gepuk

Enting-enting Gepuk, sebuah kuliner khas Salatiga, Jawa Tengah, menggambarkan kelezatan yang mengakar dalam sejarah dan keunikan cita rasa.

Makanan ini terbuat dari kacang tanah yang diolah dengan teknik khusus: ditepuk atau ditumbuk hingga halus, kemudian dicampur dengan gula merah untuk memberikan cita rasa khas yang manis dan gurih.

Keberadaan enting-enting gepuk di Salatiga memiliki kisah menarik. Meskipun berasal dari pengaruh Tionghoa, hidangan ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kuliner lokal.

Proses pembuatannya yang melibatkan keterampilan khusus dan resep tradisional menjadikannya warisan kuliner yang terjaga dengan baik.

Daya tarik enting-enting gepuk tidak hanya terletak pada kelezatannya, tetapi juga sebagai oleh-oleh yang populer bagi para wisatawan yang berkunjung ke Salatiga. Setiap gigitan memunculkan kenangan akan kehangatan dan keunikan kota ini.

Keseimbangan antara kacang tanah yang renyah dan gula merah yang lezat menciptakan harmoni rasa yang memanjakan lidah. Bagi masyarakat Salatiga, enting-enting gepuk bukan sekadar makanan, melainkan bagian penting dari identitas kuliner yang mereka banggakan.

  1. Gethuk Kethek

Diberi julukan yang unik sebagai “gethuk kethek” (monyet) oleh masyarakat, jajanan getuk ini merupakan produk yang diproduksi dan dijual di Salatiga, Jawa Tengah.

Selain menjadi alternatif oleh-oleh yang menarik selain enting-enting gepuk, gethuk ini tidak berbeda jauh dengan varian yang umumnya ditemukan di berbagai lokasi.

Terbuat dari singkong yang direbus, kemudian ditumbuk bersama gula pasir dan serutan kelapa, getuk ini hadir dalam berbagai ukuran.

Lalu apa yang membuat getuk ini istimewa, sehingga pembeli bersedia antre atau melakukan pemesanan terlebih dahulu?

Keistimewaan gethuk kethek terletak pada rasa uniknya. Teksturnya lembut, hampir mirip dengan roti bagi yang baru pertama kali mencicipinya.

Kombinasi serutan kelapa dan gula pasir memberikan rasa gurih tanpa terlalu manis. Dengan warna putih, disajikan dalam ukuran sebesar jempol tangan, getuk ini lebih nikmat dinikmati tanpa tambahan apapun.

  1. Gecok Kambing

Gecok Kambing, makanan khas Salatiga, Jawa Tengah, merupakaan hidangan yang memukau dengan kelezatan dan aroma yang khas.

Gecok Tlogo Khas Tuntang, 'Jamu' Olahan Kambing yang Nikmat
Gechok Tlogo Tuntang (FOTO : Good News From Indonesia)

Hidangan ini berpusat pada daging kambing yang dimasak dengan rempah-rempah pilihan, menciptakan cita rasa yang gurih dan berbumbu. Proses memasaknya melibatkan teknik khusus yang membuat daging kambing menjadi empuk dan meresap dengan rasa rempah yang lezat.

Gecok Kambing tidak hanya sekadar sajian lezat, tetapi juga merepresentasikan kekayaan kuliner Salatiga yang terus dijaga tradisinya.

Ditawarkan di berbagai warung dan rumah makan, hidangan ini menjadi favorit warga lokal dan destinasi kuliner wajib bagi wisatawan yang ingin merasakan keunikan rasa Salatiga.

Keistimewaan Gecok Kambing terletak pada perpaduan rempah yang tepat dan keunggulan daging kambing lokal. Dengan setiap suapan, pengunjung dapat menikmati harmoni rasa yang membangkitkan selera dan menggambarkan keanekaragaman kuliner Indonesia yang autentik.

  1. Sate Sapi Suruh

Sate Sapi Suruh, sajian sate yang sangat terkenal di Salatiga, menghadirkan potongan daging sapi lembut yang disertai dengan saus kacang berkesan dan rempah gurih.

Diah Didi's Kitchen: Sate Sapi ala Sate Suruh Salatiga

Keistimewaan Sate Sapi Suruh terletak pada metode memasaknya menggunakan arang, memberikan cita rasa unik dan aroma yang memikat.

Umumnya disajikan dengan lontong, potongan bawang merah, dan sejumput timun segar, hidangan ini mengundang untuk merasakan kenikmatan makan malam khas Salatiga melalui kesempurnaan Sate Sapi Suruh yang lezat ini.

  1. Ronde Sekuteng

Ronde sekuteng merupaka  hidangan khas Salatiga, memukau dengan kehangatan dan kelembutan cita rasanya. Terbuat dari bola-bola ketan berisi pasta kacang yang lezat, ronde ini disajikan dalam sekuteng berisi kuah jahe yang harum.

Selain rasanya yang memanjakan lidah, Ronde Sekuteng juga memiliki nilai tradisional yang tinggi, mencerminkan kekayaan budaya Salatiga.

Hidangan ini sering menjadi pilihan yang hangat dan menghibur, terutama di musim hujan. Dengan setiap suapan, Ronde Sekuteng tidak hanya memuaskan selera, tetapi juga mengundang kenangan akan cita rasa autentik kota ini.

Inilah berbagai hidangan khas Salatiga yang patut dicicipi. Segera eksplorasi seluruhnya ketika Anda berkesempatan, karena setiap makanan membawa kenikmatan dan kelezatan yang unik.

Kota ini menawarkan pengalaman kuliner yang kaya, mulai dari Gecok Kambing dengan rempah-rempah khasnya hingga Sate Sapi Suruh yang dibakar dengan arang, memberikan rasa yang menggugah selera.

Jangan lewatkan juga Ronde Sekuteng, bola ketan  dalam kuah jahe yang hangat, memadukan kelembutan dan cita rasa manis.

Menjelajahi makanan khas Salatiga bukan sekadar perjalanan rasa, tetapi juga petualangan kuliner yang menggambarkan keanekaragaman dan kekayaan tradisi kota ini. Pastikan untuk meresapi setiap hidangan demi merasakan keindahan kuliner autentik yang ditawarkan Salatiga.

Baca Juga Unik dan Enak! Ini 10 Makanan Khas Bumi Kartini

Writer: Laila InsiyahEditor: Ida HP

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *