MRB Semarang Sembelih 15 Sapi, Ada Dari Presiden Jokowi

MRB Sembelih 15 Sapi, Ada Dari Presiden Jokowi
Presiden Jokowi dan istrinya menyapa warga (Foto : arsip Jatengkita.id)

Jatengkita.idMasjid Raya Baiturrahman (MRB) Kota Semarang menggelar salat Idul Adha di lapangan Simpang Lima pada hari Senin (17/06/2024). Warga sekitar datang memenuhi lokasi karena Presiden Jokowi dan istrinya juga ikut serta salat Id disana.

Seusai salat, Presiden Jokowi menyerahkan sapi kurban kepada pihak Masjid Raya Baiturrahman secara simbolis.

Menurut pihak pengelola masjid, jenis sapi Presiden Jokowi adalah Limousin yang didatangkan dari Wonogiri. Beratnya mencapai 1.4 ton dan usianya kurang lebih sudah lima tahun. 

“Sapinya jenis unggul. Beratnya 1.4 ton dan usia kurang lebih lima tahun,” ujar Kabag Rumah Tangga Masjid Raya Baiturrahman Kota Semarang, Ahmad Setiawan saat ditemui seusai salat id pada hari Senin (17/06/2024).

Tahun ini, MRB menyembelih sapi sebanyak 15 ekor dan kambing sekitar 48 ekor. Penyembelihan dilakukan pada hari tasyriq, yaitu 18 Juni 2024 di Masjid Islamic Center. 

“Kita mempunyai 15 sapi atau kerbau, kurang lebih 48 kambing yang akan disembelih di hari Selasa di Masjid Islamic Center,” paparnya.

Nantinya, daging-daging kurban ini akan dibagikan kepada beberapa lembaga dan masyarakat yang berhak menerimanya.

“Untuk pembagiannya nanti ada ke lembaga sosial, panti asuhan, lembaga pemasyarakatan, dan masyarakat yang datang kesini. Dan para fakir miskin dhuafa yang tiap tahunnya sekitar 2000 orang,” jelasnya.

Presiden Jokowi memilih Masjid Raya Baiturrahman Kota Semarang karena bertepatan dengan kunjungan kerja disana. Ia didampingi istrinya, Iriana Jokowi.

Beberapa pejabat juga turut hadir seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono dan Ketua KPU RI Hasyim Asyari yang juga bertindak sebagai khatib hari ini.

Adapun tema yang disampaikan adalah Kurban sebagai ujian keimanan. Selain itu, PJ Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana juga ikut membersamai.

Usai salat, Presiden Jokowi menyapa warga dan membagikan bingkisan dan kaos secara acak.

Baca juga : Special! 10 Resep Olahan Daging Sapi dan Kambing Saat Idul Adha

Rekomendasi untuk anda : Ditemani Menteri PUPR dan Pj Gubernur Jateng, Jokowi Sholat Idul Adha di Masjid Baiturrahman Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *