Muncul Bercak Putih Pada Coklat, Amankah Dikonsumsi?

image source: truffle witch

JatengKita.id- Coklat hampir selalu jadi kudapan favorit. Kombinasi rasa yang pas antara pahit, manis dan sedikit asam membuat coklat cocok untuk dijadikan pelengkap maupun perasa aneka olahan dessert hingga minuman.

Saat menyimpan coklat batangan, tak jarang kita mendapati bercak putih halus hingga cenderung kasar pada permukaan coklat. Terkadang bercak tersebut meliputi hampir seluruh permukaan, membuatnya terlihat seperti lapisan jamur putih. Sebenarnya apa yang sih yang terjadi pada coklat?

Mengapa Muncul Bercak Putih?

Bercak putih pada coklat biasa disebut sebagai chocolate blooming. Fenomena ini umum terjadi pada coklat diolah atau disimpan dengan cara yang kurang tepat. Kondisi yang umum terjadi adalah, coklat berada pada lingkungan yang lembab.

Meski biasa terjadi karena kondisi lembab, bukan berarti bercak tersebut adalah jamur. Saat coklat berada di lingkungan lembab, air yang muncul pada permukaan cokelat yang lembap akan melarutkan gula dalam cokelat. Kemudian, saat air tersebut menguap, gula yang sudah larut akhirnya akan mengkristal dan mengendap pada permukaan cokelat.

Kristal itulah yang kemudian menjadikan permukaan coklat memiliki bercak putih yang jika diraba seperti debu. Sementara itu perubahan suhu mendadak seperti dari kulkas ke suhu ruang juga akan menimbulkan gejala serupa. Kondisi pengendapan dan pengkristalan gula tersebut biasa disebut ‘sugar bloom

Selain karena gula yang mengkristal, ternyata bercak putih juga bisa disebabkan oleh endapan lemak karena proses tempering atau melelehkan yang kurang tepat. Namun bercak putih akibat endapan lemak.

Adakah efek saat dimakan?

Coklat dengan bercak putih masih sangat layak dikonsumsi asal tidak mengeluarkan bau tak sedap ataupun kadaluarsa. Satu-satunya efek yang mungkin terasa adalah cita rasa yang sedikit berubah. Profil rasa dari cokelat menjadi kurang padu, karena gula, lemak, serta serat kakao menjadi tidak seimbang.

Tips dan Trik

Sebaiknya coklat disimpan dalam wadah atau tempat kering dengan suhu ruang yang berkisar antara 18 sampai 20 derajat selsius. Selain itu sebaiknya coklat tidak disimpan dalam kurun waktu yang lama.

Jika sudah terlanjur terbentuk bercak putih di permukaan coklat, lakukan tempering atau pelelehan dengan suhu yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *