Nikmat Pedas Gurih Bakso Uleg Temanggung

by
sumber : jateng.tribunnews.com
sumber : jateng.tribunnews.com

Siapa yang tidak kenal Bakso ? lidah masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah sudah cukup mafhum  dengan makanan berkuah satu ini. Bahkan kalau kita berkunjung kesuatu kota di Jawa Tengah sudah dipastikan makanan yang berbahan baku daging ini dijajakan sebagai jajanan khas. Di Jawa Tengah ada satu kota kecil yakni Kota Temanggung yang menyajikan olahan bakso dengan sangat khas dan berbeda dengan bakso pada umumnya.  Namanya Bakso Uleg.  Dinamakan bakso uleg bukan karena baksonya yang diuleg, tapi karena cabe rawit yang diuleg dalam mangkok sebelum bakso disajikan.

sudah menjadi keumuman bagi para chief  Bakso Uleg Temanggung mendaulat Cabai rawit sebagai cabai ulegan. Konon, ulegan cabai rawit dalam mangkok inilah yang menjadi ciri khas bakso tersebut.

Berbeda dengan bakso pada umumnya yang disajikan lengkap dengan kuah segar, mie kuning atau bihun, dan tahu. Sebelum bakso Uleg disajikan, abang tukang bakso akan terlebih dahulu menghaluskan cabai (diuleg) di dalam mangkuk bakso. Cabainya pun bukan sembarang cabai, sudah menjadi keumuman bagi para chief  Bakso Uleg Temanggung mendaulat Cabai rawit sebagai cabai ulegan. Konon, ulegan cabai rawit dalam mangkok inilah yang menjadi ciri khas bakso tersebut.

sumber : Istimewa.

Kemudian menyusul bakso dimasukkan kedalam mangkok, baru setelah itu penjual akan menyiram bakso dan ulegan cabai rawit dengan kuah. Tak lupa irisan daun seledri juga bercampur dengan sajian bakso uleg. Penyajiannya pun tak perlu repot menggunakan mie kuning dengan segala ubo rampenya, irisan tahu dan irisan ketupat yang dicampur bersama bakso dalam mangkuk berisi kuah panas ini sudah cukup menjadi pelengkap hidangan.

cuaca Temanggung yang sejuk-sejuk manja menambah kenikmatan sensasi hangatnya kuah bercampur pedas menelusuri kerongkongan hingga lambung.

Soal rasa jangan ditanya, sekali anda menyeruput kuahnya, sensasi pedas gurih  mencengkram indra perasa anda. Rasa pedas alami membuat anda ketagihan untuk terus menyeruput kuahnya. Wangi irisan daun seledri yang bercampur bersama kuah semakin menambah nikmatnya Bakso Uleg ini. Apalagi didukung cuaca Temanggung yang sejuk-sejuk manja menambah kenikmatan sensasi hangatnya kuah bercampur pedas menelusuri kerongkongan hingga lambung. Ditambah baksonya yang padat daging, sekali gigit rongga mulut akan memberitahu bahwa komposisi dagingnya lebih banyak daripada tepungnya. Semakin mengunyah semakin kuat citarasa dagingnya. Belum lagi irisan kupat dan tahunya yang sekali emplok terasa Temanggung banget.

Bagi yang tidak terlalu suka pedas, jangan khawatir. Anda cukup request  kepada sang penjaja olahan daging yang berasal dari tanah Tiongkok ini untuk mengurangi jumlah cabai yang bakal diuleg. Sebaliknya, bagi anda yang sangat gandrung terhadap rasa pedas, anda bisa meminta si abang tukang bakso  untuk menambah kuantitas cabe. Tentunya sesuai selera. Harganya pun pas di kantong, satu bakso uleg komplit dengan cabai sesuai selera hanya dihargai sekitar Rp. 11.000,00 saja. Harga segitu sudah cukup memuaskan lidah kita dan dijamin minim penyesalan.

Untuk mencari spot bakso uleg sesuai dengan citarasa diatas tidak cukup sulit. Ada beberapa kios bakso yang cukup recomended. Seperti Bakso Lombok Uleg Pak Di yang terletak di Kelurahan Jampiroso Jalan Jenderal Sudirman Temanggung. Bakso Lombok Uleg Pak Di ini juga sudah membuka cabang dibeberapa kota di Jawa Tengah termasuk Provinsi D.I Yogyakarta. Selain itu ada juga Bakso Mbak Susi yang terletak  di jalan kosasih, kauman Parakan. Serta Bakso Uleg Nawang yang terletak di Kowangan Temanggung. Sebenarnya masih banyak spot lezat untuk menikmati bakso uleg ini. Anda Penasaran ? Ayok kapan ke Temanggung bareng ? jeng jeng Kuliner menikmati Bakso Uleg Temanggung.

About Author: Yuniar Kustanto

Gravatar Image
Mencintai Jawa Tengah sebagai bagian dari karunia Tuhan YME.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *