Nikmatnya 7 Kuliner Khas Boyolali, Dijamin Nagih!

Sambal Tumpang - Kuliner Khas Boyolali
Sambal Tumpang - Kuliner Khas Boyolali (FOTO : Kompas.com)

Jatengkita.id – Boyolali merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.  Kota ini selain populer dengan kota penghasil susu, dikenal juga dengan kota dengan kuliner yang lezat. Berikut ini kuliner khas Boyolali yang bikin nagih!

Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 1.015,08 kilometer persegi dan berbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya di Jawa Tengah.

Seperti Kabupaten Karanganyar di sebelah utara, Kabupaten Sukoharjo di sebelah timur laut, Kabupaten Klaten di sebelah timur, dan Kabupaten Magelang di sebelah barat.

Boyolali memiliki topografi yang beragam, mulai dari dataran rendah hingga pegunungan, dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk.

Boyolali Regency - Wikipedia

Salah satu landmark alam yang terkenal di Boyolali adalah Gunung Merapi, gunung berapi yang terletak di perbatasan Kabupaten Boyolali dengan Kabupaten Magelang.

Makanan khas merupakan sajian yang menjadi ciri khas dari suatu daerah atau budaya tertentu. Setiap makanan khas biasanya memiliki cita rasa, bahan-bahan, dan cara penyajian yang unik dan menggambarkan identitas kuliner dari tempat tersebut.

Melihat 4 Keunikan Boyolali, 'Selandia Baru-nya' Jawa Tengah

Sama halnya dengan Boyolali, daerah ini juga memiliki makanan khas yang tak kalah menarik dengan daerah lainnya. Berikut ini adalah beberapa maknan khas Boyolali yang wajib banget kalian cobain.

  1. Soto Daging Bening

Nama “Soto Seger” menggambarkan kuah yang bening dan rasa gurih yang menyegarkan. Di Boyolali, banyak orang membuat soto segar dengan kobis.

Ada juga yang terbuat dari ayam atau daging sapi. Ada juga yang disajikan dengan acar mentimun.

Resep Soto Daging Bening Kuliner Khas Boyolali oleh Reni Nuraini - Cookpad

Baik soto ayam maupun soto daging dengan kuah bening memiliki rasa yang berbeda. Soto ayam disajikan dengan soun, ayam suwir, seledri, dan taburan bawang merah goreng.

Namun, soto daging menggunakan daging, seledri, dan bawang merah goreng. Tidak peduli apakah itu disajikan dalam mangkuk kecil atau besar, pengunjung akan tetap kenyang dengan berbagai cemilan.

Salah satu warung soto seger yang sangat melekat namanya dengan Boyolali adalah Soto Hj. Fatimah.

Warung Soto Seger Boyolali pada awalnya dimulai oleh Hj. Fatimah pada tahun 1998. Ibu Hj. Fatimah mencoba membuka usaha warung soto untuk pertama kalinya di pojok pertigaan Jalan Pandanaran.

  1. Sambal Lethok/Sambal Tumpang

Dikenal dengan nama sambel tumpang, makanan khas Boyolali ini dapat dikategorikan sebagai salah satu kuliner ekstrim.

3 Resep Sambal Sederhana Khas Jawa yang Bikin Selera Makan Bertambah - kuliner khas Boyolali

Hal ini dikarenakan bahan dasar dari sambek Lethok ini adalah tempe bosok. Jika anda penasaran dengan sayur Sambel Lethok, mari, datang ke Boyolali dan nikmati cita rasa masakan khas boyolali.

Jika anda sering ke boyolali dan sekedar ingin merasakan sambel lethok, kalo siang hari anda akan susah menemui penjualnya.

Sejatinya sambel lethok adalah masakan pendamping bubur, yang di sajikan pas di kala pagi hari, atau lebih pas nya masakan untuk sarapan.

Tapi pada malam hari anda juga bisa mendapatkannya yaitu di jalan pandanaran boyolali, tepatnya di depan Pkpn Boyolali atau samping Perpustakaan kota.

  1. Jenang Pecel

Kuliner khas Boyolali selanjutya yakni Jenang Pecel. Berbeda dari pecel biasa, komposisinya mirip dengan pecel biasa, yang terdiri dari sayuran dengan saus kacang pedas manis.

Tahu Nggak Rek? Pecel Madiun Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan

Namun, rasanya berbeda karena dimakan dengan jenang, atau yang disebut bubur sumsum orang Boyolali.

Rasa pecel yang pedas, manis, dan gurih akan Anda rasakan saat Anda menyantap makanan yang satu ini. Tidak hanya itu, rasanya akan semakin nikmat dengan rasa jenang yang lumer di mulut.

Jika Anda ingin mencoba Jenang Pecel Boyolali, Anda harus tahu bahwa makanan legendaris ini agak sulit ditemukan.

Namun, Anda dapat menemukannya di rumah Bu Samini di Desa Karanggeneng atau di pasar tradisional Boyolali. Di sana, Anda akan menemukan makanan legendaris khas Boyolali ini.

  1. Dodol Susu

Dodol adalah kudapan khas yang cocok dijadikan oleh-oleh tidak hanya di Garut tetapi juga di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, yang terkenal sebagai penghasil susu sapi. Itu benar, namanya Dodol Susu.

Olahan dodol dari susu di Boyolali » Budaya Indonesia

Dodol adalah kudapan yang terbuat dari campuran susu sapi murni, ketan, dan gula, dan biasanya memiliki tekstur yang kenyal.

Namun, dodol ini memiliki rasa gurih susu yang seimbang dengan rasa manis. Di Dukuh Pentongan, Desa Samiran, Kecamatan Selo, ada sekelompok ibu-ibu yang langsung melakukan proses pembuatan dodol susu khas Boyolali.

  1. Tahu Susu

Seperti namanya, Anda tahu bahwa ini terbuat dari susu  itu bukan susu sembarangan tahu susu dibuat dari susu sapi pertama yang lahir.

3 Resep Praktis Olahan Tahu Susu, Lezat dan Bertekstur Lembut - Lifestyle  Liputan6.com

Seringkali, susu sapi yang baru melahirkan tidak laku dijual karena warnanya yang menguning dan baunya yang amis. Namun, faktanya, susu ini memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, masyarakat di sana mengolah susu tersebut menjadi cemilan yang lezat dan bergizi sehingga tidak terbuang sia-sia.

Rasa tahu dan susu yang unik, gurihnya tahu, dan aroma susu yang kental akan memanjakan lidah Anda.

Selain itu, tekstur tahu susu ini lebih lembut daripada tahu kedelai biasa. Jangan khawatir tentang kesehatan Anda karena susu Boyolali tidak dicampur dengan bahan lain selama proses produksinya. Kuliner ini bahkan diketahui dapat membantu orang yang menderita hipertensi.

  1. Mentho

Pada masa lalu, mentho, makanan khas Boyolali, menjadi representasi kuat dari diversifikasi makanan. Mentho, yang terbuat dari singkong, adalah salah satu olahan singkong lainnya, seperti gaplek.

Sejak tahun 1930-an, Soto Triwindu telah menyajikan mentho atau lentho bersama soto di Solo. Di Boyolali, mentho biasanya dimakan bersama sambal tumpang.

Resep Mentho camilan khas boyolali oleh feransiska - Cookpad

Orang Jawa juga menyebutnya pacitan atau adu wedang untuk teman minum the atau kopi. Karena kemudahan pembuatan mentho ini, singkong dan kacang adalah bahan utama yang sering ditanam di lingkungan Boyolali.

Mentho menunjukkan bahwa makanan lokal dapat bertahan selama berabad-abad tanpa pengembangan.

Sejarawan dan dosen Sejarah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Heri Priyatmoko mengatakan bahwa yang sederhana, kuno, dan ndesa tidak selalu kalah di meja makan.

Mentho atau lentho dibuat di beberapa desa di Boyolali. Ini termasuk Dukuh Ngancar, Desa Banyudono, Kecamatan Banyudono, dan Dukuh Karangasem, Desa Kiringan, Boyolali.

Membutuhkan teknik khusus untuk membuat mentho yang enak dan tahan berhari-hari.

Warti, produsen mentho dari Dukuh Karangasem, Desa Kiringan, mengatakan mentho digoreng dengan api yang besar dan banyak minyak. Mentho tidak mudah brangas atau gosong karena ukurannya yang besar.

  1. Jadah Bakar

Kuliner Khas Boyolali tekahir yaitu Jadah. Jadah merupakan kue tradisional yang terbuat dari beras ketan putih dan kelapa parut. Setelah dicuci, beras ketan putih direndam selama tiga jam.

Gurih dan Lembutnya Ketan dalam Jadah Bakar Khas Selo Boyolali - Inibaru  Indonesia

Kemudian, dicampur dengan kelapa parut dan garam, dan kemudian dikukus selama dua jam tambahan. Jadah bakar Selo ini unik dari yang lain.

Tidak seperti biasanya, jadah Selo dibakar dahulu sebelum disajikan. Jadah kukus dipotong kotak. Kemudian dibakar di atas tungku arang hingga bercak kecoklatan atau sedikit gosong muncul.

Proses pembakaran jadah selo unik karena dibakar di atas arang daripada di kompor gas, yang membuatnya terasa gurih.

Kemudian, jadah yang sudah dibakar disajikan dengan serundeng, yang merupakan parutan kelapa yang dimasak dengan gula jawa dan bumbu rempah lainnya.

Baca Juga Unik! Jenang Pecel, Kuliner Khasnya Boyolali 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *