Nikmatnya Kopi Santan Khas Blora

image source: Solopos

JatengKita.id- Variasi olahannya terus berkembang baik dari proses pengolahannya, maupun dari bahan kombinasinya. Tak heran, kopi selalu jadi primadona di berbagai kalangan usia. Di Nusantara sendiri, kamu bisa menemukan banyak olahan kopi unik. Salah satunya adalah kopi santan asal Blora.

Alih-alih menggunakan susu sebagai campuran sajian kopi. Masyarakat Blora justru gemar menyajikan segelas kopi dengan campuran santan. Kopi santan termausk sajian legendaris di Blora. Pasalnya telah ada dan terus eksis dari tahun 1980.

Penyajian kopi santan sangat unik, karena ternyata sama sekali tak menggunakan air melainkan santan kelapa murni. Sementara itu, air santan yan digunakan haruslah segar. Oleh karena itu, lazim bagi penjual kopi untuk memarut kelapa sesaat setelah kopi dipesan. Hal tersebut dimaksudkan untukĀ  menjamin cita rasa gurih santan dan menghindari rasa asam yang timbul karena basi.

Menariknya lagi, campuran kopi, gula, dan santan tadi bukannya diseduh, melainkan direbus sambil terus diaduk agar santan tidak pecah. Rebusan kopi dan santan pada akhirnya menghasilkan warna coklat terang persis seperti kopi susu. Saat didinginkan-pun akan muncul endapan berupa lapisan putih kekuningan di dasar gelas.

Cita rasa kopi santan juga tak kalah unik. Saat diseruput, Sedulur akan langsung merasakan paduan pahit, manis, sekaligus gurih khas santan kelapa.

Jika Sedulur tertarik mencoba minuman legendaris satu ini dan kebetulan sedang berada di kawasan sekitar Blora, ada baiknya Sedulur mampir ke Warung Kopi Santen Mbah Sakijah di Jepangrejo. Pasalnya, warung kopi tersebut adalah penemu resep kopi santan lho lur!. Saat ini usaha Warung Kopi Mbah Sakijah diteruskan oleh generasi ke-tiga Mbah Sakijah.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *