Olahraga yang Efektif Bakar Lemak di Tubuh

Renang, salah satu olahraga yang efektif membakar lemak (dok. fgcuathletics.com)

Jatengkita.id – Olahraga menjadi kegiatan yang rutin dan wajib oleh sebagian orang. Olahraga juga bisa dijadikan sebagai cara jitu dalam menurunkan berat badan bagi beberapa kalangan.

Meskipun ada sebagian orang yang juga malas berolahraga, namun semua orang tentu sudah mengetahui manfaat olahraga bagi kesehatan, sehingga banyak pula yang benar-benar rajin menerapkannya.

Apalagi bagi mereka yang sedang menerapkan program diet, olahraga menjadi hal yang penting karena sangat dibutuhkan. Gerakan olahraga yang baik akan menghasilkan manfaat yang bagus untuk tubuh.

Selain dapat menyehatkan tubuh, gerakan olahraga yang mampu menghilangkan banyak kalori akan membuat tubuh menjadi langsing. Tentunya memiliki tubuh yang sehat dan proporsional menjadi dambaan setiap orang.

Ingin Bakar Kalori Lebih Banyak? Konsumsi Makanan Ini Sebelum Olahraga

Ada banyak gerakan olahraga yang sederhana dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, sehingga tidak perlu pergi ke tempat gym atau meminum obat-obatan tertentu.

Semakin rutin berolahraga akan semakin banyak kalori yang dibakar, maka akan semakin berkurang lemak yang ada di tubuh kita. Bagi orang-orang yang hobi berolahraga sudah pasti memiliki sistem metabolisme yang lebih baik ketimbang yang jarang berolahrga.

Sistem metabolisme yang baik tersebut akan membuat berat badan stabil karena tubuh mencerna makanan dengan baik sehingga tidak menumpuk menjadi lemak yang berlebih.

Apalagi seiring dengan pertambahan usia, kemampuan sistem metabolisme akan mudah menurun. Sehingga melakukan kegiatan seperti olahraga yang rutin dapat menyehatkan badan dan juga mengembalikan kerja metabolisme pada tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk melatih serta membentuk tulang dan otot yang kuat.

Nah, bagi kamu yang hobi olahraga atau sedang menjalankan program diet dan ingin menghilangkan sebagian lemak, berikut adalah deretan kegiatan olahraga yang ampuh membakar lemak pada tubuh.

  1. Berlari

Lari menjadi salah satu pilihan dari sekian banyak olahraga yang bisa dimanfaatkan oleh semua kalangan baik itu anak-anak, remaja hingga orang dewasa untuk menjalankan aktivitas olahraga.

5 Manfaat Olahraga Lari Untuk Kesehatan Tubuh | Bank Danamon

Selain karena kemudahannya, kegiatan olahraga seperti lari memang terbilang gampang dan juga murah, tanpa mengeluarkan banyak biaya, kamu bisa melakukan kegiatan berlari di mana saja sesuka hati.

Manfaat dari olahraga lari ini juga cukup banyak salah satunya yaitu mampu membakar lemak. Jenis olahraga ini memang sangat baik dalam membakar kalori paling banyak dalam waktu yang singkat.

Bukan hanya membakar banyak kalori saja, gerakan dalam berlari juga dapat meningkatkan kecepatan dan intensitas agar memberikan penurunan tubuh yang signifikan.

Lari dapat dilakukan dimana saja baik di ruang terbuka, di atas treadmill, atau bahkan hanya dengan menaiki tangga di dalam rumah.

Olahraga jenis satu ini memang mudah dan praktis karena tidak membutuhkan banyak alat-alat olahraga, kamu hanya perlu berlari sampai mengeluarkan banyak keringat.

Olahraga lari juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh, baik untuk kesehatan fisik maupun untuk kesehatan mental. Rutin melakukan olahraga lari, bahkan terbukti dapat meningkatkan peluang bagi kesehatan tubuh dan umur panjang.

Berlari sebagai jenis olahraga yang mudah tentunya sudah sangat populer dan setiap orang setidaknya pasti pernah melakukan aktivitas olahraga berlari sepanjang hidupnya.

Tidak hanya dilapangan, olahraga dengan cara berlari bisa dilakukan di tempat mana saja, juga membantu menurunkan dan menjaga berat badan yang ideal dengan membakar lemak lebih cepat.

  1. Berenang

5 Manfaat Olahraga Renang untuk Kesehatan - ANLENE

Bagi sebagian kalangan renang adalah olahraga yang sangat mengasikkan. Renang merupakan olahraga yang dilakukan di dalam air, dengan menggerakkan tubuh (tangan dan kaki) agar tidak tenggelam.

Saat berenang, seluruh tubuh mendapatkan latihan bahkan sejak menginjak air. Hal ini karena tubuh melawan gravitasi, jadi otot bekerja lebih keras agar dapat bertahan tanpa istirahat hingga keluar dari air.

Diketahui bahwa olahraga ini sudah ada sejak zaman dahulu, olahraga renang juga termasuk salah satu jenis olahraga air yang banyak digemari.

Renang juga dikenal kaya akan manfaat bagi tubuh. Bahkan dalam beberapa kondisi olahraga renang juga berfungsi sebagai terapi penyembuhan suatu penyakit.

Selain itu, olahraga renang selama satu menit dapat membakar 14 kalori. jika kalian secara rutin melakukan olahraga renang, maka berat badan bisa mengalami penurunan yang signifikan.

  1. Bersepeda

5 Tips Jalur Bersepeda Supaya Gowesmu Aman dan Nyaman

Bersepeda menjadi salah satu bentuk olahraga yang sedang naik daun belakangan ini. Siapa saja bisa menggunakannya tanpa memandang jenis kelamin maupun usia, olahraga bersepeda memiliki banyak peminatnya.

Olahraga dengan cara bersepeda tentu menggunakan sebuah tenaga, sehingga hal ini menjadi cara untuk bisa membakar banyak kalori pada tubuh.

Saat bersepeda, tubuh akan secara maksimal menggerakkan seluruh otot dan menghasilkan keringat. Olahraga bersepeda dapat dilakukan di luar ruangan atau di dalam ruangan menggunakan sepeda stasioner.

Bersepeda mampu membakar banyak kalori karena dilakukan dengan cara mengayuh. Selain itu, bersepeda dengan kecepatan tinggi dapat membakar hingga 1.000 kalori per jam. Olahraga bersepeda mudah dilakukan dan juga minim risiko cedera, oleh karena itu bersepeda adalah salah satu olahraga favorit.

  1. Angkat Beban

7 Cara Olahraga Angkat Beban yang Benar dan Aman

Bagi kalian penyuka olahraga berat, maka olahraga angkat beban termasuk jenis olahraga yang sering kali dijadikan pilihan terbaik untuk membentuk tubuh dan membakar lemak ditubuh.

Selain itu, olahraga jenis ini juga efektif untuk membentuk otot, latihan beban juga memiliki manfaat untuk membantu membangun tulang yang kuat dan meningkatkan metabolisme serta energi.

Olahraga angkat beban termasuk latihan ketahanan yang sangat baik untuk penurunan berat badan dan kemungkinan besar menghilangkan lemak-lemak di dalam tubuh.

Saat latihan beban, pembangunan otot dapat membantu untuk meningkatkan metabolisme sehingga berat badan bisa menurun. Jumlah kalori yang terbakar dalam satu jam latihan berkisar antara 360-500 kalori.

Angkat beban ini juga sebenarnya memiliki beragam manfaat lain bagi kesehatan, olahraga angkat beban ini dapat dilakukan di gym maupun di rumah.

Sesuai namanya, olahraga angkat beban merupakan jenis olahraga yang fokus pada penggunaan beban, baik itu beban tubuh sendiri maupun dengan menggunakan alat bantu.

Latihan beban dirancang untuk melatih otot-otot di tubuh, seperti lengan, otot dada, bahu, punggung, kaki, paha, betis, dan juga pantat, sehingga olahraga yang satu ini juga bisa dikatakan dapat menciptakan hasil yang bagus pada tubuh.

  1. Joging

Serupa tapi tak sama, olahraga yang satu ini bagi sebagian orang mungkin masih belum mengenal perbedaan keduanya, sehingga kedua olahraga yaitu jogging dan lari dianggap sama. Padahal, keduanya merupakan aktivitas yang sedikit berbeda.

Olahraga Mana yang Bantu Cepat Turunkan Berat Badan, Lari atau Joging?

Selain dari kecepatannya, jogging dan lari dapat dibedakan dari beberapa faktor penentu. Misalnya olahraga lari, membutuhkan langkah yang lebih banyak dan panjang, sedangkan olahraga  jogging ditandai dengan gerakan atau langkah kecil.

Jika lari membutuhkan lebih banyak usaha dari otot, jantung, dan paru-paru, maka jogging hanya melakukan langkah kecil dan lebih santai. Jogging terbukti dapat membakar lemak berlebih di bagian perut. Kamu bisa melakukan olahraga joging selama 20-30 menit sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

  1. Yoga

Kelas & Latihan Yoga Di Indonesia | Gentle Flow Yoga | Fitness First ID

Yoga adalah salah satu aktivitas olahraga yang menyehatkan dan ditujukan untuk segala kalangan usia, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia.

Olahraga yoga mengandung banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan baik secara fisik maupun mental, seperti menjaga kesehatan jantung, paru-paru, mengatasi stres, depresi, hingga gangguan kecemasan. Yoga sendiri merupakan olahraga yang mengombinasikan antara pikiran dan juga tubuh.

Olahraga ini telah dilakukan sejak zaman dahulu. Beragam gaya yoga menggabungkan postur fisik, teknik pernapasan, dan meditasi atau relaksasi.

Yoga juga termasuk kedalam olahraga yang banyak peminatnya, sebab pada gerakan-gerakan yoga ini ada banyak kalori yang dapat dibakar dengan rutin melakukannya.

Seseorang yang memiliki berat badan berlebih dapat membakar kalorinya melalui aktivitas olahraga seperti yoga, sementara wanita yang memiliki obesitas mampu mengecilkan lingkar perutnya setelah melakukan sesi yoga 90 menit setiap minggu. Tidak hanya kesehatan fisik saja yang didapat dari olahraga yoga ini, namun juga kesehatan mental.

  1. Pilates

What are the health benefits of practicing Pilates? | GQ India

Sekilas pilatis hampir mirip dengan yoga dari segi gerakannya, pilates memang hampir sama dengan olahraga yoga, tetapi sebenarnya pilates adalah jenis olahraga yang berbeda dari yoga.

Pilates adalah salah satu jenis olahraga yang melatih fisik dan berfokus pada rehabilitasi dan juga penguatan tubuh. Bagi sebagian orang ketika melihat gerakan-gerakan dalam pilates akan sangat sulit dilakukan, tetapi sebenarnya tingkat kesulitannya pun masih dapat ditoleransi.

Dari aktivitas olahraga pilates ini, dapat membakar 108 kalori, dalam kelas pilates pemula atau beginner selama 30 menit. Meskipun pilates tidak membakar lemak terlalu banyak seperti berlari, bersepeda, angkat beban ataupun berenang. Namun patut kalian coba sebagai hal baru agar aktivitas olahraga tidak dilakukan hanya itu-itu saja.

  1. Lompat Tali

Cara Bermain Lompat Tali, Sejarah, Teknik Dasar, dan Manfaatnya

Lompat tali atau skipping merupakan salah satu olahraga yang juga bisa dikatakan efektif untuk menurunkan berat badan. Olahraga lompat tali ini tentunya tidak memerlukan banyak peralatan khusus untuk melakukannya.

Cukup dengan tali dan permukaan yang rata lompat tali sudah bisa dilakukan. Olahraga lompat tali juga dapat dilakukan dimana saja, baik di ruang tertutup maupun ruang terbuka.

Lompat tali didapuk sebagai salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan ketika seseorang sedang melaksanakan program diet. Sebab, kemampuannya dalam meningkatkan detak jantung dan bisa membakar hingga 1.300 kalori per jam.

Lompat tali juga menjadi salah satu permainan tradisional di masa lalu yang disukai dan sering dimainkan oleh para anak-anak.

Olahraga lompat tali melatih kelenturan tubuh, dan tentunya sangat baik untuk kesehatan. Selain dapat membakar banyak kalori, lompat tali juga murah dan pastinya menyenangkan.

  1. Crunch

6 Manfaat Crunch Perut dan Cara Tepat Melakukannya

Crunch adalah salah satu jenis olahraga yang fokus utamanya pada gerakan perut, seperti melatih kekuatan otot perut.

Dalam gerakan Crunch memiliki otot inti yang lebih kuat akan menciptakan postur dan keseimbangan yang lebih baik, selain itu gerakan olahraga yang bermanfaat untuk menguatkan tubuh.

Jenis olahraga yang satu ini juga sangat terjangkau karena dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Selain untuk melatih gerakan perut, manfaat gerakan crunch juga mampu untuk membantu dalam membakar kalori pada tubuh.

Sehingga melalui olahraga ini dapat membantu kamu mendapatkan tubuh yang ideal. Gerakan-gerakan crunch seperti dengan membaringkan punggung di lantai, kemudian lututnya ditekuk, pegang belakang kepala dengan longgar lalu gerkakan perlahan-lahan.

Manfaat gerakan crunch yang lainnya yaitu untuk meningkatkan ketahanan tubuh. Peran utama perut pada gerakan crunch adalah menstabilkan bagian tengah tubuh. Hal ini termasuk membantu menjaga postur yang baik, sehingga mendukung kamu ketika mengangkat barang atau benda berat.

  1. Sit Up

Begini Cara Melakukan Sit Up yang Benar Bagi Pemula

Sit up menjadi jenis olahraga yang juga mengfokuskan pada gerakan tubuh, cara melakukan sit up sebenarnya sangat mudah, tidaklah sulit untuk dilakukan.

Jadi olahraga jenis ini juga termasuk olahraga yang tidak ribet, meskipun bagi sebagian orang sit up dianggap sebagai olahraga yang agak ribet. Sebab, jenis olahraga yang satu ini memang harus dilakukan dengan cara yang baik dan tepat, sehingga manfaatnya didapat secara utuh.

Melakukan sit up dapat membantu membakar kalori yang ada pada perut. Apalagi jika kamu rutin melakuknya, pasti hasilnya akan sangat terlihat.

Cara melakukan sit up adalah posisi tubuh dan tangan harus benar, hingga gerakan mengangkat badan ke lutut dengan benar. Melalui cara yang benar ini, maka manfaat dari jenis olahraga sit up bisa didapat secara maksimal.

Gerakan sit up adalah aktivitas olahraga yang memiliki segudang manfaat, terutama untuk mengencangkan otot-otot perut sehingga akan terlihat proposional dan rata.

Selain untuk melatih otot perut, jenis olahraga yang satu ini juga bisa membantu melatih otot dada, panggul, pinggang bawah, dan juga leher. Manfaat lain dari sit up yaitu meningkatkan massa otot, memperbaiki keseimbangan tubuh, dan memperbaiki postur tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *