Pansus Retribusi Konsultasi ke Kemendagri

by
BAHAS RAPERDA. Pansus Retribusi DPRD Jateng berkunjung ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). (Foto: Set. DPRD)

JAKARTA – Panitia Khusus (Pansus) Retribusi DPRD Jateng berkunjung ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (1/11/2018). Rombongan Pansus didampingi Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Jateng Ikhwan Sudrajat, perwakilan dari Dinas Perhubungan Jateng dan Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng, diterima oleh Kasubdit Wilayah III M Priyono di Gedung F lantai III.

Menurut Ketua Pansus Hasan Asyari, kunjungan tersebut untuk konsultasi dan finalisasi draft Raperda Retribusi agar dapat diundangkan sebagai Perda Retribusi yang baru.

Menanggapi hal itu, M Priyono mengatakan, setelah membaca draft Raperda Retribusi yang disampaikan Pansus, dari pasal-pasal maupun batang tubuh Raperda itu juga beserta lampirannya, tidak ada masalah yang prinsip.

Hanya saja dia memberi saran, mengingat retribusi itu adalah pelayanan publik, maka harus memudahkan masyarakat yang membayar jasa pelayanan yang diselenggarakan pemerintah.

Karena itu dia menyarankan, khusus retribusi dari izin trayek yang berlaku lima tahun (pada lampiran Raperda) agar ditentukan beayanya dan digabung sekaligus di awal. “Sehingga masyarakat tidak perlu membayar retribusinya setiap tahun,” sarannya. (Adv)

About Author: rakamsi

Gravatar Image
bermanfaat, atau hilang tanpa nama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *