Pantai Cipta, Mutiara Tersembunyi di Semarang

by

SEMARANG, Jatengkita.id – Mau liat pantai di Semarang? Sangat bisa sekali sob. Sebab kota ini berbatasan dengan laut JAwa di sebelah utara. Jadi di Semarang ada sejumlah pantai yang kalian bisa singgahi. Pantai Jawa memang kurang menarik karena kebanyakan mempunyai pesisir cokelat atau hitam. Tapi ombaknya lebih tenang dibanding dengan pantai selatan.

Pantai-pantai yang ada di Kota Semarang juga memiliki karakteristik demikian. Sebagian besar pantainya merupakan pantai landai. Nah buat kalian yang lagi berlibur atau mampir di Kota Semarang, selain mengunjungi bangunan-bangunan kuno di Kota Lama bisa tuh pagi hari atau sore hari jalan-jalan ke salah satu pantainya. Umumnya pantai di Kota Semarang memang dijadikan spot nongkrong pada pagi dan sore hari, selain suasananya lebih teduh juga pemandangan sunrise dan sunset menghadirkan pemandangan yang istimewa.

Sekurangnya ada delapan destinasi pantai di Kota Semarang. Destinasi tersebut yaitu Pelabuhan Tanjung Emas, Pantai Marina, Pantai Baruna, Pantai Cipta, Tambak Lor, Pantai Maron, Pantai Tirang, dan Pantai Bandengan.

Kali ini, kita akan coba mengulas salah satu pantai dari kedelapan destinasi tersebut.

Pantai Cipta

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Baruna memiliki pilihan pantai lain setelah puas berburu objek fotografi. Pantai tersebut bernama Pantai Cipta. Lokasi pantai ini memang bersebelahan dengan Pantai Baruna namun pintu masuk ke pantai ini berada di jalur yang berbeda. Pantai Cipta bisa diakses dengan melewati terminal peti kemas di dekat pelabuhan Tanjung Mas.

Karena letaknya yang berada di belakang terminal peti kemas maka terkadang Pantai Cipta dijuluki pula dengan Pantai Peti Kemas. Yang menarik dari pantai ini selain bisa melihat pemandangan kapal peti kemas bersliweran, wisatawan yang berkunjung sore hari juga akan disuguhi pemandangan matahari terbenam yang menawan. Maka buat penggila fotografi tidak ada salahnya berkunjung ke Pantai Cipta ini.

Untuk sampai sana, sayangnya belum ada petunjuk arah menuju ke Pantai Cipta. Hanya saja yang terpenting darimanapun akses jalan Anda, untuk sampai ke pantai ini perlu melewati Jalan Arteri. Silahkan susuri jalan arteri hingga sampai ke terminal peti kemas. Akan lebih mudah jika Anda sudah sering melewati Jalan Arteri atau setidaknya mengetahui letak terminal peti kemas. Namun jika Anda kebingungan, maka ketika berada di Jalan Arteri (sekitar PT Tanah Mas atau Bea Cukai) Anda dapat coba tanyakan ke warga sekitar dimana letak terminal peti kemas (bisa juga langsung tanya letak Pantai Cipta).

Jika biasanya pergi ke pantai adalah untuk bermain pasir, maka berkunjung ke pantai cantik ini jangan harap Anda bisa puas bermain pasir. Mungkin ada beberapa titik area pantai yang berpasir, tetapi sebagian besar memang berupa batuan. Jadi, jika Anda ingin bermain pantai harus bisa mencari area-area tertentu saja.

Meskipun demikian, pantai ini memiliki pesona yang dimiliki panati Semarang yang lainnya. Pantai ini terlihat jernih, bahkan ketika difoto airnya akan terlihat membiru. Tentunya ini akan berbeda dibandingkan dengan air dari pantai lainnya yang terlihat kecoklatan.

Hal yang yang menyenangkan ketika berada ditempat ini adalah duduk diatas batu-batu kecil ditepi pantai sembari menikmati semilir angin laut. Sesekali jika agak menepi kaki anda akan terkena gulungan ombak, terutama ketika ada kapal cargo yang hendak menepi atau ketika sore hari pas air pasang.

Kagiatan lain yang menjadi favorit di Pantai Cipta tentu saja memancing. Ada begitu banyak pemancing yang sedang menunggu umpannya disambar oleh ikan di sepanjang pantai. Bahkan ada beberapa yang dengan santainya memancing di batu yang cukup jauh dari tepi pantai (mungkin ga takut tenggelam).

Bukan hanya tidak berpasir, tapi pantai yang satu ini memiliki padang ilalang. Ini menjadi satu hal unik yang pastinya sangat jarang ditemukan dari pantai lainnya. Karena umumnya di pantai Anda akan disuguhi dengan pemandangan pohon nyiur yang melambai-lambai begitu tingginya. Tetapi berada di Pantai Cipta akan membuat Anda bersantai ditemani ilalang yang melambai-lambai tidak kalah tingginya dengan tinggi badan Anda.

Nah yang terkhir ini, bagi kalian yang suka berburu foto tempat ini sangat rekomendasi untuk spot sunset.

About Author: Pratama Widodo

Gravatar Image
Bercerita lewat gambar dan tulisan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *