Pantai Pasir Kencana Pekalongan

by

 

Sumber : http://tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Bagi anda yang bosan ke pegunungan bisa coba berkunjung ke objek wisata Pekalongan yang satu ini, Pantai Pasir Kencana. Obyek Wisata Pantai Pasir Kencana merupakan Obyek Wisata Utama yang dimiliki Pemerintah Kota Pekalongan. Terletak berbatasan dengan Tempat Pelelangan Ikan atau Pelabuhan Perikanan Nusantara di Pantai Utara Jawa, dengan jarak tempuh 4,5 Km dari kota / stasiun kereta api. Lluas lahan pantai ini adalah 1,5 Hektar. Jaraknya jika berangkat dari kota Pekalongan tidak terlalu jauh, jadi Anda tak perlu terlalu khawatir, kurang lebih membutuhkan waktu hanya 20 menit.

Obyek Wisata yang dikelola oleh Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pekalongan, ini dibuka untuk umum dari jam 06.00 wib – 21.00 wib. Fasilitas yang tersedia adalah mainan anak-anak dan taman bermain, panggung terbuka, koleksi satwa, bangku dan taman untuk bersantai, Becak Air, Cafe/ warung makan, Musholla, toilet dan Kamar Mandi Bilas, serta lahan parkir.

Obyek Wisata lain yang ada disekitar Pantai Pasir Kencana adalah adanya Krematorium, Pura dan tambak-tambak ikan serta Aquarium Ikan Laut yang ada di Pelabuhan Perikanan. Disini pengunjung dapat bersantai sambil menyaksikan matahari terbit / terbenam, aktivitas nelayan dan perahunya, bermain di taman, memancing, olah raga pantai atau sekedar menghirup udara pantai yang segar.

Jembatan Cinta Pantai Pasir Kencana. Sumber : http://tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Pengunjung biasanya paling banyak datang pada hari Minggu / Libur dan hari Jum’at pagi. Setiap pengunjung wajib membayar tiket masuk dengan harga sebesar Rp. 1.100,00 (hari biasa) ; Rp. 1.600,00 (hari Munggu/Libur) dan Rp. 2.100,00 (Malam Minggu) serta untuk semua tiket sudah termasuk Asuransi

Pasir Kencana merupakan pantai yang layak dikunjungi karena beberapa alasan, pantainya bersih, pesona panorama matahari tenggelam yang mempesona, dan keindahan alam pantainya yang menenangkan jiwa. Bahkan di dekat pantai pasir kencana pekalongan, jawa tengah ini juga ada beberapa tempat menarik, yang wajib dikunjungi. Pantai Pasir Kencana hanyalah satu diantara pantai indah lain di Pekalongan. Tempat Wisata Pantai lain di Pekalongan misalnya Pantai Slamaran, Pantai Depok, Pantai Wonokerto dll.

Sumber : http://tempatwisatadaerah.blogspot.co.id

Pelelangan Ikan Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Ya, di dekat Pasir Kencana, Anda bisa berkunjung ke tempat pelelangan ikan, di Pelabuhan Perikanan Nusantara, Pantai Utara Jawa Tengah. Bagi Anda yang memang senang menyantap ikan dan melihat-lihat hasil tangkapan ikan, maka tempat ini adalah tempat yang tepat. Setelah bosan bermain-main di pantai.

Waktu terbaik Wisata ke Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Jika Anda hendak berkunjung atau berwisata ke tempat wisata pantai di pekalongan ini, maka waktu yang paling tepat yakni pagi hari saat langit masih belum terlihat pucat, juga sore hari ketika sudah tak terlalu panas. Walaupun memang siang hari sebenarnya juga boleh, tetapi Anda sebaiknya mengenakan topi atau pelindung dari panas. Waktu sore hari juga bagus karena sudah hampir waktunya matahari terbenam, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di pantai Pasir Kencana. Jika Anda tidak senang dengan suasana pantai yang terlalu ramai, maka hindari berkunjung saat akhir pekan, karena pada hari tersebut akan cukup padat dengan pengunjung. Belum lagi anak-anak yang berlarian. Kecuali memang Anda senang dengan suasana pantai yang cukup ramai dan mengamati aktivitas pengunjung.

 

Fasilitas di Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Di kawasan ini juga disediakan fasilitas panggung kesenian, yang digunakan untuk acara musik. Biasanya dangdut. Juga tiap Jumat Kliwon di pantai ini diadakan acara pagelaran bulanan, yang tentu saja tujuannya untuk menarik minat wisatawan. Fasilitas lainnya yakni becak air, warung makan, bangku (Dari beton), Musholla. Di pantai ini selain menikmati pemandangan, menggunakan fasilitas, juga banyak pengunjung yang mancing ikan sekaligus bersantai. Setelah Anda berenang tentu badan terasa lengket karena air laut yang mengandung garam. Mungkin Anda bertanya apakah sudah disediakan fasilitas kamar mandi atau tidak di Pantai Pasir Kencana ini. Fasilitas tersebut ada, namun untuk menggunakannya harus membayar Rp 2.000,00. Jangan lupa membawa perlengkapan mandi sendiri, karena di sana tidak sediakan.

Lokasi Pantai Pasir Kencana

Alamat pantai pasir kencana pekalongan adalah di Jl Pantai, Wonokerto, Pekalongan

 

Harga Terbaru tiket masuk ke Pantai Pasir Kencana

HTM ke Pasir Kencana Rp 2.000,00 untuk hari biasa dan Rp 5.000,00 untuk hari libur dan Minggu. Untuk malam minggu Rp 2.500,00. Harga tiket tersebut sudah include asuransi, walaupun sebenarnya asuransi ini tidak perlu. Tetapi harga tiketnya pun sudah termasuk murah, jadi semua pasti bisa berkunjung menikmati keindahan pantai ini.

Sekian artikel tentang Pantai Pasir Kencana Pekalongan dengan Jembatan Cinta. Semoga dapat membantu anda yang sedang merencanakan liburan ke Pekalongan. Selamat berlibur.

About Author: rakamsi

Gravatar Image
bermanfaat, atau hilang tanpa nama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *