Pantai Widuri Pemalang | Objek Wisata Andalan Pemalang

by
Pantai Widuri Objek Wisata pemalang

Pantai yang dikenal dengan pantai Tlincing ini merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Pemalang. Pantai Widuri menawarkan pemandangan alam pantai yang indah dan elok. Jika anda datang saat pagi hari atau sore hari, jangan lewatkan untuk menikmati pemandangan sunrise atau sunset yang mempesona.

Akses dan Lokasi

Pantai Widuri berlokasi di Desa Widuri, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Akses jalan menuju pantai Widuri sangat mudah dan lokasinya tidak jauh dari alun-alun kota Pemalang, hanya sekitar lima menit dari Alun-Alun tersebut. Jika kita berada di Alun-Alun cukup menghadap ke arah utara, disitu kita akan melihat jalan lurus menuju Pantai Widuri. Rutenya dari alun-alun kota Pemalang ke arah utara lurus sekitar 3 km. Nanti kalau sudah masuk jalan pantai akan ada pos yang meminta karcis. Jika anda masih kesulitan bisa tanya ke warga sekitar menuju pantai Widuri.

Legenda Pantai Widuri Pemalang

Nama Widuri diambil dari legenda Nyi Widuri yang merupakan seorang wanita cantik jelita yang hidup di desa tersebut yakni sekarang dikenal dengan desa Widuri. Jika anda berada di ibukota Pemalang tepatnya di alun-alun kota Pemalang coba menghadap ke arah utara nantinya akan ada jalan lurus dari depan Kabupaten sampai ke pantai Widuri. Konon, menurut cerita legenda Pemalang jalan lurus tersebut dahulunya dibuat oleh seorang Patih yang sakti dan jika diperintah Patih tersebut selalu menjawab sampun (bahasa Jawa) atau sudah terlaksana. Patih tersebut akhirnya dikenal dengan nama Patih Sampun.

Fasilitas di Pantai Widuri

Di kawasan pantai Widuri Pemalang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya Widuri Waterpark, panggung hiburan, gazebo, sirkuit balap motor, lapangan tenis, banana boat, penginapan dan lainnya.

Tiket Masuk Pantai Widuri Pemalang

Untuk bisa menikmati keindahan dan fasilitas di kawasan wisata pantai Widuri, pengunjung harus membayar tiket masuk Pantai Widuri Rp 3.000 (Senin-Jum’at) dan Rp 4.000 (Sabtu-Minggu).

Dalam Rangka Diseminasi Informasi Dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang pada Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Daerah Melalui Media Massa, Media Center Kominfo Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Peliputan Media Relations untuk mengangkat potensi-potensi yang ada di Kabupaten Pemalang. Dari sektor pariwisata, Kabupaten juga memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi yaitu kawasan wisata Pantai Widuri. Sebagai objek wisata andalan Kabupaten Pemalang, pantai Widuri dipenuhi pengunjung setiap akhir pekan dan hari libur.

Selain bisa bermain pasir di pantai, di area Pantai Widuri juga terdapat wahana bermain air Widuri Waterpark yang bisa dinikmati bersama keluarga. Harga tiket masuk Widuri Waterpark sebesar Rp 15.000/orang.

About Author: rakamsi

Gravatar Image
bermanfaat, atau hilang tanpa nama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *