Pemutus Status Lajang, Ini Beberapa Mitos Candi Prambanan

Mitos Candi prambanan
Candi Prambanan (FOTO : borobudurpark.com)

Jatengkita.id – Candi Prambanan adalah sebuah kompleks candi Hindu yang terletak di sekitar 17 kilometer sebelah timur Yogyakarta, Indonesia.

Candi ini merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang paling terkenal dan menjadi salah satu situs bersejarah yang paling penting di Asia Tenggara.

Situs Candi Prambanan terdiri dari sejumlah besar candi yang kompleksnya terdiri dari tiga candi utama yang diapit oleh candi-candi kecil.

Candi utama ini adalah Candi Shiva, Candi Vishnu, dan Candi Brahma. Masing-masing dari ketiganya mewakili tiga dewa utama dalam agama Hindu.

Arsitektur candi-candi ini sangat indah dan mengesankan, dengan ornamen-ornamen yang halus dan relief-relief yang menggambarkan berbagai cerita epik Hindu.

Candi Prambanan adalah tempat ibadah Hindu yang penting. Meskipun sekarang menjadi objek wisata, masih digunakan oleh umat Hindu untuk upacara keagamaan tertentu, terutama selama festival-festival agama Hindu seperti Nyepi.

Candi Prambanan terkait erat dengan cerita epik Hindu, terutama “Roro Jonggrang”. Kisah ini menceritakan tentang Bandung Bondowoso yang sangat mencintai dan ingin memperistri gadis cantik yang bernama Roro Jonggrang.

Roro Jonggrang bersedia menjadi istri dari Bandung Bondowoso namun dengan syarat Bandung Bondowoso harus membuatkan seribu candi dalam satu malam. Namun sebelum berhasil membuat seribu candi, Roro Jonggrang menggagalkannya.

Bandung Bondowoso sangat murka hingga mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca yang indah melengkapi 999 candi yang telah dibuatnya bersama bangsa jin.

Dari berbagai keindahan, sejarah, serta cerita yang ada di dalamnya. Candi Prambanan juga menyimpan mitos-mitos yang cukup terkenal dikalangan masyarakat.

Mitos-mitos terkenal yang ada di Candi Prambanan sebagai berikut.

  1. Pembangunan Candi Hanya Satu Malam

Pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kalian cerita tentang Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang. Cerita tersebutlah yang menjadi asal muasal terciptanya candi prambanan.

Konon katanya Prambanan hanya dibangun satu malam saja oleh salah seorang pangeran dari kerajaan Pengging yaitu Bandung Bondowoso. Ia terkenal dengan ilmu gaibnya, dan diperkirakan bahwa Prambanan adalah hasil dari ilmu tersebut.

  1. Putusnya Hubungan Pasangan

Masih berkaitan dengan mitos yang pertama. Mitos ini berawal dari kisah cinta Bandung Bondowoso dan Roro Jongrang yang kandas karena memang keduanya memiliki banyak perbedaan terutama Roro Jongrang yang enggan menerima cinta sang pangeran.

  1. Pemutus Status Lajang

Cahaya Arca Dewi Durga merupakan sebuah cahaya yang sering muncul di salah satu ruangan Candi Utama dan Candi Siwa. Konon katanya cahaya ini dapat memutuskan status lajang seseorang.

Baca Juga Si Piramida Jawa, Pesona dibalik Misteriusnya Candi Sukuh 

  1. Misteri Hewan Aneh

Candi Prambanan kaya akan relief yang menggambarkan flora dan fauna indonesia. Namun, ada beberapa relief yang tidak lazim seperti burung berkepala manusia, dan sebagainya.

Masih menjadi misteri apakah ini imajinasi semata atau memang dulu sudah ada manipulasi genetik.

  1. Kemiripan Dengan Angkor Wat

Angkor Wat adalah candi Hindu terbesar di dunia yang berada di Kamboja. Apabila dilihat sekilas dari kejauhan arsiteknya mirip dengan candi Prambanan. Mungkinkah candi Prambanan terinspirasi dari Angkor Wat atau sebaliknya, ini masih menjadi misteri.

Writer: Zulma Amalia - MahasiswaEditor: Ida HP

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *