Peralatan Sekolah Lengkap yang Wajib Dimiliki Siswa

Peralatan Sekolah Lengkap yang Wajib Dimiliki Siswa
(Foto : Pinterest)

Jatengkita.id – Liburan sekolah tentunya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh semua siswa. Selain bisa beristirahat lebih lama dirumah tanpa memikirkan pelajaran sekolah, liburan juga menjadi momen berharga bagi anak untuk melepaskan penat, dan melakukan segala akitivitas yang disukai si anak lebih lama.

Manfaat adanya liburan cukup banyak. Setiap anak yang menikmati liburannya adalah mereka akan mendapatkan manfaat seperti otak yang kembali fresh setelah mendapatkan stimulus dari liburan sekolah, badan yang akan sedikit lega dan segar karena setelah beberapa bulan berjibaku dengan pelajaran.

Nah, setelah puas merasakan serunya liburan sekolah selama beberapa minggu, pastinya tahun ajaran baru sudah ada di depan mata. Selesai bermain dan beristirahat cukup lama hingga pergi berlibur, sekarang saatnya mulai menyiapkan peralatan sekolah.

Peralatan sekolah  memiliki peran yang penting untuk mendukung proses pembelajaran anak. Perlengkapan baru yang bagus dan berkualitas dapat meningkatkan semangat anak untuk belajar lebih giat, meskipun setiap jenjang pendidikan punya kebutuhan yang berbeda-beda. Berikut perlengkapan sekolah untuk anak yang wajib dimiliki. Simak rangkuman berikut ini!

  1. Tas Sekolah

Peralatan sekolah yang pertama wajib dimiliki adalah tas sekolah. Barang ini harus ada agar mempermudah anak untuk membawa aneka keperluan sekolah. Tentunya tas sekolah jadi perlengkapan wajib yang tak boleh ketinggalan.

Manfaat tas begitu penting, sebab tas akan sangat diperlukan untuk tempat menyimpan buku pelajaran, alat tulis, barang berharga seperti uang, dan menunjang penampilan anak.  Tas sekolah memiliki banyak warna, desain, corak, dan gambar yang unik. Tas yang bagus tentunya akan memiliki daya tarik tersendiri bagi si anak.

(Foto : Pinterest)

Seiring berkembangnya zaman, banyak tas sekolah yang di desain dengan model yang unik dan berbeda. Tetapi perlu dicatat, bahwa kita tak boleh sembarangan saat memilih tas sekolah anak. Pastikan tas pilihan terbuat dari bahan yang  kualitas terbaik agar tidak mudah rusak dan jebol.

Selain itu, jumlah kompartemen dan kantong juga harus dipertimbangkan. Agar ketika anak membawa barang lain seperti tempat makan dan botol minum tidak bingung mau menyimpannya dimana.

  1. Sepatu Sekolah

Sepatu memiliki peran penting bagi anak untuk melindungi kaki saat beraktivitas. Sepatu menjadi kebutuhan wajib anak sekolah yang harus dimiliki. Selain berguna dalam menunjang penampilan, fungsi lainnya dari sepatu adalah untuk melindungi diri dari cedera kaki, akibat terbentur benda keras, atau menginjak benda-benda keras maupun tajam.

Hal yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh sembarangan dalam memilih sepatu sekolah untuk anak. Meski saat ini banyak merek sepatu dan model yang beragam, namun hal pertama yang harus di catat adalah kualitas dan kenyamanan sang anak saat memakainya.

(Foto : Pinterest)

Pastikan memilih sepatu dengan bagian insole nyaman dan sol tebal sehingga tidak mudah terkikis. Apalagi anak pada usia TK hingga SMP masih dalam masa pertumbuhan, sehingga ukuran kaki mereka sangat cepat berubah.

Selain itu, pemilihan bahan sepatu sekolah adalah poin yang paling penting untuk dipertimbangkan. Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam memilih sepatu sekolah adalah model yang digunakan. Usahakan untuk memilih model sepatu sesuai dengan aturan sekolah dan juga yang simpel dan mudah dipakai. 

  1. Kaos Kaki

Selanjutnya adalah kaos kaki. Jika sepatu sudah jadi barang wajib, begitupun dengan kaos kaki. Sepatu dan kaos kaki bisa dibilang pasangan yang harus ada. Saat ini beberapa sekolah memiliki aturan pakaian dan perlengkapan sekolah yang ketat, termasuk tentang kaos kaki.

(Foto : Pinterest)

Jadi, ada baiknya pilihlah kaos kaki dengan warna, panjang, hingga logo yang sesuai aturan dari sekolah untuk menghindari anak terkena hukuman. Tak hanya itu saja, hal penting adalah perhatikan jenis bahan yang digunakan. Bahan seperti katun dan wool nyaman di kulit karena halus dan menyerap keringat. Jadi anak akan lebih nyaman dan pastinya tidak akan ribet.

  1. Buku Tulis

Selanjutnya ada buku tulis yang jadi barang wajib. Buku tulis jadi peralatan sekolah yang tak boleh ditinggalkan karena digunakan untuk menulis materi pelajaran dan mencatat informasi penting. Selain itu, peralatan ini adalah barang nomor satu yang ada di dalam tas.

(Foto : Pinterest)

Mencatat di buku tulis dapat berdampak besar terhadap kemajuan cara berpikir, kreativitas, motorik, dan pembangunan karakter anak-anak. Saat ini kamu bisa menemukan buku tulis dengan berbagai tipe garis, mulai dari lined (garis lurus), dotted (titik bantu), grid (kotak), hingga kasar-halus yang digunakan untuk latihan menulis tegak bersambung untuk anak.

  1. Pensil

Selain sebagai alat tulis, pensil juga bisa digunakan sebagai alat gambar. Jika anak masih belajar di jenjang TK dan SD, pensil jadi peralatan sekolah yang wajib dibawa. Pensil manfaatnya tidak kalah menariknya dengan alat gambar lain. 

(Foto : Pinterest)

Cara mengenali pensil adalah berdasarkan tingkat kehitaman dan fungsinya. Pensil tipis seperti H, B, HB dan 2B biasanya digunakan untuk membuat sketsa dan denah awal. Pilih pensil dengan kode HB hingga 2B agar hasil tulisan lebih jelas dan mudah dibaca. Biasanya Pensil 2B sering digunakan saat ujian sekolah, bisa dikatakan pensil 2B ini populer dikalangan siswa pelajar.

  1. Penghapus

Selain pensil, ada juga penghapus yang digunakan untuk menghilangkan tulisan yang salah. Barang yang satu ini juga bisa dikatakan satu set dengan pensil dan rautan. Penghapus termasuk dalam peralatan yang tak boleh dilupakan anak sekolah. Penghapus biasanya terbuat dari bahan karet sehingga bisa menghapus tulisan dengan bersih.

(Foto : Pinterest)

Saat ini banyak model penghapus dengan berbagai jenis dan kualitas yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Yang terpenting adalah pilihlah penghapus yang berbahan empuk atau lembut karena tidak menghasilkan banyak residu. Selain itu ada juga ada penghapus dengan aneka model imut, mulai dari binatang, makanan, hingga karakter yang cocok untuk anak jenjang TK atau SD. Sehingga anak jadi lebih semangat dan gembira.

  1. Pulpen

Bagi anak yang memasuki jenjang SMP dan SMA, pulpen jadi peralatan sekolah lengkap yang wajib dibawa. Jika sebelumnya memakai pensil, maka pada jenjang ini anak sudah diharuskan memakai pulpen. Umumnya sekolah mewajibkan siswa untuk membawa pulpen berwarna hitam untuk menulis sehari-hari.

(Foto : Pinterest)

Meskipun ada banyak warna, tetapi warna hitamlah yang biasanya dipakai untuk mencatat pelajaran dan hal-hal penting lainnya. Jenis-jenisnya cukup banyak. Setiap jenis pulpen mempunyai kegunaan yang tidak sama. Warna tinta pulpen ada banyak, salah satunya adalah merah. Pada umumnya, warna merah dipakai untuk menulis atau menggaris bawahi tulisan tertentu.

Pemakaian pulpen dengan warna yang berbeda-beda biasanya juga dipakai untuk menandai tulisan-tulisan yang dianggap penting.

  1. Tempat Pensil atau Kotak Pensil

Pastinya, setiap anak memiliki tempat pensil masing-masing. Apalagi saat ini tempat pensil sangat beragam modelnya. Mulai dari yang model biasa sampai yang terunik.  Jika anak membawa banyak alat tulis ke sekolah tentunya mengharuskan ia memiliki tempat khusus untuk menyimpannya, seperti tempat pensil.

(foto : Pinterest)

Meskipun banyak membawa peralatan tulis, nyatanya keberadaan tempat pensil sangat membantu. Karena kita masih bisa menyesakkan alat tulis yang lain seperti pulpen, penghapus, penggaris pendek, dan lainnya. Sehingga peralatan yang dibawa lebih rapi dan tidak berhamburan.

Manfaat lain dari kotak pensil juga berguna saat anak sudah selesai menggunakan alat tulis, langsung dimasukkan ke dalam tempat pensilnya. Hal ini mengajarkan anak ketika sudah dipakai barang langsung ditaruh pada tempat yang lebih aman, sehingga resiko hilang menjadi lebih kecil.  Disini anak juga belajar bagaimana cara menjaga barang agar lebih awet dan tidak cepat rusak, apalagi hilang.

Baca juga : 6 Tempat di Sekolah Bikin Kita Bernostagia, Mana Favoritmu?

Pilihan untuk Anda : Resmi! Nadiem Cabut Aturan Pramuka sebagai Ekskul Wajib di Sekolah

Writer: Eka LestariEditor: Sahri An Nisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *