Peringati HUT Kemerdekaan RI, Warga Dusun Karangduren Gelar Pesta Rakyat

Magelang, Jatengkita.id – Ada yang berbeda dari peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Dusun Karangduren tahun ini. Dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI Karang Taruna Karangduren mengadakan event jalan sehat untuk seluruh warga dusun Karangduren, Desa Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang.

Selama satu minggu penuh warga Karangduren mengadakan event bertajuk kemerdekaan, yang diisi dengan perhelatan lomba-lomba yang bertujuan memeriahkan HUT ke-77 RI. Lomba ini dibagi menjadi beberapa kategori yaitu lomba untuk anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak, dan pasutri. Variasi perlombaannya seperti estafet tepung, turnamen badminton, dan merias wajah mirip tokoh wayang punokawan untuk lomba pasutri.

Setelah event perlombaan, pada tgl 17 Agustus seluruh warga baik tua dan muda berkumpul untuk mengadakan upacara penurunan bendera di halaman salah satu rumah warga dengan memakai pakaian khas Indonesia yaitu kebaya bagi ibu ibu dan batik bagi bapak bapak. Upacara berlangsung hikmat dan khusyuk.

FOTO : istimewa

Menurut Ketua Karangtaruna Dusun Karangduren Desa Sidorejo Ismail, kegiatan ini bukan sekadar pesta rakyat namun juga sebagai bentuk pengingat perjuangan para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

“Rangkaian kegiatan ini dilakukan bukan hanya sebagai pesta rakyat saja namun juga sebagai bentuk pengingat perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia ini.” terang Ismail.

FOTO : Istimewa

Puncak acara peringatan kemerdekaan ini, dimeriahkan dengan kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh seluruh warga dusun Karangduren pada Minggu, (21/8/2022). Rute jalan sehat kali ini cukup panjang, dengan total trek sekitar 7 km mengelilingi dusun Karangduren. Di dalam acara ini dibagikan hadiah dari perlombaan yang sudah dilaksanakan hari sebelumnya, juga membagi doorprize dengan grandprize sebuah motor matic terbaru.

Anggota DPRD Kabupaten Magelang Arifah Apriliyani, juga menambahkan, pesta rakyat harus terus dilestarikan supaya kebahagiaan dan semangta kemerdekaan terus berkobar di hati masyarakat.

“Pesta rakyat ini harus terus di lestarikan supaya kebahagiaan dan semangat kemerdekaan terus berkobar di hati masyarakat. Dengan adanya lomba dan jalan sehat ini membuat masyarakat semakin guyub dan semakin bangga akan kemerdekaan Indonesia yang sudah di rebut dari tangan penjajah” tutur April.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *