Plantera Fruit Paradise, Wisata Surga Buah Favorit Keluarga

FOTO : Tempat Wisata Terindah

Jatengkita.id – Kamu sedang bingung mencari tempat untuk berlibur bersama teman maupun keluarga yang sehat dan juga mengasikkan?

Jangan khawatir, saat ini terdapat obyek wisata surga buah unggul di daerah Kendal yaitu Kebun Ngebruk yang dikenal dengan sebutan Plantera Fruit Paradise. Wisata Plantera Fruit Paradise ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika kamu sedang berada di Kendal, Plantera Fruit Paradise merupakan sebuah kebun buah tropis unggulan yang berada di daerah Kendal, lokasinya berada di atas lahan seluas 234 hektar.

Plantera Fruit Paradise atau sebelumnya dikenal dengan nama Kebun Ngebruk ini berlokasi di desa Sidokumpul Kecamatan Patean Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah. Tempat ini merupakan perpaduan antara wisata dan perkebunan yang dikombinasikan menjadi destinasi yang menarik bagi masyarakat untuk beraktivitas di lingkungan perkebunan. Di tempat ini pengunjung bisa memetik buah secara langsung dari kebun, dan memilih sendiri buah yang di sukai. Posisi keberadaan agrowisata ini terletak di sebelah barat dari kota Semarang yang dapat ditempuh melewati Weleri.

Pada mulanya perkebunan yang dikelola sebuah PT ini merupakan perkebunan cengkeh, dengan tujuan agar dapat mengembangkan bidang usahanya, mulailah pada tahun 2000 oleh PT tersebut mencoba untuk membudidayakan buah tropis unggulan. Bibit buah unggulan sebagai indukkan diambil dari bibit buah unggul di negara tropis. Kemudian indukkan bibit buah unggul tersebut diracik dengan menggunakan teknologi modern yang ditangani oleh para ahli pertanian dari PT tersebut, dan ternyata bisa dibudidayakan di Indonesia.

Hasilnya pun tak mengecewakan karena buah hasil panen yang melimpah dan kualitas buah unggul tidak kalah dengan buah import. Bahkan karena kualitasya yang bagus hasil buah panen ini juga akhirnya diberi suatu merek, hingga membanjiri supermarket-supermarket khususnya di Jawa, berkat melimpahnya buah dan kualitas yang tidak bisa diragukan inipun mampu menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya perkebunan ini.

Di Plantera Fruit Paradise sendiri terdapat berbagai macam tanaman dengan bibit buah terutama buah unggulan seperti buah naga, durian, jambu, lengkeng, sirkaya, dan rambutan, bibit buah unggulan sebagai indukkan diambil dari bibit buah unggul dari negara tetangga. Seiring berjalannya waktu Kebun Ngebruk mulai dikunjungi oleh banyak masyarakat, pengunjung baik secara pribadi maupun bergerombol dapat melihat kebun seluas ratusan hektar yang ditanami aneka buah tropis unggulan.

Banyaknya wisatawan yang berkunjung inilah yang akhirnya memunculkan ide untuk menyediakan permintaan masyarakat tersebut dengan membuka agrowisata buah unggul Kendal, tentunya agar masyarakat yang berkunjung bisa lebih teratur dan terarah. Plantera Fruit Paradise pertama kali dibuka untuk umum pada tanggal 15 Desember tahun 2009, Plantera Fruit Paradise ini dikenal sebagaiĀ  surganya buah unggul di Kota Kendal, lokasi Plantera Fruit Paradise ini berada di kawasan yang masih hijau, asri, dan udaranya juga cukup sejuk, sehingga akan membuat siapapun merasa nyaman dan betah berlama-lama melihat begitu banyak buah yang cantik dan mempesona, letaknya yang berada di sebuah lahan yang luas memiliki aneka ragam tanaman buah tropis yang menggiurkan.

Akses menuju agrowisata ini cukup mudah dan tidak akan menyulitkan wisatawan yang hendak berkunjung. Selain aksesnya yang mudah juga terdapat beberapa plang penunjuk arah atau jalan untuk memudahkan wisatawan mencari dan menuju Plantera Ngebruk Kendal. Plantera Fruit Paradise atau Kebun Ngebruk Kendal satu ini memberikan sensasi kepada setiap pengunjung untuk dapat berkeliling kebun hingga memetik dan memakan buah secara langsung, pengunjung juga bisa sepuasnya melihat-lihat aneka buah yang nampak cantik tumbuh disini dengan cara berkeliling.

Ragam buah yang ditanam di sini antara lain: Sirkaya grand anona, durian montong, buah naga, rambutan binja, selain itu pengunjung juga bisa berkeliling kebun menggunakan mobil wisata yang telah disediakan, layanan yang di tawarkan oleh Plantera Ngebruk ini seperti Fruit Tour, yaitu berkeliling menggunakan mobil wisata dan ditemani oleh seorang pemandu, selain mengelilingi kebun buah, pengunjung dapat beristirahat sejenak menikmati suasana perkebunan buah di pondok yang telah disediakan yaitu Pondok Lengkeng dan Pondok Durian.

Tak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan karena Plantera Fruit Paradise sangatlah ramah di kantong bagi para wisatawan. Selain paket keliling bagi wisatawan, Plantera Fruit Paradise juga menawarkan sarana dan fasilitas yang cukup memadai guna menunjang berbagai aktivitas yang dilakukan wisatawan, di antaranya yakni: Mushola, Ruang Pertemuan, Area parkir, Toilet umum, Sewa mobil keliling, Food court, Pemandu tour, Kios aneka buah, Wisata tour keliling, Outbound, Wahana bermain anak, Fruit safari, Wisata petik buah, dan Spot foto.

Kebun Buah Plantera Ngebruk atau Plantera Fruit Paradise ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan liburan anti mainstream dengan pemandangan alam melalui luasnya perkebunan buah agrowisata. Agrowisata Plantera Fruit Paradise ini juga dikenal sebagai taman buah Mekarasarinya Jawa Tengah. Plantera Fruit Paradise dibuka mulai pukul 09.00-15.00, selain menyediakan berbagai sarana dan fasilitas yang mampu memuaskan wisatawan, Plantera Fruit Paradise juga menawarkan berbagai buah yang bisa dipetik langsung oleh pengunjung dan membelinya untuk bisa dibawa pulang sebagai buah tangan, tentu dipatok dengan harga yang relatif terjangkau.

Wisatawan akan puas menikmati suasana kebun buah sekaligus berfoto di area yang hijau dan asri, agar menjadi momentum yang tak terlupakan, wisatawan bisa merangkai semua keseruan yang di dapat melalui foto-foto dengan background yang mempesona di area sekitar kebun, di plantera ngebruk ini ada banyak sekali spot-spot menarik untuk para wisatawan.

Aktivitas yang bisa mengexplore tiap sudut kebun dengan aneka tanaman buah tropis di dalamnya ini memang wajib untuk dicoba, selain dapat menonton segarnya buah dari pohon, dapat pula menikmati buah yang segar langsung dipetik dari pohonnya, apalagi jika kegiatan yang dilakukan dengan mengajak teman-teman sebaya ataupun sanak keluarga tercinta, pastinya akan semakin bahagia, jadi tunggu apa lagi? Plantera Fruit Paradise bisa kamu masukkan ke dalam daftar tujuan jelajah wisata yang bisa dikunjungi saat weekend nanti, tentunya dengan wisata yang asyik dan edukatif.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *