ASN Penggerak Birokrasi

by

SEMARANG – Sekretariat DPRD Jateng menggelar Dialog bersama Parlemen dengan tema ‘ASN Penggerak Birokrasi’ di Hotel Pandanaran, Kota Semarang, Senin (19/11/2018). Dalam dialog itu, Anggota Komisi A DPRD Jateng Sriyanto Saputro yang menjadi pembicara utama mengatakan persoalan CPNS pada tahun ini kembali menghangat.

Ia mengungkapkan saat proses penerimaan dimulai ada 1 lowongan PNS diisi seribuan lebih pelamar. Diakuinya, peminat untuk menjadi ASN sangat besar tapi tetap diharapkan hasilnya nanti ada aparatur terbaik untuk melayani masyarakat.

“Saat ini, trennya positif karena dahulu kinerjanya kurang terlalu baik. Dalam menilai kinerja ASN, sebaiknya tetap harus ada reward and punishment yang dikelola BKD,” kata Legislator Partai Gerindra itu.

Soal kinerja ASN, ia mencontohkan, pada 2005 silam netralitasnya masih berupa slogan semata. “Dengan kondisi itu, saya menilai penerimaan PNS masih belum baik sehingga hasilnya seperti itu,” tambahnya.

Sancoyo Hadi, Sekretaris BKD Jateng, menimpali saat ini disiplin PNS sudah sangat baik. Yakni, tetap menggunakan sistem kehadiran (absensi) pegawai.

“Saat ini, sistem kedisiplinan ASN sudah sangat baik sehingga bisa meningkatkan kinerja birokrasi yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Sancoyo.

Pembicara lainnya, Dosen Fisip Undip Semarang Retno Sunu Astuti mengatakan penggunaan sistem kehadiran yang ketat itu sangat menunjang tingkat kedisiplinan ASN. Soal reward and punishment, menurut dia, juga bisa menunjang kinerja ASN untuk menunjukkan hasil terbaik.

“Saya kira itu sangat penting untuk semakin meningkatkan kedisiplinan dan kinerja ASN untuk melayani masyarakat,” ucap Retno.

Seperti diketahui, Dialog bersama Parlemen itu disiarkan melalui Radio MNC Trijaya 89.8 FM dalam acara Prime Topic. Selain itu, disiarkan pula di Rasika Sragentina 88 FM, RDI Pandanaran Semarang 91.8 FM, Radio Giri Swara Wonogiri 94.0 FM, dan melalui siaran televisi iNews. (Adv)

About Author: rakamsi

Gravatar Image
bermanfaat, atau hilang tanpa nama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *