Rekomendasi Board Game yang Asik Buat Teman Staycation

image source: Line Friend Collection

JatengKita.id- Berbagai objek wisata di tanah air mulai dipadati oleh pengunjung di peak season libur nataru (natal dan tahun baru). Sedulur yang malas bergelut dengan kemacetan dan keramaian mungkin lebih memilih untuk ber-staycation (berlibur di rumah atau dekat rumah).

Meski hanya berlibubr di rumah, Sedulur tetap bisa menikmati liburan bersama keluarga dengan asyik bahkan lebih bermkana. Bermain borad game bisa menjadi salah satu alternatif hiburan yang bisa sedulur jajal.

Seperti namanya, board game (permainan papan), adalah suatu permainan yang dimainkan di atas suatu papan khusus. Board game umumnya dimainkan oleh dua orang atau lebih dengan memindahkan bidak secara bergiliran sesuai dengan aturan permainan. Contoh board game yang populer adalah monopoli dan ular-tangga.

Berikut adalah beberapa rekomendasi board-game yang seru bisa kamu coba mainkan bersama keluarga atau teman.

1. Othello

Permainan Othello pertama kali ditemukan pada tahun 1883 oleh Lewis Waterman dan Fraud. Board game ini dimainkan pada papan yang berukuran 8×8 dengan warna kotak sama dan bidak yang punya dua sisi warna berbeda (hitam dan putih). Dibutuhkan strategi yang baik untuk memainkan permainan dengan bidak dua sisi ini. Agar dapat memenangkan permainan, pemain harus mengubah semua warna bidak sesuai warna yang dia pilih.

2. Scrabble

Scrabble mungkin sudah tidak asing lagi di benak Sedulur. Board game satu ini menguji keterampilanmu dalam menyusun kata. Scrabble memang tak serumit permainan papan lainnya. Hal yang membuat permainan huruf ini sedikit menantang adalah setiap bidak huruf dan kolom papan memiliki nilai masing-masing. Poin dari setiap huruf akan diakumulasi untuk menentukan pemenang. Maka dari itu, dibutuhkan strategi khusus untuk memenangkan board game satu ini.

3. Yutnori

Yutnori adalah permainan kuno asal Korea Selatan. Diperkirakan, permainan ini sudah ada sejak tahun 57 SM. Jika Sedulur penikmat Korean Wave pasti sudah tidak asing dengan permainan papan satu ini. Pasalnya Yutnori sering kali dimainkan oleh idol boygroup dalam acara ragam (variety show). Permainan ini biasanya dimainkan pada saat Chuseok di musim gugur dan Lunar New Year di Musim dingin sebagai sarana pemersatu keluarga dan sanak saudara.

Dilansir dari Korean First, Yutnori dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari perseorangan atau kelompok. Tak ada jumlah tertentu anggota dari setiap tim, biasanya semakin ramai pesertanya semakin seru. Menariknya, Yutnori menggunakan stik sepanjang 15 cm dengan penanda mal (말) sebagai dadu. Setiap tim akan secara bergantian melempar keempat stik. Sementara itu pemenang dari permainan tersebut ditentukan oleh tim yang terlebih dulu membawa semua mal ke home base mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *