Romantisnya Susur Sungai Malam Hari di Grebeg Sudiro Solo

image source: solo city travel

JatengKita.id- Menaiki sampan atau kapal di sungai, telaga, ataupun laut sudah umum dilakukan untuk menikmati pemandangan di atas air. Namun pernahkah kamu mencoba bersantai di atas perahu di malam hari?

Wisata susur sungai malam hari dengan perahu sejatinya tak selalu ada sepanjang tahun. Nyatanya wisata unik satu ini hanya ada saat acara Grebeg Sudiro Solo berlangsung. Grebeg Sudiro sendiri adalah festival hasil akulturasi antara budaya jawa dan tionghoa untuk menyambut hari raya imlek. Festival yang bernuansa warna merah ini secara khusus diselenggarakan di kawasan kelurahan Sudiroprajan, Jebres. Pasalnya daerah tersebut memang dikenal sebagai kampung pecinan terbesar di Solo.

Tahun ini, rangkaian Grebeg Sudiro diselenggarakan mulai tanggal 10 Januari sampai 30 Januari 2023. Dalam kurun waktu tersebut, festival Grebeg Sudiro dimeriahkan dengan berbagai acara menarik diantaranya panggung pentas seni,bazar potensi, panggung harmoni, umbul matram, karnaval budaya, dan tentunya wisata perahu hias.

Menyusuri sungai dengan perahu hias di malam hari memberikan sensasi berbeda dan berkesan. Dengan menumpang perahu hias, pengunjung akan dibawa berkeliling menyusuri Kali Pepe yang terbentang di sepanjang jantung Kota Solo. Selama perjalanan, wisatawan akan disuguhi indahnya lampion imlek dan romantisnya suasana kota di malam hari.

Tak hanya menikmati lampion-lampion indah yang menggantung sepanjang perjalanan, pengunjung juga dimanjakan dengan beragam lukisan mural di dinding tanggul Kali Pepe.

Setidaknya terdapat tiga perahu hias yang akan melayani wisatawan meyusuri sungai kota batik. Kapasitas perahu sendiri maksimal hanya enam orang. Hal tersebut ditujukan demi menjamin keselamatan seluruh penumpang. Maka tak heran jika ingin menaikinya kamu perlu sedikit bersabar, terlebih saat hari-hari weekend. Dilansir dari Detik Travel, dalam dua hari saja (13 Januari-14 Januari 2023) jumlah penumpang kapal mencapai 380 pengunjung.

Sementara itu, jarak tempuh sekali perjalanan pulang pergi diperkirakan sepanjang satu kilometer. Sedulur tak perlu khawatir dengan harga tiket yang mahal. Pasalnya setiap orang hanya perlu membayar sebesar Rp.10,000.

Sedulur yang tertarik menjajal wisata satu ini ada baiknya memilih hari selain weekday untuk menghindari panjanganya antrean. Perahu hias Grebeg Sudiro siap meluncur setiap hari selama festival berlangsung mulai pukul 18.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *