Sensasi Krenyes Krenyes Tempe Kemul yang Bikin Nagih

by
sumber: istimewa
sumber: istimewa

Jalan-jalan ke Wonosobo kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba Tempe Kemul. Tempe kemul merupakan makanan berbahan dasar tempe berbalut adonan tepung yang dibuat dengan cara digoreng. Berbeda dengan olahan tempe lain seperti Mendoan yang digoreng setengah matang, dalam proses pembuatannya Tempe Kemul digoreng hingga agak kering. Sehingga ketika tempe kemul mampir ke mulut maka terasa renyah krenyes-krenyes.

…Wonosobo identik dengan  kawasan yang memiliki suhu udara cukup dingin. Saking dinginnya tempe pun perlu memakai selimut atau dalam bahasa Jawa disebut dengan kemul.

Dinamakan tempe kemul kemungkinan karena Wonosobo identik dengan  kawasan yang memiliki suhu udara cukup dingin. Saking dinginnya tempe pun perlu memakai selimut atau dalam bahasa Jawa disebut dengan kemul. Pada umumnya Tempe Kemul Wonosobo ini memiliki ciri warna kuning dan bentuknya sebesar telapak tangan. Warna kuning ini berasal dari kemul, berupa adonan tepung maizena dan terigu dicampur dengan bumbu  ulegan (tumbukan) kunyit yang jarang digunakan pada gorengan lain. Biasanya ditambah pula dengan daun bawang atau orang Wonosobo menyebutnya dengan daun onclang, bahkan sebagian menambahnya dengan daun kucai.

 

Tempe kemul dihidangkan bersama teh di pagi hari. Susyr : www.kaskus.com

Secara rasa, camilan berbahan dasar kedelai ini memiliki rasa yang gurih. Berbeda dengan mendoan yang digoreng setengah matang, tempe kemul digoreng hingga matang sehingga rasanya menjadi renyah. Kerenyahan ini akan semakin terasa nikmat ketika sensasi rasa daun onclang atau wangi daun kucainya mampir dalam indra perasa disela sela kunyahan. Rasa gurih nikmat krenyes-krenyes akan semakin nikmat apabila disajikan selagi hangat. Biasanya disandingkan dengan kopi atau teh tambi di pagi hari, ataupun menikmatinya dikala malam hari sembari merasakan sensasi dinginnya Kota Ramah HAM ini. Apabila anda suka pedas, tempe kemul bisa dinikmati dengan sambel kecap atau cabe rawit langsung. Untuk sajian lauk pun tempe kemul ternyata sangat cocok. Biasanya msyarakat Wonosobo menyandingkan Tempe Kemul dengan Nasi Megono atau Mie Ongklok.

Saking akrabnya warga Wonosobo dengan tempe kemul, membuat makanan ini menjadi makanan rakyat Wonosobo dari segala kalangan. Mulai dari kelas pejabat, pengusaha hingga rakyat biasa. Tempe kemul disajikan dalam berbagai keperluan seperti pengajian, arisan, kerja bakti serta aktifitas paguyuban lainnya. Bahkan dalam acara-acara rapat kedinasan pun tidak lepas dari penganan ini.

Untuk mendapatkannya pun tidak cukup sulit, hampir di semua pusat keramaian anda akan menemukan camilan gurih nan nikmat ini. Biasanya pedagang kaki lima di beberapa pasar dan pusat kota Wonosobo menjajakan Tempe Kemul secara eceran. Harganya pun tidak jauh beda dengan tempe mendoan. Pada ummnya satu tempe kemul dihargai Rp.600,00. Namun, jika anda pintar memilih lokasi yang tepat, maka harganya pun akan semakin miring tanpa merubah citarasanya.

Semakin penasaran dengan tempe kemul ? Buruan datang ke Wonosobo.

 

 

About Author: Yuniar Kustanto

Gravatar Image
Mencintai Jawa Tengah sebagai bagian dari karunia Tuhan YME.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *