Simple! Ini Manfaat Air Nabeez Bagi Kesehatan

nabeez
Manfaat Air Nabeez (FOTO : alodokter.com)

Jatengkita.id – Buah kurma identik dengan Bulan Ramadan. Pasalnya di bulan puasa ini, kurma menjadi salah satu makanan yang wajib ada. Tahukah kalian bahwasannya kurma tidak hanya bisa disajikan sebagai kudapan saat puasa saja, kurma juga bisa diolah menjadi kudapan yang bermanfaat bagi kesehatan. Cara ini disebut dengan Nabeez.

Nabeez sendiri merupakan sebuah minuman dari buah kurma yang direndam dalam air bening selama semalaman.

Membuat air nabeez yang bermanfaat untuk tubuh cukup mudah dilakukan di rumah, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan beberapa butir kurma secukupnya
  • Rendam kurma-kurma tersebut ke dalam air matang di dalam sebuah wadah atau gelas
  • Upayakan untuk membuatnya pada waktu sore menjelang malam, dan pastikan wadah rendaman kurma tersebut tertutup rapat
  • Setelah direndam selama 8-12 jam, air rendaman tersebut baru boleh diminum dan buah kurma hasil rendaman yang telah lembut itu bisa dimakan langsung
  • Kurma yang baik digunakan untuk membuat air nabeez adalah kurma ajwa, namun tak masalah bila menggunakan kurma dengan jenis lainnya.

Minuman ini memiliki cita rasa yang manis serta menyegarkan sehingga banyak orang yang menyukainya. Namun dibalik cita rasa yang unik, ada beberapa pantangan dalam membuat Nabeez.

Pertama, diriwayatkan dari Abu Qotadah r.a, ia berkata bahwa “ Rasulullah saw bersabda, janganlah kalian membuat minuman dengan mencampurkan kurma yang hampir matang dengan kurma yang sudah matang. Jangan kalian buat minuman dengan mencampurkan kismis dan kurma. Tetapi pisahkanlah keduanya pada tempatnya masing-masing. (HR Bukhari [5602]).

Kedua, dijelaskan dalam kitab Ath-Thibbun Nabawi Karya Imam Ibnul Qayyim (hal. 324), Bab “Berbagai Anjuran yang Bermanfaat dalam Pengobatan dan Gaya Hidup” dinyatakan : “Barangsiapa yang menggabungkan dalam lambungnya susu dengan Nabidz, maka apabila ia menderita lepra atau asam urat, tidak ada yang bisa disalahkan kecuali dirinya sendiri.”.

Adapun manfaat dalam pembuatan Nabeez sebagai berikut:

  1. Sebagai antioksidan penangkal berbagai penyakit

Kurma mengandung antioksidan tinggi, yang bermanfaat bagi kesehatan Anda, termasuk mengurangi risiko beberapa penyakit.

Antioksidan melindungi sel tubuh dari radikal bebas, yaitu molekul tidak stabil yang dapat memicu reaksi berbahaya dan menyebabkan penyakit.

Berikut adalah ikhtisar dari tiga antioksidan paling kuat dalam kurma. Flavonoid, merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari potensinya untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu.

Karotenoid, terbukti meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula. Selanjutnya, Asam Fenolik, merupakan zat dengan sifat anti-inflamasinya, asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Mengonsumsi air kurma dapat meningkatkan fungsi otak dan menurunkan risiko Alzheimer. Selain itu, penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa kurma menurunkan aktivitas protein beta amiloid, yang dapat menyebabkan plak di otak.

Plak dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit Alzheimer jika menumpuk di otak. Namun, penelitian pada manusia diperlukan untuk mengetahui apakah kurma baik untuk kesehatan otak.

  1. Baik bagi ibu hamil

Air nabeez ternyata bermanfaat bagi kesehatan secara umum dan bagi ibu hamil. Dalam sebuah penelitian, 69 wanita yang mengonsumsi 6 kurma setiap hari selama 4 minggu sebelum HPL meningkatkan kemungkinan 20% untuk melahirkan secara alami dan melahirkan dalam waktu yang lebih singkat.

Mengonsumsi air nabeez menjadi sangat penting sebab, kurma memiliki senyawa yang mengikat reseptor oksitosin dan dapat memberikan efek oksitosin dalam tubuh. Oksitosin adalah hormon yang menyebabkan kontraksi persalinan saat melahirkan.

Air nabeez boleh diminum setiap hari, tetapi sebaiknya diminum pada pagi hari agar tetap sehat. Air nabeez dapat disimpan di lemari es dan bertahan selama satu hingga dua hari.

Namun, jangan rendam air nabeez selama lebih dari dua belas jam karena akan membuatnya kurang higienis, dan zatnya bisa berubah menjadi alkohol. 

Baca Juga Kaya Manfaat! Ini Buah Favorit Nabi Muhammad 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *