Sensasi Soto Bancar, Citarasa Unik Khas Banyumasan

by
Gravatar Image
Ikuti Saya

Dwi Purnawan

Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.
Gravatar Image
Ikuti Saya

PURBALINGGA, Jatengkita.id—Di setiap kota memiliki kuliner soto soto, namun rasanya berbeda-beda. Tak terkecuali dengan Soto Bancar asli Purbalingga, mengadopsi lidah Banyumasan yang menyukai rasa manis. Secara filosofi, soto Bancar ini mewakili tiga kata kunci, yaitu kenyang, gurih dan empuk.

Kala bertandang ke Purbalingga, kota perwira, kuliner Purbalingga yang patut dicoba adalah semangkuk soto bancar. Soto bancar, tepatnya adalah soto bumbu kacang khas Banyumasan yang segar.

Soto Bancar adalah salah satu soto yang terkenal di wilayah karisdenan Banyumas. Soto ini menjadi Khas dan menjadikannya spesial di banding soto pada umumnya, karena Soto bancar ini terdiri dari banyak isian yang super komplit dan juga di bagi menjadi banyak varian. Dikenal dengan nama soto bancar karena di lokasi terakhir ini, berdekatan dekat perempatan Bancar. Dan yang cukup dikenal adalah warung soto “Hj Misdar” di tepian Kali Klawing, Purbalingga.

 

Yang menjadi kelebihan soto ini adalah tidak menggunakan soun dan penyedap buatan akan tetapi Soto bancar menggunakan bihun jagung sebagai pengganti soun dan menggunakan penyedap alami dari rempah pilihan. Harganya pun cukup terjangkau, kisaran Rp 13 ribu sampai Rp 15 ribu per porsi.

Soto ini cocok untuk mereka yang lapar. Betapa tidak, satu mangkok hampir terisi penuh. Soto ini tidak menggunakan lontong atau nasi, tapi ketupat. Selain daging ayam, pilihan lainnya bisa menggunakan daging sapi dan jeroan ayam. Pembeli bahkan bisa memesan daging campuran sesuai selera.

Selain itu, bagi penggemar rasa manis, soto ini cocok di lidah. Selain itu, dengan porsi yang cukup besar, soto Bancar pas untuk mereka yang sedang lapar. Selain itu, bisa makanan kecil berupa bakwan, tahu isi dan mendoan sebagai kawan makan. Lengkap menghasilkan sensasi rasa legit yang pekat tatkala mengunyah bumbu kacangnya dan kuah kaldu daun bawang nan segar.

Soto ini juga menggunakan wortel rebus, daun bawang, tauge, serta bawang merah goreng. Sebagai bumbu khasnya, tak lupa dicampur bumbu kacang yang merupakan kekhasan soto-soto di Banyumas raya, seperti Soto Sokaraja dan lainnya. 

Anda mau soto Bancar? Silahkan bermain ke Purbalingga.

About Author: Dwi Purnawan

Gravatar Image
Menulis adalah cara hilangkan penat, selain yang utama adalah mengingat kebesaran Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *