Step Skin Preparation Agar Make Up Tahan Lama

Skin preparation
Step Skin Preparation Agar Make Up tahan lama (FOTO : id.carousell.com)

Jatengkita.id – Tampilan riasan yang flawless tidak hanya tergantung pada jenis produk makeup yang digunakan, tetapi juga terkait dengan kesiapan kulit sebelumnya. Pentingnya menjaga kulit agar tetap bersih, lembut, dan terhidrasi dengan baik tidak boleh diabaikan. Berikut ini tahapan skin preparation agar make up tahan lama!

Kulit yang terawat dengan baik dapat mendukung tahan lama riasan sepanjang hari. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan persiapan kulit sebelum merias wajah.

Produk kecantikan, produk kosmetik, produk parfum, produk perawatan tubuh, produk perawatan bayi, dan botol minyak esensial dengan latar belakang kuning, semuanya adalah botol kosong untuk didaur ulang foto stok

Skin preparation, pada dasarnya, merupakan proses yang dilakukan sebelum merias wajah dengan tujuan menghilangkan minyak, kotoran, serta noda-noda lainnya.

Rutinitas ini membantu menjaga kelembapan kulit dan memberikan dasar yang lebih halus untuk makeup yang akan diterapkan.

Di pagi hari, beberapa tahapan skin preparation diperlukan untuk mempersiapkan kulit dengan baik.

Berikut adalah langkah persiapan kulit agar riasan wajah lebih menempel dan tahan lama. Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan bahwa makeup Anda tetap terlihat segar dan awet sepanjang hari.

  1. Membersihkan Wajah

Sebelum mulai merias wajah, penting untuk memastikan bahwa kulit wajah dalam keadaan bersih. Tahap awal yang sangat penting dalam persiapan kulit adalah mencuci wajah menggunakan pembersih yang lembut sesuai dengan jenis kulit masing-masing.

Asian woman washing face in the bathroom - SKIN PREPARATION

Meskipun belum banyak beraktivitas, membersihkan kulit dari debu, kotoran, dan minyak tetap merupakan langkah yang krusial di pagi hari sebelum menggunakan makeup.

Dengan memperhatikan langkah awal ini, kamu dapat memastikan bahwa makeup akan menempel dengan baik dan memberikan hasil yang lebih maksimal. Jadi, jangan pernah abaikan kebersihan kulit wajahmu sebelum menggunakan makeup.

  1. Eksfoliasi

Selama beraktivitas sepanjang hari, sel-sel kulit mati cenderung menumpuk bahkan pada kulit yang telah dibersihkan dengan baik.

white and gold plastic bottles on brown wooden table

Melakukan eksfoliasi dapat membantu menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati ini, menciptakan tekstur wajah yang lebih halus, dan membuat make up dapat menempel dengan lebih baik.

Selain itu, kulit wajah yang sudah bersih akan lebih menerima manfaat dari produk pelembap, karena dapat menyerapnya dengan lebih efektif.

Biasanya, eksfoliasi tidak dianjurkan dilakukan setiap hari karena dapat mengiritasi kulit. Namun, tetap penting untuk menjaga kebersihan kulit dengan melakukan eksfoliasi secara teratur, sekitar 1-2 kali dalam seminggu.

Pastikan untuk menggunakan eksfoliator yang lembut dan sesuai dengan jenis kulitmu. Dengan konsistensi dalam merawat kulit melalui eksfoliasi, kamu dapat memastikan kulit tetap sehat dan siap untuk menerima manfaat dari produk makeup dan perawatan kulit lainnya.

  1. Toner

Agar kulitmu tetap bersih secara menyeluruh, masukkan toner ke dalam rutinitas perawatan kulit harianmu.

Sebelum menggunakan makeup, toner dapat berperan sebagai produk penyegar yang menyegarkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

botol serum dengan air micellar atau pembersih dan bantalan kapas - toner potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Tidak hanya itu, toner juga membantu mengangkat sisa-sisa yang mungkin masih tertinggal setelah membersihkan wajah.

Sebagai bagian dari persiapan kulit, toner membantu menjaga keseimbangan pH kulit dan mendukung agar riasan wajahmu dapat menempel dengan sempurna.

Selain menjalankan fungsi-fungsi tersebut, toner juga dapat memberikan manfaat tambahan, seperti memberikan hidrasi ekstra atau meredakan iritasi pada kulit. Pilihlah toner yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulitmu untuk hasil yang optimal.

Dengan memperhatikan langkah ini dalam rutinitas perawatan kulitmu, kamu dapat memastikan bahwa kulitmu tetap segar dan siap untuk menerima manfaat dari makeup dan perawatan kulit lainnya.

  1. Serum

Produk perawatan kulit, seperti serum, menawarkan berbagai macam fungsi yang bervariasi tergantung pada kandungan bahan aktifnya.

kosmetik alami dalam stoples kaca dengan dispenser pipet - minyak dan krim untuk perawatan kulit dan rambut - sunscreen potret stok, foto, & gambar bebas royalti

Secara umum, serum memiliki kemampuan untuk melembapkan kulit hingga ke lapisan terdalam, khususnya untuk kulit yang cenderung berminyak.

Selain itu, bahan-bahan yang terdapat dalam serum juga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi penampilan bintik-bintik hitam.

Formulasi yang ada dalam serum telah dirancang khusus untuk mendukung penampilan kulit yang segar dan lebih muda.

Dengan beragam manfaat yang ditawarkan oleh serum, produk perawatan kulit ini juga dapat dimasukkan sebagai bagian dari persiapan kulit sebelum menggunakan makeup.

Dengan demikian, penggunaan serum sebagai langkah awal dalam rutinitas perawatan kulit dapat memberikan manfaat tambahan yang signifikan bagi kesehatan dan penampilan kulit secara keseluruhan.

  1. Pelembap

Kulit yang terus terjaga kelembapannya memegang peranan penting dalam mempertahankan hasil riasan dasar seperti foundation agar berfungsi secara efektif. Pelembap dapat membantu menjaga makeup tetap awet dan mencegah retak-retak pada area kulit yang sensitif.

Penting untuk menggunakan pelembap yang memiliki formula ringan agar dapat meresap dengan cepat ke dalam kulit.

Tidak peduli jenis kulitnya, penggunaan pelembap secara teratur sangat dianjurkan agar kulit tetap nyaman sepanjang hari. Jangan pernah lupakan langkah ini dalam rutinitas perawatan kulit dan riasan wajahmu.

  1. Sunscreen

Sebuah produk tambahan yang memiliki peran vital dalam menjaga kesehatan kulit adalah sunscreen. Mengaplikasikan sunscreen setelah penggunaan moisturizer adalah langkah yang esensial untuk menjaga kulit terlindungi meskipun terpapar sinar matahari.

two teal and yellow labeled containers

Pilihlah sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi untuk mendapatkan perlindungan yang optimal terhadap efek buruk sinar UV.

Dengan demikian, kulitmu akan tetap terlindungi dan terjaga kesehatannya meskipun beraktivitas di bawah sinar matahari sepanjang hari. Jangan lupa untuk selalu menyertakan langkah ini dalam rutinitas perawatan kulitmu.

Produk-produk tersebut dapat dipilih berdasarkan kebutuhan individu. Jika waktu di pagi hari terbatas, kamu bisa memilih tahapan mana yang perlu diterapkan sesuai dengan kondisi kulitmu.

Meskipun tidak menerapkan semua produk dalam persiapan kulit, hal ini masih diperbolehkan selama dilakukan secara bertahap. Penting untuk diingat bahwa hanya kamu yang paham betul akan kondisi dan kebutuhan kulitmu.

Jadi, jangan lupa untuk selalu memprioritaskan kesehatan kulitmu, bahkan sebelum menggunakan makeup.

Dengan demikian, kamu dapat memastikan bahwa kulitmu tetap terjaga dengan baik dan siap menerima riasan wajah dengan hasil yang optimal.

Baca Juga Jangan Asal Viral! Berikut Tips Memilih Skincare yang TepatĀ 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *