Tak hanya Anjing, Hewan-Hewan ini Juga Dikenal Setia, Loh!

Tak Hanya Anjing, Hewan-Hewan Ini Juga Dikenal Setia, Loh!
(Foto : Pinterest)

Jatengkita.id – Bicara tentang kesetiaan, ternyata bukan hanya manusia saja yang bisa merasakan dan memiliki perasaan komitmen pada satu pasangannya. Karena, kesetiaan ternyata tidak hanya diungkapkan dan dimiliki oleh manusia. Hewan juga memiliki insting dan rasa setia terhadap pasangannya, loh!

Kesetiaan merupakan bagian yang paling tulus dari cinta, sebab cinta sejati membawanya pada pengorbanan yang menjadi bukti dari kesetiaan. Kata ini memiliki arti hanya memiliki satu pasangan dalam satu waktu. Bahkan, seringkali kesetiaan diartikan sebagai hanya memiliki satu pasangan seumur hidup.

Ada beberapa hewan yang bisa membentuk ikatan sosial yang begitu kuat dan mampu menunjukkan kesetiaan yang luar biasa kepada pasangannya. Kesetiannya juga bisa dikatakan tak hanya pada pasangan, namun juga dapat ditujukan pada manusia, teman, maupun kelompok keluarganya. Penasaran deretan hewan mana saja yang paling setia di dunia? Berikut ini beberapa hewan yang disebut paling setia di dunia.  

  1.     Serigala

Salah satu hewan yang sering muncul dalam berbagai dongeng dan film animasi adalah serigala. Meski tergolong sebagai hewan buas, namun serigala dikenal sebagai hewan yang sangat cerdas. Mereka memiliki beberapa spesies dan subspesies. Beberapa diantaranya adalah Serigala Abu-abu (Canis lupus), Serigala Arktik (Canis lupus arctos), Serigala Merah (Canis rufus), dan Serigala India (Canis lupus pallipes). Selain itu ada Serigala Himalaya (Canis himalayensis), Serigala Ethiopia (Canis simensis), dan Serigala Timur (Canis lupus lycaon).

(Foto : Pinterest)

Serigala hidup berkelompok. Meskipun garang dan menakutkan, nyatanya serigala merupakan hewan paling setia terhadap teman satu kelompoknya. Serigala juga termasuk hewan yang memiliki solidaritas yang tinggi. Artinya, saat ada salah satu anggota kelompoknya sakit, maka anggota kelompok lain akan merawatnya,

Mereka saling menjaga satu sama lain layaknya keluarga. Kawanan serigala biasanya bekerja sama untuk berburu dan melindungi wilayah mereka. Bahkan, seekor serigala yang kehilangan kawanannya pun biasanya tidak dapat bertahan hidup sendirian.

Layaknya manusia yang juga hidup berkelompok dan memiliki struktur sosial, serigala juga memiliki sistem sosial yaitu sistem hierarki. Hewan monogami ini memiliki ciri khas setia dengan satu pasangan sampai akhir hidupnya. 

  1.     Anjing

Seperti yang kita tahu, anjing merupakan salah satu hewan peliharaan yang cukup populer di dunia. Anjing juga terkenal sebagai hewan cerdas dan bisa mengerti perintah manusia. Nama ilmiah untuk anjing adalah canis lupus familiaris.

(Foto : Pinterest)

Anjing sudah dipelihara manusia sejak ribuan tahun yang lalu dan merupakan salah satu hewan paling setia kepada manusia. Selama ribuan tahun, hewan ini dikembangbiakkan untuk menjadi sahabat yang baik bagi manusia.

Anjing sudah sejak dulu dikenal sebagai hewan yang pintar dan setia kepada pemiliknya. Mereka sangat terikat pada keluarga manusia dan senantiasa ingin menyenangkan mereka. Bahkan, hewan satu ini rela berkorban demi pemiliknya. Anjing memang menyenangkan dan banyak manfaatnya.

  1.     Gajah

Gajah adalah mamalia darat terbesar di dunia. Hewan ini memiliki telinga besar yang mirip dengan kipas dan belalainya yang panjang. Ada tiga spesies gajah di bumi saat ini, yakni Gajah Sabana Afrika, Gajah Hutan Afrika, dan Gajah Asia.

Hewan ini dikenal dengan ciri-ciri fisiknya yang khas. Gajah adalah hewan herbivora tetapi mereka masih membutuhkan gigi besar untuk memecah sejumlah makanan. Gajah Asia di alam liar biasanya hidup di mana saja dari 40 hingga 50 tahun, sementara Gajah Afrika hidup sedikit lebih lama, sekitar 60 tahun. Gajah adalah salah satu hewan cerdas, mereka bahkan memiliki kesadaran untuk bercermin. Binatang ini juga paling setia dan sangat perhatian.

(Foto : Pinterest)

Gajah betina membentuk suatu kelompok yang dipimpin oleh ibu pemimpin tertua. Gajah adalah makhluk lembut yang memikat hati dan imajinasi dari semua mamalia darat. Mereka memiliki otak yang paling besar.

Gajah bekerja sama untuk membesarkan anak mereka, mencari makanan dan air, serta bermigrasi melintasi wilayah jelajahnya. Mereka bahkan berduka atas kehilangan anggota kawanannya. Hewan ini mewariskan kekayaan pengetahuan mereka dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui induk gajah. Selain itu gajah juga memiliki indera pendengaran yang hebat dan kemampuan untuk mengirimkan vokalisasi dalam jarak yang cukup jauh. 

  1.     Singa

Singa adalah satwa liar yang sangat populer karena keberaniannya. Hewan ini  menyandang gelar kucing terbesar di dunia. Makhluk yang pandai mencari sumber daya ini tetap terhidrasi dengan darah mangsanya dan dari tanaman seperti melon Tsamma. Kucing besar ini memangsa zebra , rusa kutub, dan kerbau Cape.

Menariknya dari hewan ini, singa betina akan menjadi pemburu, sedangkan singa jantan mempertahankan wilayah kelompok dari kawanan dan predator yang bersaing. Saat mereka tidak berburu, singa betina dalam kawanan melindungi anak-anaknya.

(foto : Pinterest)

Meskipun singa tidak memiliki musim kawin tertentu, singa betina akan menyamakan periode kelahiran mereka dan membesarkan anak singa bersama-sama. Induk singa akan merawat, mengasuh, dan membantu membesarkan anak singa di seluruh kawanan singa, bukan hanya kawanan singa mereka sendiri.

Strategi pengasuhan anak secara komunal ini dimaksudkan untuk meningkatkan peluang dalam bertahan hidup. Meski singa adalah predator yang ganas dan ditakuti, tetapi hewan ini disebut  sangat setia dan berorientasi pada kelompok keluarganya. Seperti kawanan serigala, kelompok singa dipimpin oleh jantan dan betina yang dominan. Singa bekerja sama untuk mempertahankan wilayah dan sumber makanannya dari kelompok saingannya.

  1.     Hyena

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa Hyena bukanlah kucing atau anjing. Mereka termasuk dalam familinya sendiri, yaitu Hyaenidae. Hewan ini terdiri dari empat spesies berbeda, yakni hyena tutul (Crocuta crocuta), hyena cokelat (Parahyaena brunnea), hyena belang (Hyaena hyaena), dan aardwolf (Proteles cristata).

Mereka memiliki karakteristik dan perilaku menarik yang berkontribusi pada keseimbangan alam yang rumit. Hyena berkomunikasi melalui berbagai macam vokalisasi. Salah satu suara paling khas yang diasosiasikan dengan hyena adalah tawa khas mereka.

(Foto : Pinterest)

Hewan ini termasuk hewan yang memiliki rasa kesetiaan luar biasa. Mereka hidup dalam kelompok sosial yang sering menunjukkan kesetiaan satu sama lain. Hyena memainkan peran ekologis yang penting dengan berperan sebagai tim pembersih alam. Perilaku mereka dalam mencari makan membantu menjaga keseimbangan ekosistem.

Mereka hidup dalam klan besar yang dipimpin oleh betina berpangkat tertinggi. Klan hyena biasanya bekerja sama untuk mempertahankan diri dari serangan singa. Manariknya, hyena dikenal karena daya tahannya, terutama dalam hal bepergian dan berburu.

Beberapa spesies hyena, seperti hyena cokelat, beradaptasi dengan baik di lingkungan yang lebih kering, termasuk daerah semi-gurun. Meskipun hyena saat ini tidak tergolong hewan yang terancam punah, mereka menghadapi berbagai tantangan, termasuk hilangnya habitat dan konflik dengan manusia.

  1.     Angsa

Salah satu hewan yang menjadi simbol kesetiaan adalah angsa. Hewan ini dikenal paling setia yang hanya kawin sekali seumur hidup. Mereka memang dikenal sebagai hewan yang peka dan pintar.

Angsa menjadi salah satu hewan dengan bulu terbanyak.  Cygnets atau angsa kecil lahir dengan warna keabuan. Namun, seiring dengan pertumbuhannya, anak angsa akan mengganti bulunya menjadi berwarna putih. Angsa jantan dan betina membesarkan anak-anak mereka sebagai satu keluarga.

(Foto : Pinterest)

Jika pasangan angsa meninggal, mereka mungkin tidak akan pernah mencari pasangan lain. Rasa kesetiaan angsa tak hanya kepada pada pasangannya saja, namun juga sangat protektif terhadap anak-anaknya. Mereka tidak segan menyerang segala ancaman yang berpotensi membahayakan keluarganya. Uniknya lagi, angsa memiliki ingatan yang kuat dan itu membuatnya bisa mengenal mana orang yang baik dan tidak.

  1.     Rayap

Hewan yang paling setia berikutnya adalah Rayap. Hewan ini adalah jenis serangga purba yang sudah ada sejak 200 juta tahun lalu dan dijuluki sebagai insect of silent destroyer atau serangga penghancur secara diam-diam.

Rayap akan memiliki sayap saat ia telah memasuki usia matang untuk melakukan reproduksi dan membentuk koloni baru. Serangga pemakan kayu ini disebut-sebut merupakan hewan yang paling setia di dunia.

Apa yang Ditakuti Rayap?
(Foto : fumida.co.id)

Dari koloni rayap yang begitu banyak dan sangat besar, kisah cinta mereka bisa menjadi inspirasi. Ratu serangga hanya akan kawin sekali dengan rayap jantan, artinya hanya dengan satu pasangan saja. Sementara untuk rayap jantan tidak pernah kawin lagi.

Rayap merupakan serangga yang selalu bekerja selama 24 jam bahkan tidak pernah tidur. Terdapat tiga kasta rayap, yaitu rayap pekerja, rayap prajurit, dan reproduktif. Uniknya hewan ini harus hidup secara berkoloni karena jika tidak, maka mereka tidak akan bisa hidup.

  1.     Burung Parkit

Hewan ini merupakan salah satu jenis hewan yang populer dipelihara. Burung ini terkenal akan sifatnya yang jinak dan warnanya yang mencolok. Ada 16 spesies burung parkit yang berbeda. Burung parkit bisa berumur panjang karena mereka bisa hidup hingga 10 tahun.

(Foto : Pinterest)

Mereka juga dikenal paling setia dengan pasangannya, karena itu hanya memiliki satu pasangan seumur hidup. Selain itu, mereka merupakan hewan sosial yang merasa kesepian dan sedih jika tidak ditemani. Mereka membutuhkan pasangan di samping mereka di kandangnya agar bisa bahagia.

Anda mungkin suka : Wisata Alam Jurug Zoo | Kebun Binatang Jurug Solo

Terpopuler : Peralatan Sekolah Lengkap yang Wajib Dimiliki Siswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *