Taman Andhang Pangrenan, Lahan Terminal Disulap Jadi Taman Rekreasi

FOTO : Republikwisata.com

Jatengkita.id – Ada satu tempat yang ramai dikunjungi oleh warga Banyumas khususnya warga kecamatan Purwokerto Selatan bernama taman rekreasi Andhang Pangrenan. Taman tersebut diresmikan pada tanggal 13 April 2011 oleh Bupati Banyumas yang sedang menjabat yaitu Drs. Mardjoko.

Sebelum menjadi taman Andhang Pangrenan, tempat tersebut merupakan terminal bus namun karena ada perubahan terminal tersebut dipindahkan dan bekas dari terminal tersebut dijadikan sebuah taman kota. Penamaan taman inipun memiliki arti, kata Andhang yang berarti tempat dan Pangrenan yang memiliki arti senang atau riang.

Andhang Pangrenan Terapkan RTH Ramah Anak, Usulkan Tambah Permainan
FOTO : Radar Banyumas

Taman rekreasi Andhang Pangrenan merupakan salah satu objek wisata yang memiliki beragam wahana di dalamnya. Tak perlu khawatir bagi para pengunjung yang memiliki anak, di sana terdapat wahana bermain anak-anak, dan juga terdapat wisata kuliner serta fasilitas penunjang lainnya. Tak perlu risau dengan harga tiket yang mahal, untuk masuk ke taman ini hanya merogoh kocek Rp 5.000 per orang. Untuk jam operasional dari taman Andhang Pangrenan ini sendiri buka setiap hari setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Buat para pengunjung yang suka berswa foto, taman ini memiliki beberapa spot foto yang tentunya instagramable. Di sepanjang area tempat wisata tersebut terdapat beragam replika flora dan fauna yang berukuran cukup besar, seperti replika bunga raflesia, badak, merak, naga, jerapah, serta spot pewayangan dan masih banyak lagi. Kemudian pengunjung juga akan dimanjakan dengan terowongan lampion dimana tersusun berpuluh-puluh lampion yang memenuhi atas terowongan.

taman kota andhang pangrenan purwokerto | Pusat Informasi Purwokerto dan  Banyumas

Spot foto selanjutnya adalah area piknik dan olahraga, tempat ini sangat cocok digunakan untuk para keluarga yang ingin berlibur di akhir pekan. Pengunjung bisa membawa bekal sembari piknik di atas rerumputan yang ada di taman tersebut, atau sekadar berolahraga, karena di taman ini tersedia juga  jogging track. Dan yang menjadi spot foto terakhir adalah taman bermain anak, di sana tersedia wahana playground seperti bianglala, ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, serta penyewaan ATV dan masih banyak lagi. Para orang tua tak perlu khawatir karena wahana tersebut aman dan nyaman.

Nikmati akhir pekanmu dengan mengunjungi taman Andhang Pangrenan yang ada di Purwokerto ini bersama keluarga serta orang-orang terkasih kalian. Disarankan mengunjungi taman tersebut pada pagi hari atau menjelang sore agar tidak terlalu panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *