Ternyata, Salatiga Kota Literasi

by

SALATIGA – Pertengahan 2016 lalu tepatnya bulan Mei, saat memperingati Hari Pendidikan Nasional, Pemerintah Kota Salatiga mencanangkan Kota Salatiga sebagai Kota Literasi. Pencanangan Kota Literasi atau Kota dengan budaya membaca tersebut dilaksanakan oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto saat upacara Hardiknas Tingkat Kota Salatiga di Lapangan Pancasila, Salatiga.

Tidak berhenti di pencanangan, ternyata dalam prestasi Salatiga juga unggul, berikut adalah deretan prestasi dalam bidang pendidikan dan anak yang diraih pemerintah salatiga sepanjang tahun 2015;

  • Peringkat 5 Besar dalam indeks Kota Cerdas Indonesia dalam Kategori Kota Kecil berpenduduk sampai dengan 200.000
  • Penghargaan Nugraha Jasa Dharma Pustaloka dibidang pengelolaan Perpustakaan
  • Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Pratama 2015
  • Kota Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Pertama se-Indonesia

Pada saat seremonial sebagaimana dirilis di website resmi Pemerintah Provinsi Jateng, pencanangan sebagai kota literasi didahului dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Salatiga dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Salatiga tentang Kota Literasi dan kemudian diikuti dengan kegiatan membaca buku oleh para undangan.

“Penandatanganan ini adalah dalam rangka usaha menumbuhkembangkan budaya baca yang terstruktur dan berkelanjutan di Kota Salatiga. Pencanangan ini sesuai dengan Surat Keputusan Walikota Salatiga Nomor 420 / 259 / 2016 Tahun 2016,” jelas Yulianto.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas, Sri Satuti menjelaskan bahwa dalam upacara tersebut diserahkan pula penghargaan kepada guru dan siswa-siswi berprestasi se-Kota Salatiga. Penyerahan kepada guru berprestasi antara lain; Sri Wahyudi – SMK Negeri 2 sebagai Juara I Teaching Competition; Bernadetha Tri – SMK Negeri 2 sebagai Juara I Lomba PTK dan Lomba Artikel Ilmiah; Wachid Nugroho – SMK N 2 sebagai juara OSN Olimpiade Matematika; dan seterusnya.

Sedangkan penghargaan kepada siswa siswi berprestasi antara lain; Liviana Rizki – SMA N 3 dengan prestasi Juara I Estafet 4×100 m dalam South East Asia Youth Athletics Championships; Rieke Febrianti – SMP N 3 sebagai juara II lari 3.000 m dalam ajang yang sama; Nanik Dwi Purwati – SMP N 8 dengan prestasi Juara II Halang Rintang (Steeplechase) 200 m dan Juara III Lari 1.500 flat dalam ajang South East Asia Youth Athletics Championships. Selain ketiga siswi tersebut, penghargaan juga diserahkan kepada 35 siswa berprestasi lainnya.

Menutup rangkaian acara peringatan Hardiknas, Pemerintah Kota Salatiga melaksanakan Tabur Bunga di TMP Dharma yang dipimpin oleh Wakil Walikota, Muh. Haris. Tabur bunga diikuti oleh Jajaran Forkopinda, guru-guru dan siswa di Salatiga.

About Author: rakamsi

Gravatar Image
bermanfaat, atau hilang tanpa nama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *