Tiga Dawuh Gus Akom Brebes

by
oleh ; Ekojun
Dawuh GUS AKOM BREBES

Masih dalam suasana pilkada, dalam memilih pemimpin Gus Akom memberikan 3 petunjuk khusus, yakni :

Pertama, Keteladanan
Seorang pemimpin harus bisa memberikan keteladanan bagi rakyatnya. Hal ini sangat penting karena apa yang dilakukan oleh pemimpin biasanya akan ditiru atau minimal dijadikan sebagai pedoman dan pembenar bagi rakyatnya. Jika pemimpinnya menyukai sesuatu, biasanya rakyat akan mengikutinya. “Jika pemimpin suatu kaum senang dengan hal – hal yang baik, maka rakyat akan mudah diarahkan pada kebaikan. Namun jika pemimpinnya rusak, maka standar kebenaran juga bisa salah” jelas Gus Akom.

Kedua, Memberi Contoh
Contoh dan tindakan nilainya jauh lebih tinggi ketimbang kata – kata dan pidato. Dengan mudah, rakyat akan membandingkan antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan. Disini dinilai konsistensi dan integritas dari seorang pemimpin. “Memberi contoh berarti dia melakukan apa yang diucapkan. Jangan sampai kita memilih pemimpin yang hanya bisa berceramah, tapi tidak bisa melaksanakan isi pidatonya. Rakyat harus diselamatkan dari korban pencitraan media” tutur Gus Akom.

Ketiga, Mendidik
Layaknya orang tua dan guru, pemimpin juga harus bisa mendidik rakyatnya. Yakni mengarahkan masyarakat agar memiliki akhlaqul karimah. Bisa dengan membuat peraturan dan kebijakan tertentu. Bisa pula dengan menghidupkan kebiasaan dan menjalankan program tertentu. “Disini, seorang pemimpin dituntut untuk jeli dan bersabar. Sama seperti dikelas, ada murid yang baik dan gampang belajar dan adapula murid yang nakal dan sulit mencerna pelajaran. Memang begitulah tabiat masyarakat” kata Gus Akom.

Gus Akom berharap bahwa seluruh proses Pilkada yang diselenggarakan akan menghasilkan pemimpin yang amanah, berpengalaman dan profesional.

About Author: rakamsi

Gravatar Image
bermanfaat, atau hilang tanpa nama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *