Tipe-Tipe Pemudik Saat Lebaran, Nomor 3 Harus Kuat Mental

FOTO : Ilustrasi Mudik Lebaran (dok IDX Channel)

Jatengkita.id – Menjelang akhir bulan Ramadan, masyarakat di Indonesia dengan segala keunikannya memiliki budaya yang dinamakan mudik lebaran. Mudik yang berarti ‘mulih dhilik’ atau dalam bahasa Indonesia diartikan ‘pulang sebentar’ dilakukan oleh para perantau menuju kampung halamannya untuk berkumpul bersama keluarga di moen Hari Raya Indul Fitri.

Biasanya para pemudik melakukan perjalanan dua hari sampai satu minggu sebelum lebaran. Adanya pemudik ini menimbulkan kemacetan di jalan Tol serta akses menuju ke kampung halaman yang kondisi jalannya cukup rusak.

Namun dengan segala kendala yang ada tak memadamkan semangat para pemudik, untuk pulang ke kampung halaman bertemu serta berkumpul bersama keluarga besar.

Peta Kemacetan Polri di Jawa-Sumatera saat Mudik Lebaran 2023 - Teropong  Media

Berikut ini adalah tipe – tipe pemudik saat lebaran :

  1. Mudik Keluarga Besar

7 Tips Mudik Lebaran, Aman dan Nyaman Berkendaraan, Ingat Keluarga Menanti  Anda Selamat Sampai Kampung - Sumsel 24

Tipe mudik yang pertama adalah tipe keluarga besar. Pada tipe ini satu keluarga yang berisi ibu, bapak, serta anak-anaknya yang mengendarai mobil.

Prinsip dari tipe ini adalah “bismillah satu mobil muat”. Dengan prinsip itulah sebanyak apapun anak dalam keluarga tersebut diusahakan untuk muat dalam satu mobil.

  1. Keluarga Berencana

Ada 10.440 Slot Mudik Motor Gratis 2023 dari Kemenhub, Kapan Pendaftarannya?

Tipe mudik yang berikut ini sama seperti program pemerintah yaitu keluarga berencana, dimana dalam satu keluarga yang mudik adalah ibu, bapak, serta kedua anak mereka.

  1. Sendirian

Kumpulan Foto Pemudik Motor Lengkap dengan Tulisan Unik, Mana yang Paling  Kocak? - Motorplus

Ini nih tipe mudik yang bikin ngenes, mudik sendirian. Biasanya tipe mudik ini dialami oleh para jomblowan serta jomblowati yang siap-siap untuk ditanyai “mana calonnya?” saat lebaran kelak.

Tipe pemudik ini dikatakan cukup kuat karena mereka menempuh jarak yang cukup jauh untuk bertemu keluarga dengan mengendarai mobil atau motor mereka sendirian. Semoga selalu dikuatkan untuk tipe pemudik satu ini serta segera diberikan teman untuk mudik di tahun berikutnya.

  1. Mudik Rombongan

Pemprov DKI Buka Mudik Gratis! Cek Nih Syarat & Cara Daftarnya

Tipe pemudik yang satu ini biasanya dilakukan oleh para perantau yang memiliki domisili atau berasal dari daerah yang sama.

Mereka berbondong-bondong mengendarai kendaraan masing-masing untuk pulang ke kampung halaman. Momen mudik rombongan ini kerap kali menarik perhatian, pasalnya mereka tidak hanya berangkat secara bersamaan saja, namun mereka biasanya sengaja membawa bendera atau mengenakan pakaian yang seragam.

  1. Mudik Berdua

Tipe mudik yang satu ini dilakukan oleh dua orang, entah itu bersama pasangan, teman, atau sahabat.

  1. Mudik ala anak kuliahan

Nah ini tipe mudik yang biasanya anak kuliahan lakukan. Belum waktunya libur sudah gercep buat mesen tiket.

Jadi kamu tipe pemudik yang mana ni?

Tipe manapun kalian, dalam menempuh perjalanan garus selalu perhatikan keselamatan serta kesehatan selama berkendara. Karena ada keluarga besar yang menanti kepulanganmu dengan selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *