Tips Make Up untuk Pemula

Tips Make Up untuk Pemula
Tips Make Up untuk Pemula (FOTO : Unsplash)

Jatengkita.id – Bagi orang yang baru memulai, belajar merias wajah atau make up bisa menjadi momen yang penuh semangat dan penasaran. Simak yuk tips make up untuk pemula berikut ini!

Bagi mereka yang baru terjun ke dunia rias wajah, penting untuk memulai dengan langkah-langkah yang sederhana dan mendasar terlebih dahulu. Kemudian, seiring dengan perjalanan dan pengalaman, baru eksplorasi ke teknik yang lebih mendalam.

Menguasai dasar-dasar make up dengan baik dan benar adalah kunci untuk membangun fondasi yang kuat dalam dunia make up. Dengan memahami urutan yang tepat dalam merias wajah, pemula dapat menghindari kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi.

Mulai dari persiapan kulit hingga tahap akhir riasan, setiap langkah memiliki peran penting dalam menciptakan tampilan yang memukau.

Tidak hanya mengandalkan kepiawaian dalam menggunakan produk make up, pemula juga perlu memahami karakteristik dan kebutuhan kulit mereka.

Dengan begitu, mereka dapat memilih produk-produk yang sesuai dengan kondisi kulitnya masing-masing, sehingga hasil riasan menjadi lebih optimal dan tahan lama.

Jangan ragu untuk terus belajar dan bereksperimen, karena praktik adalah kunci utama dalam memperoleh keahlian yang lebih baik. Jadi, jika ingin mengetahui urutan make up yang benar untuk pemula, mari pelajari bersama di sini!

Skin Preparation

Banyak pemula yang baru memulai dalam merias wajah mungkin belum menyadari bahwa hasil riasan yang bagus dan tahan lama tidak hanya ditentukan oleh produk make up yang dipilih, tetapi juga oleh kondisi kulitnya.

Jika kulit tidak dalam kondisi optimal karena kurang terawat, kemungkinan besar produk make up yang digunakan akan mengalami masalah seperti sulit menempel, cepat luntur, retak, dan menggumpal di garis-garis serta lipatan wajah.

Sebelum memulai proses merias wajah, sangat disarankan untuk menerapkan langkah-langkah perawatan kulit terlebih dahulu agar kulit menjadi bersih dan terhidrasi yang dikenal dengan skin prep (preparation).

Mulailah dengan membersihkan wajah menggunakan facial wash atau micellar water, kemudian lanjutkan dengan penggunaan serum atau pelembap.

Jangan lupakan pula perlunya mengaplikasikan sunscreen skin jika proses merias wajah dilakukan pada pagi atau siang hari.

Biarkan produk skincare yang telah diaplikasikan meresap atau menetap di kulit wajah dengan memberikan jeda waktu sekitar 5-10 menit sebelum memulai proses merias wajah.

Urutan Melakukan Make Up

Tidak rumit, 10 langkah serta urutan penggunaan make up ini sudah cukup bagi kamu yang masih pemula.

Pilihlah produk make up yang cocok dengan jenis kulitmu agar hasil riasan wajahmu tetap optimal dan tidak mengalami masalah.

  1. Primer

Banyak orang yang mengabaikan langkah penggunaan primer dalam merias wajah karena merasa bahwa hal tersebut tidaklah penting. Padahal, penggunaan primer memiliki manfaat besar dalam mempersiapkan kulit wajah.

Primer" dan pelembap, mana yang dipakai lebih dulu sebelum berias? - ANTARA  News

Primer tidak hanya membuat tekstur kulit menjadi lebih halus, tetapi juga membantu menyamarkan tampilan pori-pori yang besar. Dengan demikian, kulit wajahmu akan menjadi kanvas yang sempurna untuk aplikasi make up, memberikan hasil yang lebih halus dan tahan lama.

Jadi, jangan sepelekan langkah penggunaan primer ini dalam rutinitas merias wajahmu.

  1. Foundation

Langkah berikutnya dalam proses merias wajah yang tepat adalah mengaplikasikan foundation. Mulailah dengan mengoleskan foundation secara merata di seluruh wajah dengan jumlah yang cukup, lalu tambahkan lapisan baru jika diperlukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Ketahui Perbedaan CC Cream dan Foundation

Hal ini penting untuk mencegah terlalunya penggunaan foundation yang dapat membuat riasan terlihat tebal dan tidak alami. Untuk pengaplikasiannya, disarankan untuk menggunakan spons atau kuas foundation.

Ratakan foundation dengan cara menepuk-nepuk secara lembut (hindari menggesek) dengan sedikit tekanan agar produk dapat menyatu dengan baik dengan kulit. Dengan teknik yang tepat, hasil akhir riasan wajahmu akan terlihat lebih natural dan flawless.

Pastikan untuk memperhatikan langkah ini dalam proses merias wajahmu agar mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Concealer

Jika terdapat kekurangan pada kulit wajah, seperti jerawat aktif, bekas jerawat, kemerahan, atau lingkaran hitam di sekitar mata, langkah selanjutnya dalam merias wajah yang tepat adalah menggunakan concealer.

Samarkan Noda Wajah dengan Concealer, Berikut 4 Jenisnya | BALIPOST.com

Gunakan concealer dengan jumlah yang sesuai hanya di area yang memerlukan perbaikan, lalu ratakan dengan lembut menggunakan spons atau kuas. Dengan cara ini, kamu dapat menyamarkan kekurangan tersebut dan menciptakan tampilan wajah yang lebih merata dan bersih.

Jadi, pastikan untuk memperhatikan langkah ini dalam rutinitas merias wajahmu agar mencapai hasil yang diinginkan.

  1. Bedak

Langkah berikutnya dalam merias wajah yang benar untuk menyempurnakan complexion adalah mengunci foundation dan concealer untuk menjaga agar tidak tergeser dengan menggunakan bedak.

Selain itu, penggunaan bedak juga memiliki manfaat lain, seperti menyerap kelebihan minyak pada wajah, terutama di zona T (dahi, hidung, dan dagu).

Ini Perbedaan Jenis dan Fungsi Bedak yang Wajib Kamu Tahu

Kamu dapat menggunakan bedak tabur atau bedak padat dan mengaplikasikannya dengan tipis-tipis di seluruh wajah menggunakan kuas bedak.

Dengan demikian, tidak hanya membantu menjaga riasan tetap awet dan tahan lama, tetapi juga memberikan tampilan yang lebih matte dan bebas kilap pada kulit wajah.

Jadi, pastikan untuk tidak melewatkan langkah ini dalam proses merias wajahmu untuk hasil yang lebih sempurna.

  1. Eyeliner

Bagi mereka yang baru memulai dalam merias mata, disarankan untuk menggunakan eyeliner pensil karena lebih mudah dalam penggunaannya dan dapat dihapus dengan cepat jika terjadi kesalahan saat aplikasi.

Eyeliner for the perfect line: discover our wide range

Sebaiknya, untuk saat ini, hindari mencoba membuat winged atau cat eyeliner karena tekniknya tergolong sulit bagi pemula.

Cukup gunakan teknik classic eyeliner untuk membingkai bagian atas mata agar terlihat lebih menonjol dan terdefinisi.

Dengan fokus pada teknik yang lebih sederhana terlebih dahulu, kamu dapat membangun kepercayaan diri dalam merias mata dan secara bertahap memperluas keahlianmu.

Jadi, jangan terburu-buru dan nikmati proses belajar merias mata dengan produk eyeliner yang sesuai dengan tingkat kemampuanmu.

  1. Mascara

Dalam penggunaan maskara sehari-hari, disarankan untuk memilih produk yang dapat meningkatkan panjang, kelentikan, atau ketebalan bulu mata. Untuk mendapatkan hasil yang terlihat alami, gunakan sedikit maskara dan sapukan hanya sekali saat aplikasi.

Volume-enhancing and lengthening effect waterproof mascara - UNMEASURABLE  LENGTH MASCARA - KIKO MILANO

Sebelum mengaplikasikan maskara, pastikan untuk menggunakan penjepit bulu mata terlebih dahulu selama sekitar 20 detik agar bulu mata terangkat dengan maksimal.

Dengan cara ini, bulu mata akan terlihat lebih lentik dan memberikan tampilan yang lebih natural pada riasan mata.

Jadi, ingatlah tips ini dalam merias mata sehari-hari untuk menciptakan tampilan yang menawan dan terawat.

  1. Pensil Alis

Pilihan yang praktis yaitu dengan menggunakan pensil alis mekanik. Kamu tidak memerlukan raut dan biasanya dilengkapi dengan spoolie untuk membantu menyempurnakan hasil.

11 Merk Pensil Alis Matic Terbaik di Indonesia 2024

Pensil alis ini dapat digunakan untuk membentuk dan mengisi bagian tengah hingga bagian belakang alis dengan warna yang sesuai.

Sedangkan bagian depan alis dapat diberi detail dengan membuat goresan-goresan yang menyerupai rambut alis, kemudian di-blend untuk memberikan tampilan yang lebih natural.

Dengan menggunakan pensil alis mekanik, proses merias alis menjadi lebih praktis dan hasilnya lebih rapi.

Jadi, pilihlah pensil alis yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhanmu untuk menciptakan tampilan alis yang sempurna setiap saat.

  1. Blush

Makeup ini dapat memberikan kesan segar dan bercahaya pada wajahmu. Oleh karena itu, langkah selanjutnya dalam merias wajah yang benar adalah mengaplikasikan blush di sepanjang tulang pipi hingga ke arah pelipis.

Selanjutnya, ratakan menggunakan kuas besar agar hasilnya terlihat lebih natural. Blush memberikan sentuhan akhir yang penting dalam membangun dimensi pada wajah dan menambahkan warna yang menyegarkan.

Dengan mengikuti langkah ini, wajahmu akan terlihat lebih hidup dan bercahaya. Jadi, jangan lupakan langkah ini dalam rutinitas merias wajahmu untuk mencapai hasil yang optimal.

  1. Pewarna Bibir

Setelah merias pipi dengan blush, langkah selanjutnya dalam urutan merias wajah adalah merias bibir. Jika ingin menciptakan tampilan yang trendi dengan bibir yang berkilau dan penuh, ada beberapa pilihan produk yang dapat dipilih seperti tinted lip gloss, lip tint, atau lip vinyl.

Mengenal Pewarna Bibir Yang Biasa Wanita Gunakan – Tangcity Mall

Semua produk ini memiliki konsistensi cair, sehingga penting untuk belajar cara mengaplikasikannya dengan rapi di sepanjang garis bibir.

Dengan memilih salah satu dari produk-produk tersebut, bibirmu akan terlihat lebih menarik dan menonjol, memberikan sentuhan akhir yang sempurna pada tampilan keseluruhan.

Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai produk untuk menemukan gaya yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.

  1. Setting Spray

Langkah terakhir dalam merias wajah dengan benar adalah menggunakan setting spray untuk mengunci hasil keseluruhan aplikasi make up.

11 Setting Spray untuk Wajah Terbaik di Indonesia 2024 - ProductNation

Setting spray diaplikasikan agar tampilan wajah tetap terjaga dan tahan lama, serta mencegah wajah menjadi berminyak.

Semprotkan setting spray secara merata dari jarak sekitar 20-25 cm ke arah wajah. Dengan langkah ini, make upmu akan terlihat segar dan rapi sepanjang hari, tanpa perlu khawatir tentang geseran atau kilap yang tidak diinginkan.

Jadi, pastikan untuk menambahkan langkah ini dalam rutinitas merias wajahmu untuk hasil yang maksimal.

Demikianlah urutan merias wajah yang sesuai untuk para pemula. Kamu dapat menyesuaikannya dengan keinginan dan gaya yang kamu inginkan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga Skin Cycling, Tren Skincare Malam Minim Iritasi yang Bikin Kulit Glowing 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *