Tunjukkan Kontribusi, UNNES Inisiasi Program Sekolah Siap Siaga Bencana

(Foto : pusatkrisis.kemkes.go.id)

Jatengkita.id – Universitas Negeri Semarang (UNNES) menginisiasi kegiatan “Sekolah Siap Siaga Bencana” di SD Antonius 2 Kota Semarang. Program ini diadakan pada hari Rabu (28/02/2024) dan bertujuan untuk mempersiapkan siswa, guru, dan staf sekolah dalam menghadapi dan mengurangi resiko bencana.

Kegiatan ini mencakup perencanaan, pelatihan, dan simulasi untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai jenis bencana seperti gempa bumi, tanah longsor, dan banjir.

Kegiatan ini dipandu oleh tim pengabdian dari UNNES. Ada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UNNES Sex Care Community (USEC) dan Himpunan Kegiatan Mahasiswa (HIMA) Kesejahteraan Mahasiswa (Kesmas) UNNES. Kedua lembaga tersebut terdiri dari mahasiswa dan dosen. Selama kurang lebih 2,5 jam, mereka memberikan berbagai pengetahuan dan keterampilan praktis kepada 300 siswa. Mereka terdiri dari kelas 4, 5, dan 6, yang terbagi dalam sembilan kelas.

Kegiatan dimulai dengan forum bersama untuk bermain games dilanjutkan dengan sesi materi kebencanaan, sebelumnya siswa telah melakukan pre-test untuk mengukur pengetahuan siswa.

Sesi pre-test

Dalam pelaksanaannya, para siswa diajarkan cara bertindak cepat dan tepat saat terjadi bencana. Misalnya, dalam simulasi gempa bumi, mereka dilatih untuk berlindung di bawah meja dan segera evakuasi ke tempat yang aman. Selain itu, siswa juga mendapatkan pengetahuan tentang langkah-langkah pencegahan dan mitigasi untuk meminimalkan dampak bencana melalui games menarik dan bernyanyi bersama.

Sesi games kebencanaan

Kepala SD Antonius 2, Ibu Yasinta Jumirah, S.Pd.SD. menyambut baik kegiatan ini dan menekankan pentingnya kesiapsiagaan bencana sejak dini.

“Kami sangat berterima kasih kepada UNNES atas inisiatif ini. Melalui kegiatan ini, siswa kami tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tetapi juga pengalaman langsung yang sangat berharga dalam menghadapi situasi darurat,” ujarnya.

Foto bersama tim UNNES dengan kepala SD Antonius 2

Program “Sekolah Siap Siaga Bencana” ini menunjukkan komitmen kuat UNNES dalam memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, terutama dalam bidang edukasi dan kesiapsiagaan bencana. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan seluruh warga sekolah SD Antonius 2 lebih siap dan sigap dalam menghadapi berbagai ancaman bencana. Selain itu juga bisa menjadikan lingkungan sekolah yang lebih aman dan tangguh.

Baca juga : Waspada Kekeringan! Ini Tips Siaga Bencana Jelang Musim Kemarau

Rekomendasi untuk anda : Tips Siaga Menghadapi Bencana Banjir Menurut BNPB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *