Viral! Perdana Menteri Israel Alami Penyakit Hernia

Perdana Menteri Israel - Benjamin Netanyahu
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Jalani Operasi Hernia

Jatengkita.id – Penyerangan Israel ke Palestina hingga saat ini masih terus bergulir. Setelah hampir enam bulan lamanya Israel menyerang Palestina, kabar mengejutkan hadir dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dikabarkan masuk rumah sakit AS dikarenakan penyakit Hernia yang dideritanya.

Hernia adalah kondisi medis di mana lemak, jaringan, atau bagian dari organ tubuh mendorong melalui titik lemak atau lubang di otot atau jaringan ikat perut.

Mengenal Penyakit Hernia 

Hernia dapat ringan dan tidak mengganggu atau bahkan berbahaya, tergantung pada jenisnya.

Kondisi ini paling sering terjadi pada orang dewasa di selangkangan atau perut. Penderita mungkin melihat atau merasakan tonjolan.

Selain itu, pengidap mungkin mengalami rasa sakit yang lebih parah saat melakukan hal-hal tertentu, seperti mengangkat sesuatu atau berdiri untuk waktu yang lama.

Kondisi ini dapat muncul secara tiba-tiba setelah seseorang membungkuk, batuk, tertawa, atau mengangkat beban yang berat.

Kebanyakan kondisi ini bersifat eksternal, artinya, jaringan mendorong melalui dinding perut ke arah luar tubuh. Hal tersebut sering menyebabkan tonjolan yang bisa kamu lihat.

Namun ia juga bisa terjadi secara internal, yang berarti tetap berada di dalam tubuh (di dalam perut).

Problem pada kanalis inguinalis, tempat testis turun sebelum atau setelah kelahiran, dapat menyebabkan hernia inguinalis pada pria. Kondisi ini disebabkan oleh kelemahan otot di area saluran ini.

Selain itu, hernia umbilikalis dapat terjadi selama kehamilan karena tali pusar melewati lubang di otot perut bayi. Lubang biasanya menutup setelah bayi lahir, tetapi jika otot tidak menyatu sepenuhnya di dinding perut, hernia umbilikalis dapat terjadi saat lahir atau di kemudian hari.

Hernia umbilikalis pada orang dewasa dapat disebabkan oleh terlalu banyak tekanan perut. Penyebab lain termasuk obesitas, kehamilan kembar, dan operasi perut sebelumnya.

Operasi mungkin disarankan jika kalian memiliki hernia umbilikalis. Seorang dapat menghindari komplikasi bedah pada usia 4 hingga 5 tahun, terutama jika ukurannya besar atau jika belum sembuh.

Karena hernia umbilikalis pada orang dewasa tidak akan membaik dengan sendirinya dan memiliki risiko komplikasi yang lebih besar, pembedahan biasanya disarankan.

Salah satu dari tiga kategori prosedur operasi hernia adalah:

  1. Operasi Terbuka. Ini adalah operasi dengan membuat sayatan ke dalam tubuh di lokasi terjadinya. Jaringan yang menonjol dipasang kembali dan dinding otot yang melemah dijahit kembali. Terkadang sejenis jaring ditanamkan di area tersebut untuk memberikan dukungan ekstra.
  2. Operasi Laparoskopi. Tindakan ini melibatkan jenis operasi yang sama dengan sebelumnya. Namun, alih-alih memotong bagian luar perut atau selangkangan, sayatan kecil dibuat untuk memungkinkan penyisipan alat bedah untuk menyelesaikan prosedur.
  3. Perbaikan Hernia Robotik. Seperti operasi laparoskopi, menggunakan laparoskop dan dilakukan dengan sayatan kecil. Dengan operasi robotik ini, ahli beda duduk di konsol di ruang operasi, dan menangani instrumen bedah dari konsol. Sementara itu, operasi robotik dapat digunakan untuk beberapa  jenis yang lebih kecil, atau area yang lemah. Sekarang juga dapat digunakan untuk merekonstruksi dinding perut.

Seseorang tidak dapat mencegah cacat bawaan yang membuatnya rentan terhadap kondisi ini. Namun, kamu dapat mengurangi ketegangan pada otot dan jaringan perut, misalnya dengan:

  1. Mempertahankan berat badan yang sehat.
  2. Mengonsumsi makanan berserat tinggi.
  3. Angkat benda dengan hati-hati atau hindari mengangkat beban berat. Jika harus mengangkat sesuatu yang berat, selalu tekuk dari lutut, bukan dari pinggang.
  4. Berhenti merokok karena merokok sering menyebabkan batuk kronis yang dapat menyebabkan atau memperburuk hernia inguinalis.

Baca Juga Batasi Garam! Berikut 7 Cara Menjaga Ginjal Tetap Sehat 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *