Wajib Tahu! Kenali Perbedaan Bihun, Soun, dan Misoa

perbedaan bihun, soun dan misoa
Mie Bihun (FOTO : (SHUTTERSTOCK/KRITCHAI7752)

Jatengkita.id – Bihun, soun, dan misoa merupakan salah satu jenis mie yang populer. Ketiganya memiliki warna yang sama yakni putih. Meskipun serupa, ternyata ketiga jenis mie tersebut memiliki perbedaan yang perlu di kita kenali. Berikut ini perbedaanya!

Bihun, soun dan misoa seringkali banyak orang yang masih salah dalam mengenalinya, karena punya bentuk yang sekilas mirip jadi terkadang sulit untuk membedakannya.

Bihun, soun, dan misoa termasuk jenis mie yang sering muncul di berbagai masakan khas nusantara seperti soto dan bakso.

Resep Misoa Kuah Rendah Kolesterol

Sering dijadikan pelengkap olahan lainnya juga, memang ketiga bahan makanan tersebut sekilas nampak sama. Ketiganya memiliki warna putih atau transaparan.

Tak hanya itu saja, baik bihun, soun, maupun misoa juga memiliki bentuk yang mirip yakni panjang dan tipis seperti benang. Meski terlihat sama, namun ternyata ketiga jenis mie tersebut tidak bisa disamakan lho, karena memang ketiganya berbeda.

Lantas apa saja perbedaan bihun, soun, dan misoa? Agar tidak salah sebut dan keliru dalam memilih bahan masakan, berikut kami rangkum agar bisa menambah wawasan anda, simak perbedaannya berikut ini.

  1.     Bihun

Bihun memiliki nama lain Rice Noodle/Rice Vermicelli/Rice Sticks mie ini merupakan jenis mie yang terbuat dari tepung beras, memiliki warna putih cenderung kusam, dan teksturnya tipis namun tidak setipis soun.

Resep Bihun Kering Ebi, Lauk Tambahan untuk Olahan Daging

Mie bihun juga tidak terlalu licin saat di masak, biasanya diolah menjadi hidangan bihun goreng. Dengan tekstur yang lembut, bebas gluten, bihun menyumbang kalori yang lebih sedikit dari mie, sehingga jadi salah satu makanan pilihan beberapa orang sebagai pengganti mie ketika diet.

Produk tepung beras seperti bihun memiliki rasa dan tekstur yang mirip dengan produk gandum, sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diet bebas gluten.  

  1.     Soun

Soun atau mie kaca alias mie plastik merupakan jenis mie yang punya warna putih cenderung transparan sama seperti bihun dan misoa, soun terbuat dari saripati kacang hijau.

3 Cara Masak Soun agar Tidak Lengket, Rendam di Air Dingin

Tekstur mie ini kering dan keras, serta bentuknya tipis mirip benang. Soun yang sudah matang biasanya cenderung punya warna transparan dan mudah patah.

Soun alias glass noodles selain dari saripati kacang hijau ada juga yang terbuat dari kentang, tepung tapioka, ubi, ataupun singkong.

Jenis mie ini mengandalkan isolasi pati dari sumber bahan baku yang digunakan. Soun biasanya diolah menjadi masakan yang mudah dan berkuah seperti tekwan, pempek, sup, bakso dan soto.

  1.     Misoa

Misoa dibuat dengan tepung terigu, berwarna lebih putih dan lebih tipis, namun ketika dimasak menjadi tebal.

Just Try & Taste: Resep Misoa Kuah Udang

Jika bihun dan soun memiliki warna putih cenderung sedikit transparan, maka misoa memiliki warna putih.

Misoa bertektur super lembut. Saking lembutnya, saat di masak misoa akan lebih cepat matang, tak perlu memakan waktu.

Jenis mie ini berasal dari wilayah Fujian, China, misua sering dijadikan hidangan utama tradisional ketika orang Tiongkok berulang tahun, karena menurut sejarah, misua diklaim sebagai mi panjang umur.

Baca Juga Ragam kuliner Mie di Jawa Tengah, Mana Favoritmu? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *