Ini Dia Wisata Banjarnegara Serulingmas

by

Jatengkita.id, BANJARNEGARA – Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) terdapat di Kelurahan Kutabanjar, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah. Awal mulanya adalah satu taman yang  merupakan rimba kota yang sudah dihijaukan sejak th. 1994. Taman yang diresmikan oleh Jenderal TNI (Purn) Susilo Sudarman (alm), saat masih menjabat Ketua Paguyuban Seruan Eling Banyumas (Serulingmas), pada 21 Agustus 1997.

TRMS di bangun pada saat Bupati (waktu itu) Drs Nurachmad. Di taman itu hidup kian lebih 36 type hewan memamah biak, burung, serta binatang melata dan tanaman langka. Dua ekor gajah Sumatera, alumnus sekolah gajah Way Kambas, Lampung. Diluar itu ada juga harimau benggala, singa Afrika, serta seekor beruang.

Tempat yang dipunyai TRMS Serulingmas keseluruhannya yaitu lebih kurang 100. 000 m² atau 10 ha, di mana yang 50. 000 m² telah ada infrastruktur serta fasilitasnya, sedang yang 50. 000 m² yang lain adalah tempat kosong.

 

Kolam Renang Seruling mas Banjarnegara. Foto : http://wisata-tanahair.com

Obyek wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas terdapat tak jauh dari pusat kota Banjarnegara. Cuma sekitaran 2 km ke arah barat, Taman yang ada di bantaran sungai Serayu, sungai sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air Mrica di Kecamatan Bawang. Untuk hingga di tempat wisata ini begitu gampang dijangkau, akses jalan telah di bangun dengan baik serta angkutan umum juga ada.

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas di Banjarnegara
Di dalam rimba taman juga ada makam Ki Ageng Selomanik, seseorang pengikut Pangeran Diponegoro yang tertekan ke arah barat serta lalu menetap di Banjarnegara. Dari TRMS Anda dapat diliat panorama menawan lembah Sungai Serayu, yang berjumpa dengan Sungai Merawu serta Palet di segi barat. Tak jauh dari sana ada Bendungan Banjarcahyana, yang di bangun oleh pemerintah Hindia Belanda th. 1939. Bendungan yang berkonstruksi sifon itu menembus hingga ke bawah Kali Merawu serta hingga saat ini masihlah berperan sebagai irigasi tehnis.

Foto : http://wisata-tanahair.com

Terkecuali sebagai tempat rekreasi untuk wisatawan, juga digunakan sebagai Konservasi Satwa di luar habitatnya. Beragam type Satwa Carnivora, Herbivora ataupun Omnivora sekarang ini hidup serta berkembang dengan baik.

Koleksi Flora serta Fauna Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas
Waktu Anda masuk ke areal wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas, Anda bakal rasakan situasi sejuk serta nyaman. Pohon-pohon rindang terdapat banyak di tempat wisata ini, memanjakan pengunjung yang menginginkan berjalan-jalan sembari nikmati situasi ruang wisata.

Foto : http://wisata-tanahair.com

Wisata Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara menarik untuk dikunjungi, lantaran pengelola menggabungkan sebagian tempat wisata dalam satu tempat. Anda bukan sekedar dapat lihat bermacam koleksi binatang, kolam renang dengan sarana waterboom banjarnegara ada. Wahana permainan juga di buat untuk memanjakan pengunjung anak-anak. Pada hari spesifik umumnya di gelar hiburan rakyat seperti musik dangdut atau campur sari, dipanggung terbuka yang disiapkan dengan cara spesial.

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas di Banjarnegara

Keterpaduan yang serasi pada Flora serta Fauna yang ada di TRMS Serulingmas, membuatnya sebagai tempat yang sejuk serta nyaman untuk rekreasi keluarga. Taman Rekreasi serta Marga Satwa Serulingmas mempunyai potensi dengan keadaannya pada sekarang ini. Taman Rekreasi serta Marga Satwa Serulingmas mempunyai beragam type tanaman.

Walau tidak selengkap kebun binatang lain seperti taman safari atau ragunan. Tetapi Serulingmas Selomanik mempunyai koleksi satwa yang cukup komplit salah satunya Harimau, Singa, ular, orang utan, bermacam burung, kuda zebra, kasuari, beruang serta ada banyak lagi. Fasilitas prasarana taman ini masihlah cukup baik lantaran didukung dari pemerintah.

Baca juga : 7 Tempat Wisata Seputar Dieng Wonosobo yang Ngehits dan Ramai dikunjungi

TRMS mempunyai kian lebih 36 type hewan memamah biak, burung, serta binatang melata dan tanaman langka. Disiapkan juga sarana wisata menunggang gajah keliling taman dengan dipandu seseorang pawang. Kolam renang cukup mencukupi, terdiri atas 3 sisi kolam untuk anak-anak serta orang dewasa, dan sarana mandi/basuh.

Taman rekreasi ini dilintasi oleh aliran Sungai Serayu yang memberi keindahan panorama taman. Taman ini begitu disukai oleh anak-anak serta remaja, pada hari-hari libur atau berlibur sekolah object wisata ini senantiasa padat pengunjung.

Akses Menuju Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas

Untuk menuju object wisata ini Anda bisa memakai kendaraan umum seperti angkot serta delman dari kota Banjarnegara. Atau untuk yang memakai kendaraan pribadi, cuma 10 menit dari alun-alun kota, ambillah arah barat ke “Perempatan Buntil”, kanan (Jl. A Yani), pertigaan Tempat tinggal Sakit ambillah kiri, lurus selalu (Jl. Selamanik) sekitaran 500 mtr., serta sebagian mtr. dari Kantor Dinas Kebudayaan serta Pariwisata (Dinbudpar Kabupaten Banjarnegara) di kanan jalan, pengunjung bisa memarkir kendaraan ditempat yang telah disiapkan itu.

Harga Ticket Masuk Taman Marga Satwa Serulingmas ini cukup murah serta terjangkau untuk masuk cuma dipakai tarif Rp. 5000 untuk umum serta Rp2000 untuk pelajar. Anda dapat juga menunggang gajah, unta, atau kuda dengan tarif Rp5000. Diluar itu anda dapat juga nikmati wahana wisata yang lain seperti kolam renang, wahana permainan dsb dengan tarif Rp4000/wahana.

Di taman ini, wisatawan dapat juga nikmati minuman khas Banjarnegara, yakni Dawet Ayu Banjarnegara. Nuansa pedesaan yang masihlah kental di TRMS ini jadikan lokasi TRMS pas untuk jadikan destinasi wisata keluarga di hari libur. Dengan kelebihan itu, TRMS adalah hanya satu taman margasatwa di Propinsi Jateng sisi selatan.

Silahkan jika ada yang membutuhkan info lebih lanjut

Dinas Kebudayaan serta Pariwisata Kabupaten Banjarnegara
Alamat : Jalan Selamanik 35
Tep/Fax : (0286) 592753

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *